Google+

Monday, March 17, 2014

Cara Alami Meningkatkan Testosteron

Cara Alami Meningkatkan Testosteron

Apakah anda sering merasa lelah, tertekan, dan sulit untuk berkonsentrasi? 
Jika ya, maka kemungkinan anda termasuk satu diantara puluhan juta orang di dunia yang memiliki kadar testosteron rendah atau “Low-T”.

Selama ini perawatan yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan hormon testosteron adalah melalui terapi hormon. Padahal hormon ini juga bisa ditingkatkan dengan cara-cara yang alami. 

Testosteron merupakan hormon stereoid dari kelompok androgen yang memegang peranan penting bagi kesehatan, baik pada pria atau wanita. Secara rata-rata, pria dewasa menghasilkan sekitar 20 kali lebih banyak dibandingkan wanita. Kadar testosteron berada di titik tertinggi pada usia muda, dan akan menurun saat seseorang memasuki usia 30-an.


Testosteron adalah hormon yang mulai diproduksi tubuh ketika seorang laki-laki menginjak dewasa atau lebih dikenal masa pubertas. Ini adalah hormon yang disekresikan berlimpah dalam tubuh Anda selama masa pubertas dan awal dewasa. Selain hormon ini sebagai tanda befungsinya alat kelamin-laki-laki untuk bisa mengeluarkan sperma, juga bertanggung jawab untuk karakteristik laki-laki sekunder seperti pertumbuhan rambut wajah dan tubuh, pertumbuhan rambut kemaluan, suara yang lebih besar/dalam dll.

Selain diatas, masih banyak peran lain dari hormon ini. Hormon ini adalah kekuatan utama di balik tubuh pria yang berotot dan bentuk tubuh ramping. Ini memiliki potensi pembakaran lemak menakjubkan yang membantu Anda mendapatkan tubuh yang lebih ramping. Serta merupakan hormon dasar yang diperlukan untuk meningkatkan massa dan stamina otot. Testosterone merupakan hormon pembesaran otot yang paling penting dalam tubuh Anda dan juga merupakan faktor penentu bagi jumlah maksimum otot yang bisa dibangun oleh tubuh Anda. 

Selain bertanggung jawab terhadap fungsi seksual, testosteron juga berperan penting dalam menjaga otot dan tulang agar tetap kuat, serta menjaga lemak untuk tetap terdistribusi secara merata di tubuh. Selain perubahan fungsi seksual serta penurunan massa otot dan kepadatan tulang , rendahnya tingkat testosteron bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk peningkatan kolesterol “jahat”.

Jika saat ini anda menderita depresi, kurang gairah, atau memiliki masalah seksual, maka kemungkinan anda sedang mengalami penurunan tetosteron. Hormon testosteron bermanfaat untuk mengatur fungsi seksual dan anabolik tubuh, kekurangan testosteron dapat menyebabkan penurunan fungsi seksual, kebotakan, osteoporosis, kehilangan massa otot dan kehilangan gairah.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala-gejala testosteron rendah tersebut maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung testosteron tinggi.

Libido biasanya diartikan sebagai gairah, keinginan atau dorongan seksual. Tingkat libido setiap orang bervariasi, baik pada wanita maupun pria. Pada umumnya, libido akan menurun secara perlahan seiring dengan semakin menuanya usia. Tetapi terkadang meskipun usia masih muda, gejala penurunan testosteron masih tetap dialami.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda nikmati melalui peningkatan hormon testosterone dalam tubuh Anda.
  • Penambahan kekuataan dan ukuran otot
  • Mengurangi kadar lemak dalam tubuh
  • Peningkatan keinginan seksual dan tenaga batin
  • Meningkatkan mood Anda
  • Penurunan kadar kolesterol yang merugikan
Memiliki kadar testosteron yang terlalu rendah atau terlalu tinggi sama-sama dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Itu sebab, penting untuk memahami bagaimana cara kerja testosteron dalam tubuh, serta apa yang terjadi ketika kadar testosteron tidak seimbang.

Kadar testosteron dalam tubuh Anda mulai menurun setelah Anda memasuki usia 30. Hal ini diketahui bahwa kadar testosteron mulai berkurang di sekitar 1-1,5 % per tahun setelah usia 30, dan yang paling mencengangkan adalah ketika umur 40 tahun hormon ini berkurang sekitar 10-14 % pertahun, dan tidak dapat dihindari lagi, mereka mulai merasakan dampak dari testosteron rendah.

Suntikan testosteron dapat mempengaruhi lonjakan kadar testosteron Anda dalam waktu singkat. Salah satu hasil yang paling awal dari suntikan tersebut adalah lonjakan tingkat energi Anda. Kebanyakan pria yang mendapatkan suntikan testosteron yang diberikan mengalami lonjakan libido juga. Hal ini tidak mengherankan karena testosteron adalah hormon yang mengontrol libido dan fungsi ereksi pada pria. Meskipun hal ini dapat menjadikan Anda menikmati seks seperti mkida lagi, namun salah satu masalah yang paling umum dengan suntikan tersebut adalah bahwa efeknya hanya berlangsung selama beberapa hari.

Peran Testosteron

Testosteron merupakan hormon reproduksi penting pria. Pria memiliki testosteron sekitar 40 sampai 60 kali lebih banyak daripada wanita.

Pada masa pubertas, testosteron membantu merangsang pematangan organ seksual, pertumbuhan massa otot, rambut wajah, dan karakteristik lain yang membedakan laki-laki dari perempuan.

Setelah pubertas, pria masih memerlukan testosteron untuk mempertahankan gairah seksual, energi fisik, dan untuk menghasilkan sel sperma.

Dalam tubuh wanita, testosteron juga sangat penting untuk mempertahankan dorongan seksual dan kekuatan tubuh.

Kadar Testosteron

Seiring pertambahan usia, kadar testosteron pria akan menurun, mengakibatkan penurunan energi, gairah seksual, kekuatan otot, dan ketajaman mental.

Di sisi lain, kadar testosteron yang terlalu tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti perilaku agresif, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko kanker prostat pada pria. 

Cara Meningkatkan Testosteron

Untuk bisa meningkatkan hormon testosteron secara alami harus melalui beberapa proses dengan tujuan menjaga kebugaran. Seperti dikutip dari eHow, Sabtu (10/7/2010), ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Belajarlah untuk makan 6 kali sehari

Selama ini orang makan 3 kali sehari dengan porsi besar, tapi cobalah untuk makan sebanyak 6 kali dalam sehari dengan jarak 2-3 jam dengan porsi yang lebih kecil. Dengan melakukan ini secara alami tubuh akan mengatur proses hormonal serta metabolismenya untuk menghindari kondisi yang fluktuatif.

Konsumsi lemak

Zat gizi yang paling penting untuk dikonsumsi dalam meningkatkan testosteron adalah lemak. Lemak berpengaruh terhadap setiap proses hormonal di dalam tubuh. Lemak yang menjadi kunci disini adalah lemak sehat jenuh. Asam lemak esensial yang bisa dijadikan sumber untuk meningkatkan kadar testosteron adalah kacang, alpukat, ikan, minyak zaitun dan canola.

Meningkatkan konsumsi sayuran

Beberapa sayuran seperti brokoli, kembang kol, lobak, kubis atau kol, telah terbukti bisa mengurangi kadar estrogen sehingga hormon testosteron jadi meningkat. 

Makan kacang

Almond, kacang Brasil, Walnut, dan kacang tanah dapat meningkatkan produksi testosteron. Beberapa studi telah menemukan bahwa pria yang makan makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal, yakni jenis lemak yang sering ditemukan dalam kacang-kacangan, diketahui memiliki kadar testosteron yang sangat tinggi. Kadar asam aspartat (1 dari 20 asam amino penyusun protein) yang tinggi dalam kacang-kacang tersebut dapat meningkatkan produksi hormon testosteron dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Minum kopi

Selain dapat memberikan sentakan energi, kafein dapat meningkatkan kadar testosteron. Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa minum lima (170 gram) cangkir kopi setiap hari selama sebulan diketahui dapat meningkatkan rasio testosteron menjadi estrogen hampir sebanyak 200 persen pada pria yang kelebihan berat badan meskipun efeknya tidak tahan lama. Namun demikian, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsinya.

Berolahraga secara teratur

Selain dapat menjaga kebugaran, Salah satu cara yang paling efektif dan aman untuk meningkatkan produksi testosteron dalam tubuh Anda dengan bantuan olahraga.  Sebuah studi di Baylor University menemukan bahwa kadar testosteron akan tetap tinggi selama 48 jam ke depan setelah melakukan latihan angkat beban. Sementara itu, studi yang berbeda menunjukkan bahwa olahraga dalam waktu yang pendek yakni lari cepat 6 detik, secara signifikan dapat meningkatkan kadar hormon testosteron. Penelitian lain menemukan bahwa olahraga di malam hari juga efektif dalam meningkatkan kadar testosteron. Namun demikian, jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya, karena sebuah studi di Universirty of North Carolina menemukan bahwa olahraga secara berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron sebesar 40 persen.  

Dengan melakukan latihan secara teratur akan menurunkan kadar stres dari otot-otot sehingga memaksa tubuh untuk meningkatkan produksi testosteron. Meskipun olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan produksi testosteron, namun penting untuk membatasi untuk tidak olahrga lebih dari 60 menit sehari. Jika Anda melakukan olahraga lebih dari 1 jam sehari, maka dapat meningkatkan produksi hormon stres dalam tubuh Anda dan ini dapat mengganggu sekresi testosteron negatif. 

Membatasi konsumsi alkohol

Alkohol memiliki efek yang dramatis terhadap produksi testosteron, sehingga tak ada salahnya untuk mengurangi konsumsinya. Lebih baik hanya mengonsumsi 1-2 kali dalam seminggu.

Meningkatkan kehidupan seks

Rangsangan seksual membuat tubuh meningkatkan produksi oksitosin, endorphin dan juga hormon testosteron. Karena itu setidaknya melakukan hubungan seks seminggu sekali untuk mempertahankan tingkat testosteronnya. Testosteron akan menurun jika seseorang tidak melakukan hubungan seks lebih dari seminggu. 

Tingkatkan konsumsi zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh semua laki-laki. Hal ini karena mineral zinc membantu menghasilkan air mani yang mengandung testosteron. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya zinc seperti tiram dan telur.

Tambah lemak sehat

Diet juga dapat memainkan peran penting di sini.  Untuk diet, Anda perlu menerapkan diet “ramping”, tetapi tidak perlu mengurangi semua lemak dari makanan. Hal ini karena makan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti ikan dan minyak zaitun adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan kadar testosteron pada pria. Makanan yang mengandung mineral seperti seng dan lemak esensial seperti Omega 3 membantu meningkatkan kadar testosteron pada pria. Pada saat yang sama, penting untuk mengurangi makanan yang kaya karbohidrat dan gula. 

Menurunkan berat badan

Lemak tubuh berlebih dapat menurunkan kadar testosteron, terutama jika kelebihan berat badan tersebut terfokus dalam bentuk lemak perut. Sebuah studi di University at Buffalo menemukan bahwa 40 persen dari pria obesitas mempunyai kadar testosteron yang rendah. Adapun studi lainnya juga menemukan bahwa 75 persen laki-laki yang sangat gemuk, baik muda ataupun tua, diketahui memiliki kadar testosteron yang rendah. Jadi, salah satu solusi untuk meningkatkan kadar testosteron adalah dengan cara menurunkan berat badan.

Tingkatkan asupan vitamin D

Vitamin D sebenarnya juga merupakan hormon, dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, sekitar 75 persen orang Amerika kekurangan vitamin ini. Sebuah studi selama tiga tahun pada pria dewasa yang dipublikasikan pada Hormone and Metabolic Research menemukan bahwa pria yang mempunyai kadar vitamin D yang tinggi diketahui kadar testosteronnya lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang kadar vitamin D dalam tubuhnya rendah.

Studi lain menemukan bahwa pria dengan kadar testosteron rendah yang diberi suplemen vitamin D (3.332 IU) setiap hari selama setahun mengalami kenaikan kadar testosteron sebesar 20 persen. Para ilmuwan percaya bahwa vitamin D membuat tubuh dari mengubah testosteron-ke-estrogen, di mana pada saat yang sama membuat reseptor pada kelenjar adrenal(yang melepaskan hormon testosteron) jadi lebih sensitif.

Mengatasi stres

Menurut sebuah studi dari University of Texas di Austin, jika seseorang stres, tubuhnya akan melepaskan hormon stres kortisol dalam jumlah yang besar. Hal ini dapat menghambat peran dari hormon testosteron. Robert Josephs, pemimpin penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ketika kadar kortisol tetap tinggi sebagaimana yang dialami orang dalam keadaan stres, maka kemampuan untuk mereproduksi (testosteron) akan semakin sulit. Namun efek hormon kortisol akan berkurang seiring dengan menurunnya tingkat stres yang dialami seseorang.

Tidur yang cukup

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa pria berusia lanjut (64-74 tahun) dapat menaikkan kadar testosteron mereka dengan mendapatkan tidur malam cukup. Semakin lama mereka tidur, semakin banyak hormon testosteron yang beredar dalam darah mereka. Terlalu sedikit tidur dapat menurunkan kadar testosteron. sebuah studi di University of Chicago Medical Center menemukan bahwa kurang tidur selama seminggu dapat menurunkan kadar testosteron hingga 15 persen. 

Tubuh membutuhkan jumlah tidur yang tepat dan cukup untuk menghindari stres. Kurangnya tidur berkontribusi terhadap produksi kortisol, kondisi ini memicu berkurangnya produksi testosteron di dalam tubuh. Selain itu sebaiknya diikuti dengan mengurangi tingkat stres di rumah dan juga di kantor. Mengelola stres adalah bagian penting dari peningkatan testosteron.



Teknik yang mudah dan alami meningkatkan kadar testosterone

Jika Anda ingin meningkatkan kadar testosterone dalam tubuh Anda, disini saya akan memberikan daftar teknik yang mudah dan alami agar Anda dapat menikmati semua manfaatnya.
  1. Utamakan latihan terpadu dalam latihan Anda. Latihan terpadu adalah seperti squat, deadlift, bench press, barbell row, chin ups, dips, lunges dan shoulder press (lihat di www.revolutiongym.blogspot.com, di segmen workout corner). Latihan-latihan ini akan memberikan tekanan yang kuat keatas otot-otot dan selanjutnya memaksa tubuh Anda untuk meningkatkan penghasilan testosterone dalam tubuh.
  2. Berlatih dengan intensitas tinggi. Jika Anda ingin hasil yang mengagumkan Anda harus melakukan latihan dengan intensitas tinggi. Ini karena dengan tekanan yang kuat terhadap otot Anda, tubuh Anda akan menghasilkan kadar testosterone yang lebih banyak.
  3. Anda harus melatih kaki Anda sekuat Anda melatih bagian atas tubuh Anda. Untuk pengetahuan Anda latihan kaki yang dilakukan dengan intensitas tinggi mampu merangsang pembesaran dibagian dada, punggung dan lengan Anda. Ini adalah disebabkan oleh peningkatan kadar testosterone yang dirangsang melalui latihan kaki.
  4. Tingkatkan asupan EFA. Essential Fatty Acids (EFA) dari sumber seperti kacang, alpukat, ikan dan minyak dari biji Flax, kanola dan zaitun adalah sumber yang baik untuk meningkatkan kadar testosterone dalam tubuh Anda.
  5. Mengurangi asupan kedelai Protein kedelai meningkatkan tingkat produksi estrogen (hormon utama wanita) dan ini memiliki efek negatif terhadap kadar testosterone dalam tubuh Anda.
  6. Hentikan konsumsi alkohol. Alkohol telah terbukti dapat mempengaruhi kadar testosteron dalam tubuh Anda dengan dramatis sekali. Jadi hentikan konsumsi alkohol.
  7. Tingkatkan konsumsi sayuran jenis cruciferous dalam diet sehari-hari Anda. Broccoli, kembang kol, lobak, Turnip, kubis dan brussels sprout telah terbukti efektif menurunkan kadar estrogen dalam tubuh maka secara tidak langsung meningkatkan kadar testosterone.
  8. Mengurangi tingkat stres harian Anda. Membiarkan diri Anda dalam situasi yang tertekan akan merangsang produksi ‘cortisol’, sejenis hormon catabolic yang mampu menurunkan kadar testosterone.
  9. Meningkatkan aktivitas seksual Anda (Untuk yang sudah menikah). Rangsangan seksual akan menyebabkan tubuh Anda menigkatkan produksi oxytocin yang efektif untuk meningkatkan produksi endorphin (zat kimia ceria), yang turut meningkatkan kadar testosterone.
  10. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Kurangnya tidur dapat berkontribusi terhadap produksi cortisol yang mampu mengurangi kadar testosterone dalam tubuh Anda.
Mulailah berlatih teknik-teknik ini secara konsisten dan Anda akan mengalami peningkatan kekuatan dan penambahan ukuran otot-otot Anda. Semoga tips diatas bermanfaat untuk meningkatkan Hormon Testosterone anda.


Semua orang membutuhkan testosteron agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Sebuah penelitian oleh Yale School of Medicine menemukan bahwa kadar tinggi testosteron juga dapat merugikan sel-sel otak.

Jika Anda mengalami kadar rendah testosteron, mengonsumsi makanan kaya vitamin A, E, dan B5 bisa membantu meningkatkan level testosteron.

Vitamin A

Vitamin A membantu pembentukan testosteron, produksi sperma, dan memelihara jaringan testis. Selain itu, vitamin A juga memainkan peran penting dalam kesuburan perempuan. Wanita dengan defisiensi vitamin A seringkali mengalami kesulitan untuk hamil atau mengalami keguguran. Makanan kaya vitamin A diantaranya adalah wortel, ubi jalar, brokoli, susu, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin E

Vitamin E juga dikenal sebagai “vitamin seksual.” Vitamin E tidak hanya merangsang pembentukan hormon reproduksi, tapi juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga daerah genital mendapatkan aliran darah yang memadai. Aliran darah yang lancar akan mengurangi risiko disfungsi ereksi pada pria dan meningkatkan respon seksual pada wanita. Tingkat rendah vitamin E biasanya menyebabkan dorongan seks rendah. Makanan kaya vitamin E diantaranya adalah kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, asparagus, dan kacang polong.

Vitamin B5

Vitamin B5 memiliki peran penting dalam pembentukan testosteron, membantu tubuh melawan stres, dan meningkatkan daya tahan fisik. Orang dengan defisiensi vitamin B5 biasanya mengalami mati rasa, insomnia, depresi, kegelisahan, dan gairah seksual rendah. Sumber baik dari vitamin B5 adalah telur, kacang-kacangan, daging sapi, brokoli, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging unggas.

Makanan Pembangkit Testosteron

Dari penelitian diketahui bahwa makanan-makanan yang mengandung testosteron tinggi ternyata mengandung banyak zat zinc (seng) yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki fungsi seksualitas, itulah sebabnya beberapa makanan tersebut digolongkan ke jenis makanan afrodisiak. Mengkonsumsi makanan afrodisiak ini dapat meringankan gejala testosteron rendah.

Dalam satu percobaan terhadap 22 pria dengan kadar testosteron dan sperma rendah, para pria tersebut diberi asupan Zinc setiap hari selama 45 sampai 50 hari, dan hasilnya setelah diperiksa, mereka mengalami kenaikan jumlah testosteron dan jumlah sperma.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung banyak testosteron yang sebaiknya dikonsumsi jika mengalami testosteron rendah.
  1. Tiram mentah. Para terapi seksual banyak merekomendasikan Tiram bagi orang yang menderita testosteron rendah. Tiram telah lama dipuji sebagai makanan afrodisiak yang sangat kuat. Studi terbaru menunjukkan bahwa tiram mengandung zat zinc (seng) yang sangat tinggi yang membuatnya memiliki khasiat luarbiasa.
  2. Asparagus kaya akan vitamin E yang dianggap sebagai salah satu vitamin untuk memrangsang produksi hormon seks testosteron. Asparagus sangat baik dikonsumsi oleh pria dan wanita.
  3. Buah Ara mengandung asam amino yang tinggi. Para peneliti percaya bahwa buah ara dapat meningkatkan libido karena mengandung zat zinc yang tinggi.
  4. Almon dan jenis kacang-kacangan. Almon adalah salah satu sumber utama asam lemak esensial yang merupakan bahan baku untuk memproduksi hormon testosteron pada pria.
  5. Telur adalah sumber vitamin B5 dan B6 yang berguna untuk melawan stres dan ketidakseimbangan kadar hormon, kedua vitamin tersebeut juga sangat penting bagi kesehatan seksual. Tingginya kadar stres adalah salah satu penyebab gairah seks rendah
  6. Basil/ Kemangi manis. Tanaman ini disebut dapat membangkitkan gairah seks dan meningkatkan kesuburan pada wanita.
  7. Beras merah dan keju. Makanan ini memiliki kandungan seng yang tinggi. Produksi testosteron tergantung pada seng, dan tingkat testosteron mengontrol tingkat libido.
  8. Hati mengandung glutamin dan dapat meningkatkan libido yang rendah
  9. Alpukat mengandung kadar asam folat yang tinggi, membantu metabolisme protein, dan mengandung vitamin B6. Mengkonsumsi Alpukat secara teratur dapat meningkatkan produksi hormon testosteron laki-laki. Alpukat juga mengandung kalium yang bermanfaat mengatur kelenjar tiroid pada wanita, kelenjar tiroid bertanggung jawab meningkatkan libido wanita.
  10. Pisang disebut sebagai salah satu sumber energi berisi enzim bromelain yang diyakini dapat meningkatkan gairah seks. Pisang kaya akan potassium dan vitamin B seperti riboflavin yang sangat dibutuhkan untuk produksi hormon testosteron.
  11. Seledri mengandung Androsterone, sebuah hormon tak berbau yang dilepaskan melalui keringat pria yang dapat menarik wanita. Seledri disebut sebagai salah satu makanan untuk meningkatkan stimulasi seksual.
  12. Kacang pinus kaya akan sens dan seng sangat dibutuhkan untuk produksi testosteron. Selama berabad-abad, kacang pinus telah digunakan sebagai makanan pembangkit gairah seks.
  13. Ikan salmon mengandung banyak vitamin B esensial B5, B6 dan B12. Kesemua vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi.
  14. Damiana adalah jenis semak kecil dan halus, berdaun oval hijau pucat dan bunga berwarna kuning aromatik. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Tengah. Damiana disebut dapat menyembuhkan impotensi, mengurangi kecemasan dan berfungsi sebagai stimulan seks pada pria dan wanita.
Daging merah juga adalah salah satu sumber testosteron tinggi. Daging merah memiliki kadar zinc yang tinggi, begitu juga dengan daging unggas seperti dada, sayap dan paha ayam. Anda bisa juga mendapatkan testosteron yang tinggi pada daging angsa, kalkun dan itik. Unggas liar bisa jadi pilihan yang sangat bagus, termasuk burung puyuh. Selain makanan, jenis produk susu seperti susu, yogurt dan keju memiliki kadar seng yang tinggi dan ideal untuk meningkatkan kadar testosteron.

Kesimpulannya, jika anda menderita masalah testosteron rendah, maka salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan-makanan tinggi kadar Zinc/seng. Hindari lemak jenuh, makanan instan cepat saji dan semua jenis makanan olahan sebab makanan-makanan tersebut bertanggung jawab langsung terhadap hilangnya libido.

Libido pada pria dan wanita dikendalikan oleh hormon yang sama yaitu testosteron. Jika tingkat testosteron rendah akan menyebabkan gangguan pada fungsi seksual. Salah satu kunci meningkatkan libido adalah dengan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Produksi testotesron tergantung pada zat zinc atau seng dan vitamin B, kedua jenis zat ini banyak terkandung dalam banyak jenis makanan. Jadi makanlah jenis makanan yang banyak mengandung zinc agar testosteron kembali normal.

1 comment:

Unknown said...

Hello everyone we will show the latest news TELENOVELAS VIDEO and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. This web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.
A que no me dejas
Amor de barrio
Amor de madre
Amor Secreto
Amores con Trampa
Así en el Barrio como en el Cielo
Babilônia
Bajo el mismo cielo
Buscando a María
Caminos de Guanajuato
Diomedes, el Cacique de La Junta
Dueños del Paraíso
Dulce Amor
Entre Caníbales
Entre tu amor y mi amor
Tips Manfaat dan Khasiat