Google+

Sunday, May 5, 2013

Yoga Olahraga Peninggi Badan

Olahraga Peninggi Badan

Ini adalah kenyataan bahwa sebagian besar orang tidak terlalu senang dengan tinggi badan mereka saat ini. Bahkan, banyak yang khawatir bahwa mereka tidak akan bisa tumbuh setinggi impiannya dan akhirnya mereka jadi tidak percaya diri baik itu untuk urusan bercinta, hubungan sosial, pekerjaan, dsb. Karena itu mungkin tidak asing lagi jika banyak orang yang secara terbuka bertanya tentang bagaimana cara menambah tinggi badan secara cepat dan alami. 

untuk mengetahui batas maksimal tinggi seseorang dapat dilihat dengan menggunakan rumus berikut ini. Rumus Potensi Tinggi Genetik
Untuk setiap anak lelaki yang dilahirkan, tinggi dewasa akan berkisar antara:
  • (Tinggi Badan Ayah + 13 cm) + Tinggi Badan Ibu +/- 8,5 cm = .......
Untuk setiap anak perempuan yang dilahirkan, tinggi dewasa akan berkisar antara:
  • (Tinggi Badan Ayah - 13 cm) + Tinggi Badan Ibu +/- 8,5 cm = ...........
Contoh:
Tinggi Badan Ayah 169 cm dan Tinggi Badan Ibu 158 cm, maka setiap anak laki-laki yang dilahirkan akan memilliki tinggi badan antara 161,5 cm sampai 178,5 cm yang didapat dari:
  • (169 + 13) + 158 - 8,5 = 170 +/- 8,5 cm = antara 161,5 cm - 178,5 cm
lalu bagaimana cara mendeteksi bila seseorang atau anak anda mengalami gangguan pada pertumbuhannya. Gunakan cara di bawah ini untuk memastikannya, yaitu:
  1. Tinggi badan terletak pada atau kurang dari garis bawah kurva pertumbuhan yang berlaku pada populasi tertentu.
  2. Pertumbuhan tinggi anak kurang dari 4 cm per tahun, pada anak usia 4 -10 tahun
Tentu saja untuk bisa tumbuh lebih tinggi, ada faktor yang mempengaruhi akan seberapa cepat pertumbuhan badan anda nantinya. Ini bisa dikarenakan faktor genetik, makanan yang dikonsumsi, jenis latihan, dan juga lama istirahat. Umumnya Pria berhenti tumbuh setelah usia 20 -25 dan wanita pada umumnya berhenti sekitar usia 21 tahun-an. 

Namun, bukan berarti tinggi badan anda tidak bisa bertambah, struktur tulang belakang yang bagus dan postur tubuh juga bisa mempegaruhi penampilan tinggi badan seseorang. Kalau yang ekstrim, ada juga orang yang mau rela menempuh operasi, minum pil ‘ajaib’ untuk bisa tumbuh tinggi. Tapi pada artikel ini kita akan mencoba tips dan cara efektif untuk menambah tinggi badan , terutama kalau anda lebih memilih metode alami bebas risiko untuk mendapatkan sedikit lebih tinggi bahkan ketika sebagian orang bilang sudah lewat usia untuk bisa tinggi

3 Metode Dasar Agar Bisa Menambah tinggi badan

oke, jika Anda sedang mencari cara bagaimana untuk tumbuh lebih tinggi secara alami, ada tiga hal dasar yang harus Anda perhatikan: makanan sehat, olahraga teratur dan cukup istirahat. Mudah bukan?
Makanan yang Anda makan memainkan peran penting dalam meninggikan tubuh anda, oleh sebab itu perlu untuk memiliki pola diet yang seimbang. Sayuran segar dan buah-buahan harus selalu disertakan dalam makanan Anda dan menghindari lemak dan gula berlebihan. Kafein dan minuman keras juga harus dihindari atau kalau memang tidak bisa, konsumsi secara sedikit saja. Mineral dan vitamin juga harus disertakan dalam pola makanan Anda seperti kalsium (susu) dan vitamin D seperti ini dapat membantu Anda untuk menambah tinggi badan.

Yoga Membantu memaksimalkan Pertumbuhan

selama berabad-abad, orang telah banyak menggunakan teknik yoga untuk memperbaiki kesehatan tubuh kita. Yoga mampu merenggangkan seluruh tubuh khususnya tulang belakang Anda, dan memberikan keseimbangan yang Anda perlukan untuk tumbuh. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara mendapatkan tinggi badan alami, Anda harus melakukan latihan yoga.

Gerakan yoga berfokus pada fleksibilitas saat menarik nafas. Fleksibilitas ini akan membantu Anda meningkatkan tinggi badan beberapa cm. Yoga merenggangkan tubuh Anda khususnya bagian belakang dengan cara menggerakannya ke segala arah. Hal ini membantu Anda menghilangkan tekanan gravitasi yang menyebabkan Anda memendek.

Saat Anda melakukan gerakan ini, tulang rawan dan persendian Anda bertambah panjang dan bertambah tebal. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih tinggi.

Lebih dari pada itu, yoga membantu tubuh Anda untuk menghilangkan stress yang menyebabkan tekanan pada otot belakang Anda. Tekanan ini normalnya dapat menurunkan pertumbuhan, namun dengan gerakan latihan ini Anda dapat mengatasinya.

Sebagai tambahan, yoga merenggangkan tulang belakang Anda sehingga memperbaiki postur Anda, jika Anda ingin tinggi yang ideal, mulailah dengan mengetahui bagaimana postur tubuh yang baik.

Pada artikel berikut kami akan menunjukan bagaimana cara meningkatkan tinggi badan dengan gerakan yoga spesifik. Tiga varian gerakan ini berbeda tingkat kesulitannya, sehingga Anda bisa mulai dengan latihan yang dapat Anda lakukan.

Sebelum melakukan gerakan-gerakan ini, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda boleh melakukannya.

Yoga Sukhasana
Sukhasana

Gerakan pertama ini disebut sukhasana dan ini adalah posisi utama dari seluruh asal gerakan yoga. Cara ini akan membantu Anda menontrol pernafasan dan membuat Anda lebih menyadari tubuh Anda. Berikutnya, gerakan ini akan meningkatkan kekuatan punggung dan pinggul Anda serta membantu menghilangkan tekanan pada tulang rawan Anda.

Anda perlu duduk di lantai dan menyilangkan posisi kaki Anda, istirahatkan tangan Anda pada lutut. Berfokuslah pada kontrol pernafasan Anda sehingga Anda merasakan kedalaman nafas serta kedamaian. Jaga tulang belakang Anda untuk tetap lurus dan pantat pada lantai, secara perlahan turunkan lutut Anda.

Ambilah minimal 5 tarikan nafas dalam lalu tarik nafas sambil mengankat lengan Anda ke atas melewati kepala Anda. Bawalah lengan Anda turun kembali ke bawah saat Anda menghembuskan nafas, ulangi gerakan ini 5-7 kali.

Yoga Trikonasana
Trikonasana

Gerakan ini juga disebut sebagai triangle. Gerakan ini sedikit lebih kompleks dibandingkan sukhasana. Gerakan ini akan membantu keseimbanganAnda dan membentuk postur tubuh yang baik. Gerakan ini juga mampu melepaskan tekanan pada tulang belakang.

Untuk memulai, berdirilah dengan kedua kaki terbuka dengan jarak sekitar 8-10 cm. Kemudian putarkan kaki kiri Anda 90 derajat ke arah kiri dan kaki kanan Anda 45 derajat ke arah kiri

Tarik nafas dan angkat tangan Anda sesuai arah gerak (kiri). Hembuskan nafas dan turunkan wajah Anda disertai dengan lengan Anda. Pastikan lutut kiri Anda sejajar dengan tumit kiri.

Ambilah satu nafas dalam dan renggangkan ke arah tumit kiri dengan menurunkan pinggul Anda ke bawahdengan maksimum, putar lengan Anda sehingga lengan kiri Anda sekarang dapat beristirahat di paha Anda dan lengan kanan Anda dapat menghadap ke langit-langit.

Putarkan kepala Anda sehingga Anda melihat ke arah lengan kanan dan ambilah beberapa nafas dalam.
Lalu tariklah nafas dan luruskan tubuh Anda diikuti dengan menghembuskan nafas selagi Anda menurunkan lengan ke pinggul Anda. Ulangi gerakan ini di sisi kanan tubuh Anda.

Yoga Dog and Cat
Dog and Cat

Gerakan Dog and Cat sangat populer karena gerakan ini akan memperpanjang tulang belakang Anda secara penuh dalam dua arah yang berbeda. 

Perpanjangan ini akan meregangkan diskus tulang rawan Anda. Saat dua gerakan ini digabungkan bersamaan, Anda akan mendapatkan fleksibilitas maksimum dan peningkatan tinggi badan.
Mulailah latihan Anda dengan lengan dan lutut, dimana lengan Anda sedikit di depan bahu Anda dan kedua lutut Anda dibuka. Tariklah nafas dan angkat pinggul Anda ke atas dan bentuk tulang belakang Anda seperti pada gambar sehingga perut Anda turun berhadapan dengan tanah dan kepala Anda terangkat.

Renggangkan secara penuh tubuh Anda, namun secara perlahan, kemudian pindah ke posisi cat dengan membalikan kurva tulang belakang Anda. 

Anda harus menyelesaikan gerakan ini dengan pinggul di bawah dan dada serta perut di dalam. Ulangi gerakan ini dalam jumlah latihan yang cukup.

Anda juga dapat melakukan beberapa latihan untuk menjadi lebih tinggi yang dirancang untuk meregangkan tulang di kaki dan tulang belakang. Latihan jenis peregangan adalah yang terbaik untuk meninggikan badan. Beberapa latihan yang dapat Anda coba antara lain menggantung vertikal, kobra stretching, gerakan peregangan kedepan untuk tulang belakang, menggunakan bobot pergelangan kaki dan gerakan rolling kearah belakang ala pilates. Semua jenis latihan ini adalah olahraga alami yang mudah dan bisa dilakukan di rumah sehingga tidak perlu khawatir untuk harus gabung ke gym, fitnes. Olahraga tersebut dapat dilakukan di rumah dalam waktu kurang dari 1 jam 5 kali seminggu. 

Mendapatkan cukup istirahat juga suatu keharusan jika Anda ingin tumbuh lebih tinggi dan ini adalah karena pertumbuhan terjadi paling cepat ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur. Ada hormon HGH yang berfungsi mempercepat pertumbuhan kita dikeluarkan saat kita sedang tidur malam.

Tapi ini tidak berarti Anda harus tidur sepanjang hari. Tidur yang cukup bagi tiap orang adalah 8 sampai 9 jam setiap malam. Selain harus mendapatkan cukup tidur untuk menambah tinggi badan secara alami, Anda juga selalu menjaga posisi tidur yang baik. 

Pastikan bahwa tulang belakang Anda tidak melengkung saat tidur sehingga Anda perlu menggunakan jenis kasur yang tidak terlalu empuk. Juga, jika Anda bisa, tidur tanpa bantal atau dengan menggunakan alas yang tipis dan mencoba untuk selalu tidur telentang dan bukan menyamping. 

Semua orang mengetahui bahwa olahraga sangatlah baik untuk dilakukan, pertanyaannya bagaimana cara kita memaksimalkan seluruh olahraga peninggi badan yang telah kita lakukan?

Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan olahraga yang telah Anda lakukan. Hal yang paling penting adalah melakukan kontrol atau pengaturan terhadap pernafasan Anda. Hal ini tidak hanya berpengaruh saat Anda melakukan pemanasan, tetapi juga saat Anda melakukan olahraga streching.

Ada beberapa hal yang harus diingat saat bernafas selama latihan.
  1. Baju yang Anda kenakan tidak boleh teralu ketat ataupun teralu berat, Anda ahrus yakin bahwa pakaian Anda dapat membuat Anda bebas bergerak.
  2. Pergilah ke kamar mandiri sebelum latihan untuk menghindari ganguan harus ke kamar mandi pada tengah-tengah latihan sehingga Anda dapat berolahraga dengan lebih nyaman.
  3. Streching atau pemanasan adalah salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari cedera saat berlatih. Pemanasan yang rutin selayaknya melibatkan seluruh otot pada tubuh kita dan sebaiknya bersifat spesifik pada otot yang akan Anda gunakan untuk latihan. Pemanasan Anda harus lebih terkontrol dan perlahan.
  4. Pemanasan akan membantu melancarkan aliran darah Anda ke tulang sehingga latihan Anda menjadi lebih efektif. Pemanasan harus dilakukan minimal 30 detik. Lakukan pemanasan dan tahan pada posisi tersebut untuk beberapa waktu.
Jika pemanasan ini menjadi menyakitkan atau membuat Anda tidak nyaman, cukup kembalikan tubuh Anda pada posisi senyaman mungkin. Teknik bernafas yang efektif.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara bernafas kita memainkan peran penting pada tubuh. ada beberapa keuntungan dari teknik bernafas yang baik:
  1. Cara ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda sehingga terhindar dari penyakit.
  2. Cara ini dapat memperbaiki atau meningkatkan kesehatan apru-paru Anda,
  3. Cara ini dapat meningkatkan stamina Anda, sehingga tidak mudah lelah.
  4. Cara ini akan meningkatkan aliran darah ke organ-organ penting Anda.
Jadi untuk membuat latihan peninggi badan ini berjalan maksimal ambilah oksigen sebanyak mungkin dari lingkungan Anda ke tulang Anda. Hal ini juga penting untuk memberikan nutrisi ke tulang Ada sehingga Anda dapat tumbuh lebih tinggi dan sehat.

Cara bernafas yang benar:

Teknik bernafas yang efektif membutuhkan tiga pendekatan: Tarikan nafas dari hidung Anda, tahan di dalam paru-paru Anda beberapa saat, hembuskan perlahan melalui mulut Anda.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan, antara lain genetik, asupan gizi makanan, kualitas tidur, olahraga, atau rutinitas tertentu. Perkembangan tinggi badan dipengaruhi oleh kelenjar pituitari yang terdiri atas tiga bagian, yaitu lobus anterior, pars intermedia, dan lobus posterior. Lobus anterior memproduksi hormon pertumbuhan dan hormon lainnya. Hormon pertumbuhan bertugas mengatur pertumbuhan jaringan tulang keras dan tulang rawan. Dalam program peninggi badan, melalui metode khusus, kelenjar pituitari dapat ditingkatkan aktivitasnya sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan lebih banyak.

Semua aktivitas di bawah ini masuk kategori exercises induced growth hormone (EIGH) atau latihan yang merangsang hormon pertumbuhan:

Peregangan

Gerakan peregangan akan membuat tulang-tulang punggung tertarik memanjang. Jika dilakukan rutin dan intensif, gerakan ini dapat membantu merangsang penambahan panjang tulang punggung.

Menggantung

Bergantung dengan kedua tangan akan merangsang pemanjangan tulang-tulang punggung, terutama pada remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Sewaktu bergantung dengan kedua tangan, tubuh tertarik oleh gravitasi ke bawah dan tangan menahan beban tubuh sehingga terjadi tegangan pada punggung.

Menendang

Gerakan ini merangsang pertumbuhan tulang kaki sehingga memanjang secara optimal. Di masa pertumbuhan, gerakan ini cukup efektif. Bahkan, pada usia dewasa gerakan ini masih dapat menambah panjang kaki meski tidak banyak.

Atlet taekwondo umumnya memiliki kaki relatif panjang karena melatih gerakan menendang secara rutin dan intensif. Pada usia dewasa, saat pertumbuhan telah terhenti, pertambahan panjang tulang kaki terbentuk dari tulang rawan, bukan tulang kerasnya.

Bersepeda

Gerakan bersepeda yang benar dapat merangsang pertambahan panjang kaki, yaitu kaki menapak rata pada pedal, tidak jinjit. Punggung tegak, dan gerakan mengayuh dilakukan secara stabil dan konstan.

Berenang

Gerakan-gerakan dalam renang dapat merangsang pertumbuhan badan secara optimal karena seluruh badan, dari kepala hingga ujung kaki, mengalami peregangan. Gerakan renang juga melibatkan hampir semua otot tubuh, memerlukan banyak energi, dan menimbulkan banyak asam laktat. Kian banyak energi dan asam laktat yang dikeluarkan, tubuh semakin banyak mengeluarkan hormon pertumbuhan.

Basket/Voli

Gerakan basket/voli sangat baik merangsang pertumbuhan secara signifikan karena tubuh sering melakukan loncatan ke atas yang melawan gravitasi dan menimbulkan peregangan seluruh tubuh. Olahraga ini juga mengeluarkan banyak energi dan asam laktat sehingga memacu hormon pertumbuhan.

Ingat kita harus rutin melakukannya. Karena memang untuk bisa menambah tinggi badan perlu waktu dan mungkin hasilnya tidak nampak dalam seketika. Yang terpenting anda harus bersabar dan mengikuti langkah yang benar. Mudah-mudahan hasilnya akan permanen dan tubuh anda akan terlihat lebih bagus dan ideal.