Google+

Wednesday, November 21, 2012

Tips cara Menyembuhkan Mata Bintitan, Penyebab dan obat Timbilen / Timbilan / Celilikan Atau Hordeolum

Tips cara Menyembuhkan Mata Bintitan, Penyebab dan obat Timbilen / Timbilan / Celilikan atau Hordeolum

Hampir setiap orang mengenal timbilen atau timbil yang dalam bahasa medis disebut Hordeolum. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga orang tua. Disebutkan bahwa angka kejadian pada usia dewasa lebih banyak dibanding anak-anak. 
Tidak ada perbedaan angka kejadian (insidens rate) antara wanita dengan pria. Adakalanya seseorang mudah banget mengalami timbilen (berulang). Ibaratnya, baru sembuh yang satu, kemudian muncul lagi timbil di tempat yang lain. 

Hordeolum ( stye ) adalah infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri, biasanya oleh kuman Stafilokokus (Staphylococcus aureus). Hordeolum dapat timbul pada 1 kelenjar kelopak mata atau lebih. Kelenjar kelopak mata tersebut meliputi kelenjar Meibom, kelenjar Zeis dan Moll.

Berdasarkan tempatnya, hordeolum terbagi menjadi 2 jenis :

  • Hordeolum interna, terjadi pada kelenjar Meibom. Pada hordeolum interna ini benjolan mengarah ke konjungtiva (selaput kelopak mata bagian dalam).
  • Hordeolum eksterna, terjadi pada kelenjar Zeis dan kelenjar Moll. Benjolan nampak dari luar pada kulit kelopak mata bagian luar (palpebra).



G E J A L A
Tanda-tanda hordeolum sangat mudah dikenali, yakni
nampak adanya benjolan pada kelopak mata bagian atas atau bawah, berwarna kemerahan. Adakalanya nampak bintik berwarna keputihan atau kekuningan disertai dengan pembengkakan kelopak mata. Pada hordeolum interna, benjolan akan nampak lebih jelas dengan membuka kelopak mata. Keluhan yang kerap dirasakan oleh penderita hordeolum diantaranya rasa mengganjal pada kelopak mata, nyeri takan dan makin nyeri saat menunduk. Kadang mata berair dan peka terhadap sinar. Hordeolum dapat membentuk abses di kelopak mata dan pecah dengan mengeluarkan nanah. 

PENGOBATAN 
Pada umumnya hordeolum dapat sembuh sendiri (self-limited) dalam 1-2 minggu. Namun tak jarang memerlukan pengobatan secara khusus, obat topikal (salep atau tetes mata antibiotik) maupun kombinasi dengan obat antibiotika oral (diminum).

Urutan penatalaksanaan hordeolum adalah sebagai berikut:

  1. Kompres hangat selama sekitar 10-15 menit, 4 kali sehari.
  2. Antibiotik topikal (salep, tetes mata), misalnya: Gentamycin, Neomycin, Polimyxin B, Chloramphenicol, Dibekacin, Fucidic acid, dan lain-lain.
  3. Obat topikal digunakan selama 7-10 hari, sesuai anjuran dokter, terutama pada fase peradangan. Antibiotika oral (diminum), misalnya: Ampisilin, Amoksisilin, Eritromisin, Doxycyclin.
  4. Antibiotik oral digunakan jika hordeolum tidak menunjukkan perbaikan dengan antibiotika topikal. Obat ini diberikan selama 7-10 hari.

Penggunaan dan pemilihan jenis antibiotika oral hanya atas rekomendasi dokter berdasarkan hasil pemeriksaan. Adapun dosis antibiotika pada anak ditentukan berdasarkan berat badan sesuai dengan masing-masing jenis antibiotika dan berat ringannya hordeolum. Obat-obat simptomatis (mengurangi keluhan) dapat diberikan untuk meredakan keluhan nyeri, misalnya: asetaminofen, asam mefenamat, ibuprofen, dan sejenisnya.

ANJURAN UNTUK PENDERITA
Hindari mengucek-ucek atau menekan hordeolum. Jangan memencet hordeolum. Biarkan hordeolum pecah dengan sendirinya, kemudian bersihkan dengan kasa steril ketika keluar nanah atau cairan dari hordeolum. Tutup mata pada saat membersihkan hordeolum. Untuk sementara hentikan pemakaian make-up pada mata. Lepaskan lensa kontak (contact lenses) selama masa pengobatan. 
Kapan dilakukan insisi ? 
Dianjurkan insisi (penyayatan) dan drainase pada hordeolum, apabila: Hordeolum tidak menunjukkan perbaikan dengan obat-obat antibiotika topikal dan antibiotika oral dalam 2-4 minggu. Hordeolum yang sudah besar atau sudah menunjukkan fase abses. Setelah insisi dianjurkan kontrol dalam seminggu atau lebih untuk penyembuhan luka insisi agar benar-benar sembuh sempurna.

PENCEGAHAN
Jaga kebersihan wajah dan membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah agar hordeolum tidak mudah berulang. Usap kelopak mata dengan lembut menggunakan washlap hangat untuk membersihkan ekskresi kelenjar lemak. Jaga kebersihan peralatan make-up mata agar tidak terkontaminasi oleh kuman. Gunakan kacamata pelindung jika bepergian di daerah berdebu.

Timbilen Bisa Menyebabkan Kematian !
HORDEOLUM atau yang lebih dikenal sebagai timbilen. Bukan hanya orang dewasa yang mengalaminya, bayi pun ternyata juga bisa mengalaminya. Gejalanya hampir sama dengan orang dewasa, bahkan bila tak segera ditangani, itu bisa menyebabkan kematian. 

Spesialis penyakit mata RSU dr Soetomo Surabaya, Dokter Hendrian D. Soebagjo SpMK mengatakan bahwa ada dua tipe timbilen. 

  • Yakni hordeolum externum, benjolannya terlihat di luar kelopak mata. 
  • Yang kedua, hordeolum internum yang hanya berupa benjolan yang berada di dalam kelopak mata. 

Gejalanya, kadang-kadang anak merasa terganggu, kemudian rewel dan demam. Keduanya berbahaya, harus mendapat penanganan sedini mungkin agar sembuh total. Kuman yang mengiritasi adalah penyebabnya. Yang terbanyak adalah kuman sterptococcus dan staphylococcus. 

Penyebaran kuman tersebut antara lain melalui udara. Dikatakan Dokter Hendrian, 
“Disarangkan tak sering mengucek-ngucek mata. Terlalu sering dan keras mengucek mata bisa memunculkan luka berukuran sangat kecil (micro lesion). Nah melalui luka itulah bakteri bisa masuk ke dalam tubuh”. 
Jika timbilen tak segera diobati, kuman berisiko masuk ke rongga mata. Selanjutnya, menuju ke selaput otak. 
“Dalam kondisi begitu, pasien akan mengalami meningitis. Namun bisa juga terjadi abses otak. Kalau sudah begitu, pasien bisa meninggal dunia”. 
Pencegahan tentu lebih baik daripada pengobatan. Agar tak timbilen sebaiknya kesehatan dijaga sebisa mungkin. Terutama bayi atau balita dengan alergi. Namun meski ada alergi, kalau tak terkontaminasi bakteri, bayi dan balita tak akan timbilen. 

’’POLES’’ Timbil dengan Bawang Putih 
BAWANG putih (Allium sativum L) tentu sudah tak asing terdengar di telinga kita. Bahkan ibu-ibu rumah tangga hampir saban hari menggunakannya sebagai bumbu pawon. Selain rasanya yang sedap dan gurih, umbi lapis satu ini berbeda dari bawang merah, dan tidak membuat mata terasa pedih. Tanaman yang bersinonim Porruni sativum Mill dan bergabung di dalam familia Amaryhlidaceae ini termasuk herba semusim yang berbatang semu, dan berwarna hijau. Daunnya tunggal berupa roset akar, berbentuk lanset, dengan ujung runcing dan berwarna hijau. Umbinya tebal, dengan perbungaan berbentuk payung dan berwarna putih. Selain kesedapan dan kegurihan rasa yang dimiliki, bawang putih juga memiliki potensi besar sebagai obat tradisional. Cara ini sudah lama dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mengobati beberapa penyakit. Namun orang-orang yang hidup di zaman modern makin melupakannya, bahkan mulai tidak tahu kalau bawang memiliki aneka khasiat obat.
Solusi Tepat Anda pernah mengalami penyakit mata yang biasa disebut timbilan (timbilen; Jw)? 
Timbilan memang mengganggu. 
Belum lagi rasanya yang gatal, perih, dan mengganjal kelopak mata. Risih bukan? 
Nah, bagi Anda yang menderita timbilan tidak perlu khawatir. 
Karena, bawang putih dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. Umbi lapis ini mengandung beberapa kandungan alami yang terkandung dalam tiap-tiap getahnya. Kandungan tersebut berupa minyak atsiri, alildisulfida, dialildisulfida, alisin, aliin, enzim alinasa, triglikosida, vitamin A, vitamin B, dan hormon kelamin. Perlu diketahui, bawang putih memiliki sifat khas yang menghangatkan, tajam tetapi halus. Bagian yang digunakan untuk mengobati mata timbilan adalah umbi lapisnya. Bahan yang digunakan sangat simple, yaitu cukup menyediakan sebutir bawang putih yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Kemudian, potong bagian ujungnya agar dapat memoles bagian mata yang timbilan dengan mudah. Poles timbil dengan irisan bawang secara perlahan-lahan dan searah. Pada bagian ini perlu kehati-hatian, karena salah-salah bisa mengenai mata. Lakukan berulang-ulang pada pagi dan sore hari, sampai timbil mengempis. Mulailah menjaga kesehatan, karena sehat mahal harganya. 

Alternatif Lainnya Obat timbil yaitu dengan mengoleskan kotoran telinga. 
Untuk kotoran telinga yang kering dapat ditambahkan dengan air sedikit. Kalau udah mengandung air langsung dioleskan saja. Minum Obat Sulfadiazin dan diolesi salep Mycos. 

Basuhlah kelopak mata dengan air hangat (jangan terlalu panas),
kompres basah pada daerah yang terinfeksi tiga sampai empat kali setiap hari setidak-tidaknya 5 sampai 10 menit setiap kali. Hindari situasi-situasi yang memungkinkan mata Anda terkena debu atau kotoran secara berlebihan. Jangan mempermainkan atau menggosok-gosok daerah yang terinfeksi, tak peduli betapa besar keinginan Anda untuk memijat timbil itu. Bintitan sering di kaitkan dengan akibat dari mengintip seseorang,tapi sebenarnya menurut ilmu kedokteran timbelan sering di sebut 'Hordeolum' yaitu infeksi akut pd kelenjar minyak didalam kelopak mata yg disebabkan oleh bakteri dari kulit(biasanya disebabkan bakteri stafilokokus). Obatnya.. 

pakai salep cap ikan paus. 
Obat ini nama aslinya yaitu OCULENTUM WHALE BRAND dan ada gmbr ikan paus di ujung tutup kemasanya. Dan warna kemasanya orange. Ohya obat ini tidak di jual di apotik biasanya ditko obat tradisional cina.. 

Hampir semua penyakit timbil bisa diobati di rumah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Jika timbil tidak pecah atau reda setelah satu atau dua hari, temuilah dokter, siapa tahu Anda perlu mencabut bulu mata pembawa masalah itu atau obat tetes mata antibiotik lewat resep dokter.

11 comments:

bgs said...

wah akhirnya ketemu saya lagi kena penyakit timbil nih, semua saran sudah saya lakukan dan semoga sembuh...

bila berkenan kunjungi blog saya ya http://1nfobol4.blogspot.com

Unknown said...

Insya اللهِ akan saya coba :)

Unknown said...

Pin:316F4D91

Unknown said...

Kebetulan saya Ʊϑä 2 kali kena timbilan, pertama d'kelopak bwh mata lalu skrg d'kelopak mata atas. Sgt mengganggu aktifitas :( . . Thx tips'y sgt bermanfaat

Arradhiyatul Mutiara said...

Cerita Sex Indonesia - Dokter Jepang Cantik Yang Genit~~~~~~Cerita Sex Indonesia - Masa Remaja Yg Sungguh Menyenangkan



Rahasia Pacar Teman Kost ku~~~~~Penelusuran Erotic stories~~~~~Pemerkosaan terhadap primadona sekolah



Cerita Seks terbaru Fantasi di akhir pekan~~~~~info Video Porno Indonesia Dan Para Artis Indonesia lebih lengkap clik disini



Kumpulan Gaya Cerita Ngentot Cerita Dewasa Cerita Sex Indonesia~~~~~Tips Dalam Mendapatkan Wanita Idaman Anda Dalam Kumpulan Cerita Dewasa Kategori Artikel Sex



Cerita Sex Tante Kos Bernama Rita Paling Hot~~~~~Foto Bugil Telanjang Dewi Cinta Tanpa Sensor Laris Manis di Internet



Cerita Dewasa 2014-2015 Jeritan Pembawa Nikmat~~~~~Cerita Seks - Ngentot Merayakan Kelulusan SMA Pacarku~~~~~mahasiswi bercinta di kontrakan



Cerita Seks Dengan Tante Murni Cerita Seks Panas Terbaru~~~~~Aku Ngentot 3 Cewek Cantik Bangat~~~~~Cerita Sex Artis Cantik Cynthiara Alona



ngentot degan kakak sepupu ketika suaminya lagi gak ada~~~~~Foto Bugil Anita Hara Tanpa Sensor Terbaru~~~~~Karyawan Asing Yang Tangguh Ngesex

job said...

Download MP3 Gratis

Download Youtube ke Mp3

Cari Lagu MP3

job said...

Lucu, Kocak, Gokil | Download Lagu Indo | Video Kocak Lucu | Download Kicau Burung | Harga Batu Akik | Batu Cincin Akik | Bursa Lagu MP3 | Cari Lagu MP3 | Cari Download MP3 | Download Komik | Video Klip MP3 | Musics MP3 | Download Dangdut 2015 | Download Lagu MP3 | Musik Indo MP3 | Cari Download Lagu | Download Musik Indo | Kumpulan Lirik Lagu | MP3 Download | Suara Burung Download | Tangga Lagu 2015 | Download Top Lagu | Unduh MP3 | Best Headphones | MP3 Cari Download | List Download MP3

Unknown said...

Saya udah setahun nata timbilan, udah pernah 2 kali di toreh (operasi ringan) tapi tetep aja muncul lagi. Smua obat udah dicoba tapi gak mempan -_-

Unknown said...

Wah terima kasih atas pesan yang anda berikan.kebetulan saya terkena penyakit timbil

Unknown said...

Wah terima kasih atas pesan yang anda berikan.kebetulan saya terkena penyakit timbil

Indra said...

Hammer of thor adalah obat pembesar penis terbaik yang akan membantu anda memperoleh mr p besar panjang dapatkan produknya disini www.vigaron.org. Selain thor hammer produk dahsyat lainnya adalah vimax canada produk dahsyat untuk mengatasi berbagai masalah pada pria dewasa. Produk hebat ini memiliki kemiripan dengan klg yang merupakan obat pembesar penis herbal dari USA.