Google+

Tuesday, June 5, 2012

semua tentang Ghanta Yoga 1


Apa itu Yoga ?

Sebuah jalan untuk menuju penyatuan dengan Sang Pencipta
           

Apa itu Ghanta Yoga ?

Sebuah ajaran (bukan perguruan) yang mengajarkan serta menuntun para murid (red. Sisya) dari mulai memaksimalkan potensi dalam diri (red. Taksu) untuk bisa menjalankan swagina atau keahlian untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat, sampai dengan menuntun para sisya untuk menuju tujuan utama dalam Hidup yaitu penyatuan kepada Tuhan.

Apa perbedaanya antara Ghanta Yoga dengan ajaran Yoga murni?

Ajaran yoga murni hanya mengajarkan pelepasan ikatan hidup dan penyatuan dengan Tuhan. Sedangkan di Ghanta Yoga mencakup semua aspek dari awal sampai akhir, mulai dengan penyucikan 25 unsur pembentuk manusia untuk memunculkan potensi diri atau taksu, mengajarkan bagaimana memaksimalkan taksu yang sudah di fungsikan untuk menjalankan swagina kita untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat, sampai akhirnya mengajarkan dan menuntun para sisya untuk persiapan menuju proses selanjutnya yaitu pengendalian taksu dan akhirnya mencapai penyatuan / penunggalan dengan Tuhan.

Apa saja 25 unsur pembentuk manusia dan apa itu taksu?

25 Unsur :
Ajaran Ghanta Yoga berangkat dari Krya Sakti Tuhan, dimana dalam manusia terdapat 25 Krya Sakti Tuhan dalam 25 unsur. Didalam tubuh manusia terdapat 25 unsur atau Guna yang membentuk manusia itu sendiri menurut filsafat Samkhya, ke-25 unsur ini di bagi dalam empat kelompok berdasarkan kriteria produsen dan produk, produsen non-produk (prakrti), non-produsen non-produk (anubhaaryarupa), produsen produk (prakrti vikrrti), dan murni produk (vikrrti).

Yang termasuk produsen produsen non-produk hanya satu yaitu Prakrti. Begitu pula yang termasuk kelompok non-produsen non-produk hanya Purusha.

Produsen produk terdiri dari Buddhi, Ahamkara dan Panca Tanmatra ( Sari suara, Sari Rasa, Sari Warna, Sari Bau dan Sari Raba).

Kategori produk murni atau Vikrrti seperti : Panca Jnana Indriya ( Organ Penglihatan, Organ Penciuman, Organ Perasa, Organ Peraba, Organ Pendengaran), Panca Karma Indriya (daya melihat, daya mendengar, daya memegang, daya reproduksi, daya ekskresi), Panca Maha Butha (ether, api, udara, tanah), dan Manas (pikiran).

Unsur atau Guna inilah yang membentuk manusia serta yang menyebabkan kesengsaraan terhadap manusia. Di Ghanta Yoga, Guna-guna inilah yang disucikan dengan menggunakan Energi Tuhan (bukan energi alam) dengan tujuan pembersihan untuk memunculkan Taksu dalam diri yang sebenarnya untuk bisa lebih sukses dalam menjalani hidup?.


Saya pernah mendengar energi Alam tapi tidak dengan energi Tuhan. Apa itu Energi Tuhan dan apa bedanya dengan energi Alam ?

Energi Tuhan berbeda dengan energi alam yang sering kita dengar, energi Tuhan berasal langsung dari sumbernya yaitu Tuhan diturunkan kepada para sisya oleh seseorang yang memang sudah mampu dan berada di titik tertinggi dari Ghanta Yoga. Sedangkan energi alam adalah energi yang memang berada di alam termasuk di dalam tubuh manusia yang di olah supaya bisa menyatu dengan energi universal. Di Ghanta Yoga energi Tuhan ini disebut energi Ghanta Cakra Guna Sakti.

Untuk bisa mengakses energi Tuhan langsung dari sumbernya (Tuhan) dibutuhkan yang namanya inisiasi. Inisiasi adalah suatu komitmen yang dibuat oleh Guru dan calon murid untuk membuat satu permufakatan di bidang aguron-guron atau proses pembelajaran. Guru berkomitmen untuk menerima seseorang sebagai muridnya dan memegang tanggung jawab sepenuhnya untuk membimbing muridnya di bidang spiritual. Sementara inisiasi mengikat seorang murid untuk selalu dekat dengan gurunya dalam memohon bimbingan, hingga proses belajarnya mencapai kesuksesan. Dengan demikian, inisiasi merupakan ikrar suci bagi dua belah pihak.

Apa yang terjadi setelah saya di inisiasi?

Artinya sudah bisa mempelajari ajaran Ghanta Yoga, disamping itu energi Ghanta sudah mulai mengakses energi Maha Agung itu dengan menggunakan bahasa konek atau didalam istilah spiritual kita diberikan ”mantra” ketika ingin mempergunakan energi Ghanta.

Walau demikian, sebenarnya ketika kita sudah di inisiasi, Energi Ghanta tanpa kita menggunakan mantra-pun sudah mengalir membersihkan dan mensucikan tubuh kita, hanya pada saat tertentu ketika kita ingin menggunakan energi Ghanta untuk tujuan tertentu atau pada saat kita melatih sambil melakukan meditasi kita menggunakan mantra sebagai bahasa penghubung untuk bisa mengakses energi Ghanta yang lebih khusus.

Ketika insiasi dimulai, maka hakikatnya pemurnian diri sudah dimulai. Dan latihan yoga ini tak akan pernah berakhir. Selama ia hidup, maka latihan terus menerus dilakukan, sebab pemurnian diri hakikatnya berlangsung seumur hidup. Ada pun manfaat aktifnya Guna sakti yang menjadikan praktisi menjadi lebih produktif dalam fungsinya, maka hal tersebut adalah untuk menopang pemurnian dirinya, supaya tidak terganggu oleh godaan-godaan terlalu banyak. Misalnya memperkecil godaan akibat kesulitan ekonomi, memperkecil godaan akibat gangguan sakit, timbunan masalah, konflik yang tidak perlu, dan lain sebagainya.

Energi Ghanta juga akan menyebarkan vibrasi di lingkungan sekitar sisya itu berada dan dengan sendirinya akan mengharmonisasikan di lingkungan sekitarnya seperti di lingkungan keluarga di rumah, dikantor dan lingkungan lainnya.

 Apakah dengan menjadi sisya di Ghanta Yoga berarti saya harus mengikuti jejak dari para master Ghanta Yoga?

Ghanta Yoga sangat berbeda dengan ajaran Yoga lainnya, selain energi yang di akses adalah energi yang langsung dari Sumbernya, para sisya tidak dipaksakan untuk mengikuti jalan yang dilalui oleh para master dan grand master di Ghanta Yoga karena ajaran ini sangat fleksibel dan sangat mengerti bahwa setiap manusia memiliki jalannya masing-masing, memiliki angleh yang berbeda maka dari itu setiap sisya diberikan kebebasan untuk memilih jalan mana yang ingin dijalani karena jalan apapun yang ditempuh oleh setiap sisya akan bermuara kepada satu tujuan yaitu penyatuan.

Seperti contoh, bagi sisya yang berprofesi menjadi dosen bisa mempelajari dan menajamkan taksu ”Guna Pradnya”, bagi sisya yang berprofesi sebagai dokter atau ingin menjadi pengobat alternatif bisa mempelajari dan menajamkan taksu ”Gunasadha”, begitupula sisya yang memiliki usaha atau sebagai karyawan kantor bisa mempelajari dan menajamkan taksu ”Sri Sedana” serta ”Padma Negara” (khusus untuk sisya wanita).

Ajaran Ghanta Yoga bersifat Sektoral dan Universal, kenapa disebut sektoral? Karena Ghanta Yoga memiliki ajaran, aturan dan cara sesuai dengan jalan dan keinginan dari sisya itu sendiri.

Informasi HUBUNGI :
Budi 03618757377 pin'BB: 269A4573
sekretariat 0361 234058 atau sms'center 08993182858 (jam kerja)

klinik jala siddhi (yayasan Taman Bukit Pengajaran)
Alamat: jl. Pralina No. 18 Kesiman, Denpasar – Bali (arah utara SMPN 8 Denpasar).

No comments: