Google+

Thursday, April 17, 2014

Khasiat dan Manfaat Kapulaga

Khasiat dan Manfaat Kapulaga

Selama ini kapulaga dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang bermanfaat sebagai bumbu dapur. Kapulaga banyak digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia dan negara Asia lainnya. Kapulaga pun juga dikenal sebagai salah satu bumbu dapur termahal ketiga setelah saffron dan vanili.

Kapulaga seberang atau kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum) adalah sejenis rempah yang penting untuk pelbagai jenis masakan di Asia dan juga banyak digunakan untuk bahan obat tradisional (jamu). Berasal dari Asia Selatan, jenis kapulaga ini diduga menyebar secara liar hingga ke wilayah Malesia.

Sebutan Kapulaga di daerah
Nama
 Jenis
Aceh Kapulaga, Kardamon, roude cardemon
Minangkabau Palago, Pelaga, Puwar
Sunda Kapol, Kapol sebrang, Pelaga, palago
Jawa Kapulogo, Kapulogo sabrang, Pulogo, Kapol sabrang
Madura Kapolagha, palagha
Bali kapolagha
Makasar kapulaga
Bugis Gandimong
Malaysia Pelaga
Melayu kalpulaga
Thailand Luk grawan
Inggris Cardamom
Belanda Ronde Kardemom
Perancis Amome a grappe
Tionghoa pai thou kou
Yunani cardamomom
Romawi cardamomum
Thai krava
Hindi elaichi
Tamil elakkaai
Tionghoa pai thou kou
sebutan Kapulada dengan bahasa daerah
Semula ditemukan tumbuh alamiah di daerah Pegunungan Malabar, pantai barat India. Karena laku di pasar dunia, kapulaga sabrang kemudian banyak ditanam di Sri Lanka, Thailand, dan Guatemala. Di Indonesia diketahui telah ditanam semenjak tahun 1920-an meskipun belum bernilai komersial, dan mulai dibudidayakan secara serius sejak 1986.

Dalam perdagangan kemudian ditawarkan juga varietas lain kapulaga sabrang dari pegunungan tinggi Mysore (India) yang buah lonjongnya lebih membulat, dan lebih disukai karena lebih sedap. Berbeda dengan kapulaga Malabar yang tandan bunganya merayap, tandan bunga kapulaga Mysore tumbuh tegak. Dari Sri Lanka ditawarkan Elettaria cadamomum var. major sebagai Ceylon cardamom. Buahnya lebih lebar dan pipih daripada kapulaga Malabar, E. cardamomum var. minor. Dari Thailand, kemudian juga ditawarkan Siamese cardamom yang masih sejenis dengan kapulaga Jawa, Amomum cardamomum.

Bentuk fisik kapulaga

Tumbuhan kapulaga tergolong dalam herba dan membentuk rumpun, sosoknya seperti tumbuhan jahe, dan dapat mencapai ketinggian 2-3 meter dan tumbuh di hutan-hutan yang masih lebat. Kapulaga hidup subur di ketinggian 200-1.000 meter di atas permukaan laut.

Awalnya memang hidup liar, namun kini kapulaga sabrang dibudidayakan sebagai tanaman rempah. Tumbuhan berbatang basah ini memiliki batang berpelepah daun yang membalut batangnya. Letak daunnya berseling-seling. Bunga tumbuhan ini tersusun dalam tandan yang keluar dari rimpangnya. Buahnya berbentuk bula telur, berbulu, dan berwarna kuning kelabu. Buahnya berkumpul dalam tandan kecil dan pendek. Bila masak, buahnya akan pecah dan membelah berdasarkan ruang-ruangnya. Di dalamnya terdapat biji yang berbentuk bulat telur memanjang.

Kapulaga merupakan tanaman tahunan berupa perdu dengan tinggi 1,5 m, berbatang semu, buahnya berbentuk bulat, membentuk anakan berwarna hijau. Mempunyai daun tunggal yang tersebar, berbentuk lanset, ujung runcing dengan tepi rata.Pangkal daun berbentuk runcing dengan panjang 25-35 cm dan lebar 10- 12 cm, pertulangan menyirip dan berwarna hijau.

Batang kapulaga disebut batang semu, karena terbungkus oleh pelepah daun yang berwarna hijau, bentuk batang bulat, tumbuh tegak, tingginya sekitar 1-3 m. Batang tumbuh dari rizome yang berada di bawah permukaan tanah, satu rumpun bisa mencapai 20-30 batang semu, batang tua akan mati dan diganti oleh batang muda yang tumbuh dari rizoma lain

Kapulaga berbunga majemuk, berbentuk bonggol yang terletak di pangkal batang dengan panjang kelopak bunga 12,5 cm di kepala sari terbentuk elips dengan panjang 2 mm, tangkai putik tidak berbulu, dan berbentuk mangkok. Mahkota berbentuk tabung dengan panjang 12,5 mm, berwarna putih atau putih kekuningan. Mahkota berbuah kotak dengan biji kecil berwarna hitam

Klasifikasi Ilmiah
Nama
 Jenis
Kerajaan Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Liliopsida
Ordo Zingiberales
Famili Zingiberaceae
sub Famili Zingiberoideae
Genus Elettaria
Spesies E. Cardamomum
Marga Amomum
Jenis A. Compactum Soland ex Maton

Buahnya berupa buah kotak,terdapat dalam tandan kecil-kecil dan pendek. Buah bulat memanjang, berlekuk, bersegi tiga, agak pipih, kadang-kadang berbulu, berwarna putih kekuningan atau kuning kelabu.Buah beruang 3, setiap ruang dipisahkan oleh selaput tipis setebal kertas.Tiap ruang berisi 5-7 biji kecil-kecil, berwarna coklat atau hitam, beraroma harum yang khas. Dalam ruang bijibiji ini tersusun memanjang 2 baris, melekat satu sama lain.

Buah tersusun rapat pada tandan, terdapat 5-8 buah pada setiap tandannya. Bentuk buah bulat dan beruang tiga, setiap buah mengandung 14-16 biji dan kulit buah berbulu halus. Panjang buah mencapai 10-16 mm.

Buah Kapulaga

Kapulaga berbuah pada umur 3 tahun. Buah kapulaga muncul dari batang semu dekat tanah, dan merayap bersama tandannya yang sepanjang 1 m, ke tanah sekitarnya. Supaya tidak kotor kecipratan tanah kalau hujan, petani pemiliknya menyelipkan lembaran plastik sebagai alas di bawah tandan buah itu.

Buah lonjong sepanjang 1 cm yang bersisi tiga itu dipetik kalau sudah montok, padat berisi, setengah matang. Warna hijaunya sudah berubah hijau muda. Tadinya hijau tua. Ketika berubah warna itulah baunya sedap sesedap-sedapnya. Di India, buah yang sudah dikeringkan, disortir menurut ukuran dan warnanya. Yang sudah kuning jerami cantik, dikemas sebagai buah siap jual, sedangkan yang belum dipucatkan dulu dengan uap belerang. Penjagaan mutu inilah yang membuat India menjadi pengekspor kapulaga yang digemari orang.

Buah yang sudah kering menjadi keriput, bergaris-garis, berisi 4 - 7 butir biji kecil coklat kemerah-merahan. Rasanya agak pedas seperti jahe, tetapi baunya tidak.

  • Biji : Selaput biji terdiri dari jaringan bersel pipih, dinding tipis, parenkimatik, sangat mudah terlepas dari kulit biji. Testa dengan epidermis luar berdinding tebal tebal agak berlignin, warna coklat muda, coklat kekuningan sampai coklat kemerahan; sel berbentuk persegi empat, pada pengamatan tangensial sel tampak berbentuk memanjang. Di bawah epidermis berturut-turut terdapat selapis sel parenkim pipih, kscil, dinding tipis, berisi zat berwarna coklat kekuningan sampai coklat; selapis sel yang besar, bentuk persegi, dinding tipis, berisi minyak atsiri, sel berwarna jernih, lapisan sel ini pada tempat tulang biji selnya mengecil. Kemudian terdapat satu jaringan yang terdiri dari beberapa lapis sel kecil, berdinding tipis dan berwarna coklat.
  • Kulit buah : epikarp terdiri dari sel berbentuk pipih, dinding tipis, warna coklat muda sampai coklat kekuningan, kutikula tipis. Mesokarp terdiri dari sel-sel besar, parenkimatik, bentuk polygonal,dinding tipis dan tidak berwarna.
  • Serbuk : Warna kelabu kekuningan. Fragmen pengenal adalah fragmen epidermis luar kulit biji yang berdinding tebal berbentuk memanjang; fragmen lapisan sel yang mengandung minyak atsiri; fragmen sklerenkim palisade yang terlihat tangensial berbentuk polygonal; fragmen perisperm yang penuh dengan butir pati kecil.
Aroma Kapulaga sabrang memiliki aroma bau sedap. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu
  • borneol (suatu terpena) yang berbau kamper seperti yang tercium dalam getah pohon kamper
  • alfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain
  • limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok
  • alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun
  • cineol yang sedap agak pedas menghangatkan seperti minyak kayu putih.
  • Kombinasi inilah yang membentuk aroma khas kapulaga.

Senyawa kimia yang umum menyusun buah kapulaga :

Komposisi Senyawa
di dalam Minyak Atsiri Kapulaga
Komposisi
%
α-Pinene 1,5
β-Pinene 0,2
Sabinene 2,8
Myrcene 1,6
α-Phellandrene 0,2
Limonene 11,6
1,8-sineol 36,3
γ-Terpinene 0,7
ρ-Cymene 0,1
Terpinolene 0,5
Linalool 3
Linalyl asetat 2,5
Terpinen-4-ol 0,9
α-Terpeneol 2,6
α-Terpenyl asetat 31,3
Citronellol 2,6
Nerol 0,3
Geraniol 0,5
Metil eugenol 0,5
trans-Neolidol 2,7
Sumber : Chempakam dan Sindhu, 2008

Terpenoida atau isoprenoid

merupakan salah satu senyawa organik yang hanya tersebar di alam, yang terbentuk dari satuan isoprena (CH3=C(CH3)-CH=CH2). Senyawa terpenoida merupakan senyawa hidrokarbon yang dibedakan berdasarkan jumlah satuan isoprena penyusunnya, kelompok metil dan atom oksigen yang diikatnya.

Senyawa terpenoidayang mempunyai aktifitas antimikrobia antara lain borneol, sineol, pinene, kamfene dan kamfor. Senyawa terpenoida terbentuk dari metabolit sekunder dari tumbuhan melalui jalur pirufat, asetil koA, asam mevalonat. Terpenoida mempunyai rumus dasar (C5H8)n atau dengan unit isoprene-2 metil-2,3 butadiena. Terpenoida merupakan senyawa utama pada tumbuhan yang menyusun minyak atsiri.

Minyak atsiri merupakan salah satu senyawa organik yang banyak ditemukan di alam dan berasal dari jaringan tumbuhan. Minyak atsiri merupakan salah satu senyawa metabolit sekunder yang mudah menguap (volatil) dan bukan merupakan senyawa murni tetapi tersusun atas beberapa komponen yang mayoritas berasal dari golongan terpenoida.

Minyak atsiri (essensial oil) didefinisikan sebagai suatu kelompok dari senyawa berbau (odorus), larut dalam alkohol, terdiri dari campuran eter, aldehida, keton, dan terpen.

Minyak atsiri umumnya merupakan gabungan kelompok-kelompok senyawa volatil yang membentuk aroma spesifik dari spesies tanaman tertentu. Kelompok-kelompok senyawa kimia yang terkandung dalam minyak atsiri, diantaranya adalah:

  • hidrokarbon dengan formula kimia (C5H8)n, sebagai senyawa terpen rendah seperti monoterpen, diterpen, dan seskuiterpen,
  • turunan oksigenasi dari senyawa-senyawa terpen diatas,
  • senyawa-senyawa aromatik dengan struktur benzoid, dan/atau
  • senyawa-senyawa yang mengandung nitrogen atau sulfur.

Saponin

Beberapa saponin bekerja sebagai antimikroba dan saponin tertentu menjadi penting karena dapat diperoleh dari beberapa tumbuhan dengan hasil yang baik dan digunakan sebagai bahan baku untuk sintesis hormon steroid yang digunakan dalam bidang kesehatan. Saponin merupakan glukosida yang larut dalam air dan etanol, tetapi tidak larut dalam eter.

Saponin merupakan zat aktif yang dapat meningkatkan permeabilitas membran sehingga terjadi hemolisis sel, apabila saponin berinteraksi dengan bakteri, maka bakteri tersebut akan pecah atau lisis. Hal ini dibuktikan oleh penelitian tentang buah manggis yang mengandung saponin mampu menghambat Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis.

Flavanoid

merupakan senyawa polar yang umumnya mudah larut dalam pelarut polar seperti etanol, menthanol, butanol, aseton, dan lain-lain. Flavanoid dalam tumbuhan terikat pada gula sebagai glikosida dan aglikon flavanoid, gula yang terikat pada flavanoid mudah larut dalam air.

Flavanoid merupakan golongan terbesar dari senyawa fenol, senyawa fenol mempunyai sifat efektif menghambat pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur. Mekanisme kerja flavonoiddengan kecenderungan mengikat protein, sehingga mengganggu proses metabolisme. flavanoid pada blimbing wuluh berpotensi sebagai antibakteri pada Stapylococcus aureus dan Escherichia coli.

Selain itu, tahukah Anda bahwa kapulaga ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan?
Biji, yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar, dapat dimanfaatkan sebagai obat. Dalam dunia obat-obatan biji yang telah dikeringkan dinamakan semen cardamomi. Selain bijinya, yang digunakan untuk obat adalah bagian akar, buah, dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang.

Beberapa pabrik bumbu juga mengekstrakkan minyak asiri dari biji kapulaga menjadi oil of cardamom yang kemudian dikemas dalam botol. Dalam bentuk minyak ini pula, kapulaga dipakai untuk menyedapkan soft drink dan es krim Amerika di pabriknya.

manfaat menyehatkan dari kapulaga:

Baik untuk kesehatan perut
Kapulaga bermanfaat untuk mengontrol kesehatan empedu dan cairan lambung sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit asam lambung.

Baik untuk jantung

Kapulaga memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah rendah. Oleh sebab itu kapulaga baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Selain manfaat tersebut kapulaga juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.

Baik untuk tulang

Kapulaga mengandung dua zat penting yang baik untuk kesehatan tulang yaitu mangan dan vitamin C. Kedua zat ini juga mempunyai peranan penting untuk mencegah osteoporosis.

Memiliki sifat analgesik

Sifat analgesik dari kapulaga mampu menghilangkan rasa sakit, nyeri otot, dan kejang. Selain itu, kapulaga juga mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak.

Baik untuk ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat diuretik yang dimiliki kapulaga penting untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Sifat alami ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih seperti sistitis dan nefritis.

Meningkatkan gairah seksual

Kapulaga telah lama dikenal memiliki sifat afrosidiak sehingga mampu menghindarkan Anda dari impotensi dan ejakulasi dini.

Meningkatkan suasana hati

Kapulaga juga memiliki sifat anti depresan. Oleh karena itu apabila Anda sedang merasa sedih atau tidak bersemangat, secangkir teh kapulaga mampu meningkatkan suasana hati Anda.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kapulaga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sebab kapulaga mampu melawan bakteri dan patogen lainnya yang mampu membuat tubuh Anda tetap sehat.

Baik untuk darah

Kapulaga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi darah sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi. Kapulaga juga dapat mencegah pembekuan darah dengan menghentikan agregasi platelet.

Mencegah masalah lambung

Kapulaga merupakan rempah-rempah yang bisa menyeimbangkan jumlah cairan lambung dalam perut.

Obat sakit pernapasan

Kapulaga adalah anti-spasmodik, yang bisa mencegah kejang. Campurkan kapulaga dan madu untuk mengobati gangguan pernapasan ringan seperti sakit tenggorokan atau batuk.

Obat sakit kepala

Untuk meringankan sakit kepala, campurkan biji kapulaga ke dalam secangkir teh atau susu.

Mendetoksifikasi kafein

Kapulaga merupakan bahan alami yang membantu detoksifikasi kafein dari tubuh. Minum terlalu banyak kopi secara perlahan dapat meracuni tubuh. Maka, segera konsumsi kapulaga untuk menghilangkan racun.

Menjernihkan suara

Kapulaga juga dikenal mampu meningkatkan kualitas suara. Nah, para penyanyi bisa mencoba kapulaga sebagai obat alami untuk merawat suara mereka.

Gangguan pencernaan

Rempah-rempah ini sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Dapat membantu sistem pencernaan dan mengurangi gas dan kembung. Serta membantu mengurangi keasaman. Pilih teh kapulaga untuk mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Perut Kembung dan Mulas

Buah Kapulaga(sangrai dan tumbuk kasar) 7 butir
Biji Jati Belanda(disangrai dan tumbuk kasar) 10 butir
Air mendidih 100 ml
Cara Pemakaian ;
Diseduh, Diminum semacam minum teh, sehari 100 ml.

Bau mulut

Jika Anda bermasalah dengan bau mulut, Anda bisa mengunyah beberapa kapulaga. Kapulaga digunakan sebagai penyegar mulut dan membantu menghilangkan bau mulut.
Buah Kapulaga 10 butir
Daun Pegagan 1 genggam
Air secukupnya
Cara pemakaian:
Dipipis.Diminum 1 x sehari, pagi hari 1/4 cangkir.
Diulang selama 7 hari. Untuk perawatan diminum 3 x seminggu. Usahakan buang air besar secara teratur, dan gosok gigi setelah makan.

Depresi

Kapulaga juga berkhasiat untuk mengurangi depresi atau kecemasan. Caranya, bubuk kapulaga diseduh dengan air panas dan campurkan teh jadilah teh kapulaga. Aroma wangi kapulaga bisa membantu Anda mengurangi depresi dan masalah mental lainnya.

Tindakan ekspektoran

Kapulaga bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi ke paru-paru, sehingga sangat dianjurkan untuk orang yang menderita asma dan bronkitis.

Impoten

Kapulaga bisa digunakan untuk disfungsi seksual seperti impotensi dan ejakulasi dini.

Manfaat lain

Manfaat lain yang didapat dari kapulaga seperti menambah nafsu makan, meredakan kram perut.

Untuk Mengobati Batuk

Kapulaga mengandung minyak atsiri, terpineol, sineol, protein dan kandungan lainnya dimana dari kandungan yang ada dalam kapulaga tersebut memiliki khasiat untuk mengobati batuk.
caranya: Buah dikunyah.

Meringankan Sakit Rematik

Untuk meringankan sakit rematik, bisa menggunakan air rebusan dari semua bagian tanaman. Ambil beberapa bagian batang, daun danjuga buah dari kapulaga dan rebus kedalam air mendidih. lalu saring dan diminum setelah dingin, hangat juga boleh/ Air rebusan kapulaga tadi bisa memberikan energi ketika badan lemas dan juga untuk meringankan sakit rematik.

Bagus untuk Perut

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada biji kapulaga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional salah satunya bagus untuk sakit perut, sakit batuk, dan juga sebagai peningkat stamina setelah melahirkan.

Bahan untuk Parfum atau Pewangi

Seperti yang kita ketahui, dari bijinya yang mengandung minyak atsiri, kapulaga banyak dimanfaatkan dalam industri parfum dan bahan pewangi.

Mencegah Keropos Tulang

Kandungan yang terdapat pada Kapulaga yaitu sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik sangat bagus untuk mencegah keropos tulang khususnya bagi ibu-ibu yang menginjak masa tua

Kejang perut dan rematik

Semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring, airnya diminum.

Demam dan panas

Batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring. airnya diminum.

Mual

buah direbus dan dimakan.

Bau Badan

rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya.

Radang amandel, gangguan haid, obat kumur, influeza, radang lambung, sesak nafas, badan lemah (sebagai tonikum)
Buah direbus, makan dan masih banyak yang lainnya.

Mengobati Radang Tenggorokan

Biji Kapulaga bisa kita buat ramuan dimana bagus untuk mengobatai radang tenggorokan. Untuk membuatnya silahkan ambil 10 buah kapulaga dan sedikit rimpang kunyit. Tumbuh kedua bahan tersebut dan jangan terlalu lembut. Seduh kapulagfa dan rimpang kunyit yang telah ditumbuk tadi dengan air panas. Saring dan minum 2 kali sehari yaotu pagi dan sore hari.
Buah Kapulaga (tumbuk kasar) 10 butir
Rimpang Kunyit (tumbuk kasar) 6 gram
Air mendidih 100 ml
Cara Pemakaian ;
Diseduh, kemudian Diminum 2 x sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml. Diulang selama 7 hari.

Cara memakai kapulaga
Kapulaga dapat dicampur teh, kopi, garam masala.
Kapulaga juga dapat digunakan sebagai makanan penutup India seperti, phirni, gulab, jamun dll. Kapulaga digunakan untuk memberikan rasa pada makanan.
Kapulaga hijau dapat digunakan dalam pulavs, kari dan hidangan panas, seperti biryanis, pulaos, dan kebab.

Itulah beberapa manfaat menakjubkan kapulaga untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda menyediakan kapulaga di rumah sebagai perawatan rumahan Anda. Inilah manfaat penting dari kapulaga. Selain sebagai bumbu dapur, kapulaga juga ampuh membasmi penyakit dalam tubuh.

6 comments:

tattonox said...

Obat Penghilang Tatto permanen

tattonox said...

obat

Pro Bloggers said...

Hello everyone we will show the latest news TELENOVELAS VIDEO and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. This web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.
A que no me dejas
Amor de barrio
Amor de madre
Amor Secreto
Amores con Trampa
Así en el Barrio como en el Cielo
Babilônia
Bajo el mismo cielo
Buscando a María
Caminos de Guanajuato
Diomedes, el Cacique de La Junta
Dueños del Paraíso
Dulce Amor
Entre Caníbales
Entre tu amor y mi amor
Tips Manfaat dan Khasiat

Hadi Anto said...

Numpang promosi Boss-Boss semua (boleh dihapus).
Sedia bahan tepung jamu kunir, jahe merah, kencur, sendokan, tapak liman, ginseng (Korea), pasak bumi, laos merah, purwoceng, temu lawak, temu ireng, temu kunci, umbi teki, kulit manggis dll, harga 10 ribu – 50 ribu. Sedia tepung jamu merpati tinggi/ balap (11 rempah) harga 100 ribu. Ada Juga jamu yang sudah jadi 120 butir harga 50 ribu. Bisa kirim ke wilayah nusantara biaya kirim 20 – 100 ribu (Pulau Jawa – Luar Pulau).
Hubungi 087738096581/ 5a3557ae Pundong Bantul Yogyakarta.

Khoirul Os said...

BEST SELLER PRODUK
TOKO ACHONG - HUA



- RAHASIA MENJADIKAN PENIS BESAR DAN PANJANG

- TIPS MERONTOKAN BULU SECARA PERMANEN

- CARA PRIA DEWASA MAKIN TAHAN LAMA SAAT BERCINTA

- TIPS BIAR SEMAKIN DI SUKAI ISTRI

- CARA MUDAH MEMPERBESAR PAYUDARA

- SOLUSI MEMPERBESAR PAYUDARA DENGAN CEPAT

- CARA MENINGGIKAN BADAN

- SOLUSI TEPAT MENUMBUHKAN RAMBUT BOTAK

- OBAT PENYUBUR SPERMA BUAT PRIA MANDUL

- OBAT PERANGSANG MEMBUAT WANITA BERGAIRAH SAAT BERCINTA

- CARA MEMBUAT WANITA MERANGSANG BIAR MAU DI AJAK ML

- TIPS MEMBESARKAN PENIS DENGAN MINYAK

- COBRA OIL MINYAK PEMBESAR DAN PANJANGKAN PENIS

- CARA MENURUNKAN BERAT BADAN TANPA OLAHRAGA

- INGIN PUNYA TUBUH LANGSING DISINI SOLUSINYA































KLIK

- JUAL BERBAGAI PRODUK : "Obat Pembesar mr.P, "Alat Terapy Pemanjang mr.P, "Obat Vitalitas Sex Kuat dan Tahan Lama, "Obat Herbal Cosmetik Kecantikan, "Aneka Obat Peningkat Libido Sexsual Wanita, "Alat Bantu SexToys P/W


Ibu Nurhayti said...

aslamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI