Google+

Saturday, November 10, 2012

Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

kunyit
Era modern terkadang membuat gaya hidup kita serba modern, termasuk juga dalam pengobatan dan dalam menjaga kesehatan kita semua dilakukan dengan cara yang serba modern. Padahal jika kita mau hidup lebih sehat gaya hidup yang serba alami lebih menjanjikan ketimbang kita melakukannya denga cara cara modern. Apa lagi kita hidup di negara yang beriklim tropis, yang sangat mndukung untuk menjaga kesehatan secara alami. Salah satu cara mengobati dan menjaga kesehatan kita ialah dengan memanfaatkan kunyit.

Siapa tidak tau kunyit?

Kunyit sangat mudah kita temukan, karena kunyit biasanya dijadikan rempah rempah atau campuran bumbu dapur. Namun selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki banyak manfaatuntuk kesehatan kita.


Manfaat kunyit yang beraneka regam membuat tanaman kunyit sangat dikenal semua orang. Kunyit juga mudah kita temukan, karena kunyit sangat banyak manfaatnya. Oleh ibu-ibu kunyit sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan seperti gulai, soto, sayur lodeh, atau juga sering dijadika pewarna alami dalam pembuatan anasi kuning.

Selain itu kunyit juga sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Namun kunyit meski banyak manfaatnya ternyata harganya terbilang murah, makanya tangan-tangan kreatif dan otak-otak gemilang sudah mulai bersiap-siap melirik bisnis obat alami dari kunyit ini.

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan Janar. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. 
Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), Kunyit mempunyai berbagai nama daerah yang berbeda-beda diantaranya:

  • Sumatra: Kakunye (Enggano), Kunyet (Adoh), Kuning (Gayo), Kunyet (Alas), Hunik (Batak), Odil (Simalur), Undre, (Nias), Kunyit (Lampung), Kunyit (Melayu),
  • Jawa: Kunyir (Sunda), Kunir (Jawa Tengah), Temo koneng (Madura)
  • Kalimanta: Kunit (Banjar), Henda (Ngayu), Kunyit (Olon Manyan), Cahang (Dayak Panyambung), Dio (Panihing), Kalesiau (Kenya), Kunyit (Tidung)
  • Nusa Tenggara: Kunyit (Sasak dan Bali), Huni (Bima), Kaungi (Sumba Timur), Kunyi (Sumba Barat), Kewunyi (Sawu), Koneh, (Flores), Kuma (Solor), Kumeh (Alor), Kunik (Roti), Hunik kunir (Timor)
  • Sulawesi: Uinida (Talaud), Kuni (Sangir), Alawaha (Gorontalo), Kolalagu (Buol), Pagidon (Toli-toli), Kuni (Toraja), Kunyi (Ujungpandang), Kunyi (Selayar), Unyi (Bugis), Kuni (Mandar).
  • Maluku: Kurlai (Leti), Lulu malai (Babar), Ulin (Tanimbar), Tun (Kayi), Unin (Ceram), Kunin (Seram Timur), Unin, (Ambon), Gurai (Halmanera), Garaci (Ternate)
  • Irian: Rame (Kapaur), Kandeifa (Nufor), Nikwai (Windesi), Mingguai(Wandamen), Yaw (Arso).
Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet. Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis- rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul. Dalam bahasa Banjar kunyit biasa pula disebut Janar.


Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kurkum dan Yunani Karkom. Pada tahun 77-78 SM, Dioscorides menyebut tanaman ini sebagai Cyperus menyerupai jahe, tetapi pahit, kelat, dan sedikit pedas, tetapi tidak beracun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina.

Klasifikasi Kunyit

Divisio : Spermatophyta
Sub-diviso : Angiospermae
Kelas : Monocotyledoneae
Ordo : Zingiberales
Famili : Zungiberaceae
Genus : Curcuma
Species : Curcuma domestica Val.

Tanaman kunyit tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak). Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan. Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.

Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E,Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.

Kandungan Kimia dan Manfaat Kunyit

Kandungan Kunyit yang paling dominan adalah senyawa yang berkhasiat obat yang disebut

  • kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10%
  • bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%
  • minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%,
  • Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil.
  • Lemak sebanyak 1 -3%,
  • Karbohidrat sebanyak 3%,
  • Protein 30%,
  • Pati 8%,
  • Vitamin C 45-55%, dan
  • garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan upkalsium.

Kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit adalah sebagai berikut :

  • zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  • Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar
  • Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth (Sudarsono et.al, 1996).


Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau diguna sebagai salap untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.

Uraian Tumbuhan Kunyit

  • Habitus: Semak, tinggi ± 70 cm.
  • Batang: Semu, tegak, bulat, membentuk rimpang, hijau kekuningan.
  • Daun: Tunggal, lanset memanjang, helai daun 3-8, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 20-40 cm, lebar 8-12,5 cm, pertulangan menyirip, hijau pucat.
  • Bunga: Majemuk, berambut, bersisik, tangkai panjang 16-40 cm, mahkota panjang ± 3 cm, lebar ± 1,5 cm, kuning, kelopak silindris, bercangap tiga, tipis, ungu, pangkal daun pelindung pulih, ungu.Akar: Serabut, coklat muda (Depkes RI, 2002).

Manfaat tumbuhan

Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat adalah rimpang; untuk, antikoagulan, antiedemik, menurunkan tekanan darah, obat malaria, obat cacing, obat sakit perut, memperbanyak ASI, stimulan, mengobati keseleo, memar dan rematik. Kurkuminoid pada kunyit berkhasiat sebagai antihepatotoksik (Kiso et al., 1983) enthelmintik, antiedemik, analgesic. Selain itu kurkumin juga dapat berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan (Masuda et al., 1993). Menurut Supriadi, kurkumin juga berkhasiat mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung karena dinding empedu dirangsang lebih giat untuk mengeluarkan cairan pemecah lemak. Minyak atsiri pada kunyit dapat bermanfaat untuk mengurangi gerakan usus yang kuat sehingga mampu mengobati diare. Selain itu, juga bisa digunakan untuk meredakan batuk dan antikejang.

Kurkumin

Curcumin (1,7-bis(4′ hidroksi-3 metoksifenil)-1,6 heptadien, 3,5-dion merupakan komponen penting dari Curcuma longa Linn. yang memberikan warna kuning yang khas (Jaruga et al., 1998 dan Pan et al., 1999). Curcumintermasuk golongan senyawa polifenol dengan struktur kimia mirip asam ferulat yang banyak digunakan sebagai penguat rasa pada industri makanan (Pan et al., 1999).

Serbuk kering rhizome (turmerik) mengandung 3-5%Curcumin dan dua senyawa derivatnya dalam jumlah yang kecil yaitu desmetoksi kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin, yang ketiganya sering disebut sebagai kurkuminoid (Tonessen dan Karlsen, 1995).Curcumin tidak larut dalam air tetapi larut dalam etanol atau dimetilsulfoksida (DMSO). Degradasi Curcumintergantung pada pH dan berlangsung lebih cepat pada kondisi netral-basa (Aggarwal et al., 2003).

Curcumin dapat mengganggu siklus sel kanker paru A549 dan menekan pertumbuhan sel. Efek penekanan tergantung pada konsentrasi. Efek tidak hanya bergantung dari sitotoksik nonspesifik, tetapi juga dari induksi apoptosis (Zhang, et al., 2004).

Aktivitas antikanker Curcumin telah banyak diteliti menggunakan berbagai pendekatan pada berbagai jenis kanker baik secara in vitro maupun in vivo. Curcumin dapat dikembangkan sebagai obat antikanker yang poten. Aktivitas antikanker Curcumin dikaitkan dengan kemampuannya sebagai penghambat COX maupun pada jalur signaling sel, baik melalui pemacuan apoptosis maupun cell cycle arrest dengan mempengaruhi produk gen penekan tumor maupun onkogen (Meiyanto, 1999). Selain itu, dikaitkan juga dengan kemampuannya sebagai antioksidan, penghambatan karsinogenesis, penghambatan proliferasi sel, antiestrogen, dan antiangiogenesis.

Penyakit Yang Dapat Diobati dengan Kunyit:

Sejak 2500 tahun lalu, orang orang india telah memanfaatkan kunyit, awal mulanya kunyit hanya diketahui sebagai bahan pewarna. Namun lambat laun diketahui bahwa kunyit mamiliki manfaat terhadap kesehatan.

Kunyit dapat mengobati beragam penyakit seperti diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Amandel dan Memperlancar ASI.

kunyit dapat mengatasi penyakit Alzheimer

yaitu sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua dimana kondisi fisik otaknya mulai menurun. Namun kondisi tersebut dapat diperlambat dengan mengkonsumsi kunyit dalam bentuk bumbu kare.

Hasil kesimpulan para peneliti yang dilaporkan dalam American Journal of Epidemiologi Edisi 1 November 2006, menyebutkan bahwa bumbu kare sangat berpotensi mencegah penyakit alzheimer karena dilihat dari kemanjurannya dan tidak beracun. Hasil ini merupakan bukti pertama yang menunjukkan adanya keterkaitan antara konsumsi kare dengan kemampuan kognitif otak.

Rahasia keampuhan kunyit sebagai obat penyakit alzheimer, terletak pada zat pewarna kuning (kurkumin) yang terdapat di dalam rimpang kunyit yang digunakan dalam membuat bumbu kare tersebut. Kurkumin pada kunyit memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengobati berbagai jenis penyakit karena senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter, antioksidan, anti mikroba, anti radang dan anti virus. Selain itu kurkumin pada kunyit ternyata juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit adalah kurkumin (sejenis senyawa polifenol) dan minyak atsiri. Kurkumin adalah senyawa aktif pada kunyit, yang terdapat dalam dua bentuk tautomer, yakni bentuk keto pada fase padat dan bentuk enol pada fase larutan.

Penelitian pada tahun 2004 di University of California menunjukkan bahwa kurkumin dapat menghambat penumpukan senyawa beta amiloid yang merusak pada otak penderita penyakit Alzheimer’s dan juga menguraikan plak-plak yang telah ada sebelumnya. Diketahui pula bahwa kurkumin merupakan senyawa penghambat MAO-A (monoamin oksidase) yang kuat pada dosis di atas 150 mg/kg. Khasiat penghambatan terhadap MAO-B ialah pada dosis di atas 550 mg/kg.

kunyit dapat mengatasi penyakit Lambung

Sekelompok ilmuwan senior di Indian Institute of Chemical Biology (IICB), India, menyebutkan bahwa mengonsumsi kunyit sangat efektif untuk mengurangi peradangan lambung dan ulserasi, yang diketahui sebagai luka terbuka pada lambung.

Selain memiliki sifat antiseptik, rempah yang juga sering dijadikan sebagai pewarna alami makanan ini merupakan komponen utama yang memiliki efek teraupetik atau terapi pengobatan.

Snehasikta Swarnakar, ilmuwan senior yang juga menjadi pemimpin dalam penelitian tersebut menyatakan, Kunyit telah terbukti menjadi obat yang baik untuk penyakit lambung seperti peradangan dan ulserasi. Ia juga menyebutkan bahwa kunyit hanya akan efektif dalam dosis sedang.

Ulserasi dan peradangan lambung, lanjut dia, terjadi sebagai efek samping dari stres atau penggunaan obat penghilang rasa sakit yang tidak tepat. Untuk menguji dosis penggunaan kunyit, tim menguji percobaan tersebut terhadap tikus. Diketahui, untuk tikus, dosis yang tepat yakni sekita 50 mg per kg brat badan tikus, yang setara dengan 100 mg per kg berat badan pada manusia.

kunyit dapat mengatasi penyakit Jantung

Peneliti Thailand menyebutkan bahwa ekstrak kunyit mampu memberikan perlindungan terhadap jantung pasien yang baru saja mengalami operasi bypass.

Bharat Aggarwal, peneliti yang mempelajari penggunaan ekstrak kunyit dalam terapi kanker di MD Anderson Cancer di Houston Texas menyatakan bahwa cara pengobatan tersebut dikaitkan dengan perlindungan akan serangan jantung pasien.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr Wanwarang Wongcharoen dari Chiang Mai University mempelajari 121 pasien dengan operasi bypass di rumah sakit dalam kurun waktu selama dua tahun.

Setengah dari pasien diberi satu gram kapsul yang berisi ekstrak kunyit selama empat kali sehari. Para pasien mengonsumsinya tiga hari sebelum operasi dan berlanjut dalam lima hari sesudahnya. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pasien paska operasi bypass yang mengonsumsi ekstrak kunyit, terhindar dari risiko serangan jantung sebanyak 65 persen.

Para peneliti seperti yang dikutip dari Zeenews pada akhir pekan lalu menegaskan, bahwa penurunan risiko tersebut merupakan efek dari kandungan antioksidan sebagai anti-peradangan yang membantu dalam membatasi kerusakan jantung pada pasien paska operasi bypass.

kunyit dapat mengatasi penyakit Kanker Hati

Sebuah studi baru menemukan bahwa kunyit, rempah-rempah yang biasa digunakan untuk menambah rasa dan warna makanan, memberikan efek kemopreventif yang signifikan terhadap kanker hati.

Ketika kunyit diberikan kepada tikus dengan diethylnitrosamine (DEN) yang menyebabkan kanker hati, terjadi penghambatan proliferasi sel dan stimulasi apoptosis. Karsinoma hepatoseluler (HCC) atau kanker hati, adalah jenis kanker kelima yang paling umum dan penyebab utama ketiga kematian kanker di dunia.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mengandung zat antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi. Tim peneliti diberikan kunyit ke hewan percobaan dengan dosis 75mg/kg, 150 mg/kg, dan 300 mg/kg per hari selama dua minggu setelah injeksi DEN dan dilanjutkan selama 22 minggu.

Hasilnya menunjukkan kunyit secara signifikan mengurangi jumlah dan kejadian pembengkakan hati. Pada hewan yang menerima dosis tertinggi terjadi penghambatan pembengkakan hati secara signifikan.

"Temuan kami menunjukkan kunyit yang memberikan efek perlindungan antikanker dengan mendorong kematian sel (apoptosis), menghambat proliferasi sel kanker, dan mencegah peradangan," pungkas Prof Amr Amin dari Uni Emirat Arab University, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (23/8). Penelitian lebih rinci muncul dalam Hepatology edisi September 2011.

selain itu, inilah Manfaat Kunyit :

  1. Kunyit sebagai agen antiseptik dan antibakteri alami, berguna sebagai desinfektan luka biasa mau pun luka bakar.
  2. Jika dikombinasikan dengan kembang kol, Kunyit telah terbukti mencegah kanker prostat dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang ada.
  3. Mencegah kanker payudara dari menyebar ke paru-paru pada tikus.
  4. Kunyit mampu mencegah kanker kulit melanoma dan menyebabkan sel melanoma mati dengan sendirinya.
  5. Kunyit bermanfaat Mengurangi risiko leukimia.
  6. Kunyit bermanfaat sebagai pengeluar racun secara alami dari hati.
  7. Kunyit mampu mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan plak di otak amyloyd.
  8. Kunyit mampu mencegah metastasis dari terjadinya berbagai bentuk kanker.
  9. Kunyit bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi tetapi tanpa efek samping.
  10. Dapat memperlambat perkembangan multiple sclerosis.
  11. Kunyit bermanfaat sebagai obat penghilang rasa sakit alami.
  12. Dapat membantu dalam metabolisme lemak dan membantu dalam manajemen berat badan.
  13. Telah lama digunakan dalam pengobatan Cina sebagai pengobatan untuk depresi.
  14. Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk arthritis dan rheumatoid arthritis.
  15. Kunyit Mampu mengurangi efek samping pengobatan kemoterapi.
  16. Kunyit bermanfaat dalam pengobatan kanker pankreas. Namun hal ini masih dalam tahap penelitian.
  17. Studi sedang berlangsung dalam efek positif dari kunyit pada multiple myeloma.
  18. Penelitian menunjukan bahwa kunyit mampu menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor.
  19. Kunyit dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu dalam remodelling kulit rusak.
  20. Dapat membantu dalam pengobatan psoriasis dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan :

  • Kunyit mengandung antioksidan dan antiperadangan.
  • Kunyit dapat memperlambat penyebaran dan pertumbuhan tumor.
  • Kunyit dapat memperlancar sistem pencernaan.
  • Meringankan gejala rematik.
  • Membantu menyembuhkan luka.
  • Membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti koreng dan gatal-gatal.

Manfaat Kunyit bagi Kecantikan :

  • Dapat mencegah keputihan.
  • Memperlancar dan mengurangi rasa nyeri saat haid.
  • Menghaluskan kulit

Untuk mendapatkan manfaat kunyit, Anda bisa mengkonrumsinya dalam bentuk serbuk atau kapsul. Bisa juga dibuat minuman seperti jamu. Namun mengkonsumsi kunyit secara berlebihan ternyata dapat berdampak kurang baik pada hati.

Kunyit sebenarnya mempunyai puluhan khasiat bagi pengobatan tradisional.Dan ada beberapa khasiat yang cocok untuk semua orang,antara lain :

Kunyit dapat Mengobati Haid tidak lancar

Bahan: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok teh, biji pala, 1/2 genggam daun srigading.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring
Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.

Kunyit dapat Mengobati Perut mulas pada saat haid

Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm
Cara membuat: semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring.
Cara menggunakan:ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.
Sakit Keputihan
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa / aren
Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring
Cara menggunakan : diminum 1 gelas sehari

Kunyit Untuk Perawatan VAGINA

Menurut riset yang diadakan di Perusahaan Singapur, kunyit ternyata dapat dimanfaatkan dalam perawatan vagina. Menurut mereka, kunyit mengandung suatu zat yang dapat dipakai dalam perawatan vagina.

Kunyit Untuk PERAWATAN KULIT TUBUH

Kunyit dapat dijadikan lulur untuk merawat tubuh. Sediakan kunyit yang sudah dikupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Parut rimpang kunyit tsb,lalu campur dengan air. Biarkan mengendap dan ambil sari pati atau endapannya. Selain itu, sediakan pula pati beras, lalu campurkan pati kunyit dengan pati beras tadi. Selanjutnya oleskan keseluruh anggota badan secara merata. Ada baiknya saat menggunakan lulur ini adalah malam hari menjelang tidur dan esok paginya lulur dibersihkan ketika mandi.

Kunyit Untuk KETOMBE dan Masalah di Kulit Kepala

Secara alami kunyit dapat dipakai untuk merawat rambut, khususnya supaya rambut bebas ketombe. Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa sangat gatal. Untuk mengatasi ketombe ambil kunyit, kupas dan cuci bersih lalu tumbuk. Ambil sarinya dan gosokkan kekulit kepala sambil dipijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga sari kunyit meresap. Setelah itu, cuci bersih rambut dan kulit kepala sampai bersih. Lakukan beberapa kali sampai ketombe hilang.

Kunyit dapat memperbaiki masalah kulit kepala kering. Caranya adalah : Mencampurkan kunyit dengan minyak zaitun yang masih panas, lalu balurkan campuran ke atas kulit kepala yang telah dibasahkan sebelumnya. Urut pelan - pelan. Lalu bilas dengan shampoo mild.

Kunyit Untuk Perawatan JERAWAT

Kunyit ternyata juga dapat mengatasi masalah jerawat yang membandel di wajah. Perawatan Pasca Pra Pernikahan memang sudah terkenal sebagai perawatan tradisional untuk mendapatkan kulit lebih mulus dan bebas jerawat. Kita tidak perlu menunggu diri sampai menikah. Sekarang jika anda ingin mendapatkan wajah yang mulus, Anda dapat menggunakan kunyit sebagai bahan utama ramuan anda.

Rimpang kunyit sebesar ibu jari dicuci,dikupas lalu diiris-iris. Seduh dengan segelas air dan tambahkan 1 sdm gula pasir. Minum air seduhan kunyit tersebut dan barengi dengan makan tapai singkong. Lakukan setiap hari secara rutin hingga jerawat hilang. Cara menghilangkan jerawat, yaitu hanya dengan menghaluskan tiga hingga empat kunyit yang telah sedikit dicampur dengan susu dan minyak zaitun. Setelah tercampur rata, ramuan bisa diterapkan pada wajah. Diamkan selama 15 menit atau lebih, lalu bilas dengan air hangat.

Mengurangi kerutan di mata dan lingkar hitam mata panda
Kunyit ternyata juga mampu menghilangkan garis halus dan lingkar hitam pada mata anda. Cara cukup mudah, hanya dengan menghaluskan satu atau dua biji kunyit lalu tambahkan sedikit susu. Oleskan pada kulit sekitar mata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Kunyit Untuk Moisturizer Kulit

Kunyit juga ternya dapat membantu Anda dalam melembabkan dan menghaluskan kulit yang kasar. Caranya cukup mudah : Campur 1 putih telur dengan 2 tetes olive oil. lemon, dan air mawar. Lalu tambahkan dengan kunyit yang telah dihaluskan. Terapkan pada bagian tubuh yang kering seperti sikut, lutut, dan tumit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Kunyit dapat Mengobati Diabetes Mellitus

Bahan : 3 rampang kunyit, 1/2 sendok teh garam
Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan : diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

Kunyit dapat Mengobati Tifus/ tipes

bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.
Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas ai masak yang masih hangat dan disaring.
Cara menggunakan : diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut – turut

Kunyit dapat Mengobati Usus Buntu

Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa / aren, garam secukupnya
Cara membuat : kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring
Cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan secara teratur

Kunyit dapat Mengobati Disentri

Bahan : 1 – 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya.
Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingg tinggal 1 gelas kemudian disaring
Cara menggunakan : diminum dan diulangi sampai sembuh

Kunyit dapat mencegah panas dalam.

Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat. Lakukan terus, sampai panas dalam Anda hilang.

Kunyit dapat Mengobati Mencret

Caranya Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Campuran ditumbuk; ditambah air 115 ml dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml

Kunyit Untuk Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit.

Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.

Kunyit Untuk Mencegah radang mulut

rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan, bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan. Bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. Lakukan terus sampai rasa sakit hilang.

Kunyit Untuk mengatasi kaki bengkak,

kita dapat menggunakan salep kunyit dengan campuran minyak kelapa, ramuan ini juga dapat mengeluarkan cairan penyebab bengkak, khasiat kunyit untuk obat penyakit kulit dan radang hati dapat diperoleh dengan meremas-remas kunyit yang dicampur biji cengkeh dan bunga melati. Jika Anda memiliki keluhan dengan reumatik atau sakit bengkak, Anda dapat membuat obat luar dari akar kunyit yang diremas.

Kunyit Untuk Memperlancar ASI

Bahan: 1 rimpang kunyit
Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

Kunyit dapat Mengobati Cangkrang (Waterproken)

Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng,
Cara Membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.

Kunyit dapat Mengobati Amandel

Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu
Cara membuat: Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring.
Cara menggunakan:diminum secara rutin 2 hari sekali.

Kunyit dapat Mengobati Berak lendir

Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

Kunyit dapat Mengobati Morbili

Bahan: 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle
Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus
Cara menggunakan:dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak

Kunyit Untuk Menghilangkan bau amis saat menstruasi.

Ambil 1 jari kunyit kuning, cuci bersih iris tipis. Ambil asam Jawa 1/2 sendok teh. Campur kunyit dan asam dengan gula aren atau gula Jawa sesuai selera. Seduh dengan air satu gelas, saring, minum setelah makan siang. Lakukan selama Anda mengalami menstruasi.

Kunyit Untuk Mengurangi sakit maag.

Ambil 1 jari kunyit kuning, parut, peras, saring. Tambahkan 1/2 gelas air hangat dan madu sesuai selera. Minum setelah makan siang. Lakukan 7-10 hari.

Kunyit Untuk Menyembuhkan bronchitis atau batuk kronis.

Ambil 1 jari rimpang kunyit kuning iris tipis-tipis, 1 jari jahe iris tipis-tipis dan gula merah secukupnya. Rebus semuanya dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum sehari sekali setelah makan. Lakukan selama 5-7 hari. Jika belum sembuh, dapat diulang.

Kunyit Untuk Menyembuhkan usus buntu.

Ambil 1 rimpang kunyit, kupas dan parut, ambil airnya. Ambil 1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya. Campur air kunyit dan air jeruk nipis dengan sedikit garam, gula aren atau gula kelapa dan segelas air matang. Minum 1 hari sekali setelah makan. Lakukan 5-7 hari, dapat diulang.

Kunyit Untuk Menyembuhkan amandel.

Ambil 1 rimpang kunyit kuning, 1 buah jeruk nipis, 2 sendok makan madu. Kupas dan parut kunyit kuning. Peras jeruk nipis ambil airnya. Campur air kunyit, air jeruk nipis, madu dengan 1/2 gelas air matang. Minum sehari sekali. Lakukan selama 7 hari, dapat diulang.

Kunyit Untuk Menghambat pertumbuhan tumor dan menghambat sel kanker.

Ambil kunyit putih (curcuma zedoaria) 2 jari tangan. Ambil 10 lembar sambiloto dan 5 iris mahkota dewa. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tinggal 1,5 gelas. Minumlah pagi dan malam setelah makan. Lakukan selama 7-10 hari. Dapat diulang. Sebaiknya Anda pantang makan daging merah (kambing dan sapi), seafood, dan mengurangi makan telor agar hasilnya lebih maksimal dan sesuai harapan.

Kunyit dapat Mengobati diare

Ambil temu putih sebanyak 5-7 butir, cuci, parut. Minum air temu putih sehari sekali setelah makan. Lakukan selama 3-5 har

Banyak orang khawatir tentang berbagai masalah kulit, dan kunyit adalah solusi sempurna untuk semua masalah kulit. Sebuah diskusi yang lebih rinci berikut berikutnya, yang merangkum manfaat kosmetik bubuk kunyit

Bagaimana Kunyit Membantu Kulit

Stres, polusi, dan kebiasaan makan yang buruk, semuanya mempengaruhi kulit dengan cara yang negatif. Jerawat, tanda dan bintik-bintik usia semua menjadi begitu umum. Orang sering resor untuk menggunakan produk komersial, prosedur kosmetik, atau make-up tebal, untuk menyembunyikan tanda-tanda di kulit wajah.

Tetapi hanya memberikan produk luar dan sementara keindahan. Untuk kulit cantik alami, orang harus memilih solusi perawatan kulit alami. Dan kunyit adalah bahan harus dimiliki dalam rezim perawatan kulit alami. Untuk manfaat kulit, kunyit dapat digunakan baik secara internal maupun topikal. Misalkan untuk :

  • Jerawat: Jerawat adalah masalah wajah universal. Bakteri dan kotoran tersumbat dalam pori-pori kulit, dan pecah dalam bentuk jerawat. Kunyit membantu menyembuhkan jerawat dan membantu menjaga kulit yang jelas. Ini juga mengontrol sebum yang menyebabkan jerawat, menyebabkan pengurangan jerawat.
  • Pigmentasi: Perubahan hormonal, lebih dari paparan sinar matahari, dan tubuh memproduksi melanin terlalu banyak, adalah beberapa alasan yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Konsistensi penggunaan kunyit membantu mengurangi pigmentasi. Memar: Anak-anak lebih rentan terhadap memar dan luka kecil. Hanya menerapkan bubuk kunyit pada luka kecil seperti membantu dalam penyembuhan lebih cepat dari luka-luka. Kulit bercahaya: Biasa menggunakan kunyit mencerahkan warna kulit, dan memberikan cahaya untuk wajah.
  • Menghapus tanda: Kunyit juga membantu dalam penyembuhan lebih cepat dan kilat dari membakar tanda.
  • Luka codet: Codetan terutama mengganggu wajah Anda yang caem caem. Penerapan kunyit pada codetan akan membantu menghapus codetan hingga batas tertentu.
  • Melembabkan: Kunyit merupakan bahan yang sangat baik untuk membantu kulit melawan kering. Terapkan dengan susu untuk melembabkan kulit kering
  • Kulit yang jelas: Pijat kunyit dicampur dengan krim susu pada kulit membantu mengurangi rambut di kulit.
  • Kulit Penyakit: penggunaan Konsisten kunyit dapat membantu dalam memerangi gangguan kulit yang serius seperti psoriasis, eksim, ruam merah pada kulit, dan menandai akibat cacar air dan cacar.
  • Penuaan: terakhir namun tidak sedikit. Kunyit membantu menunda penuaan, antioksidan di dalamnya memainkan peran kunci dalam memerangi penuaan.


Memanjakan wajah yang lelah karena riasan hingga polusi, kenapa tidak? 
Misalnya saja, facial kunyit (Turmeric) yang memiliki banyak manfaat bagi wajah. 
Aroma yang unik, dipercaya bisa menghilangkan stres, lho!
Step By Step:

  1. Bersihkan Wajah, Sebelum memulai perawatan, bersihkan dulu wajah (termasuk area mata) dari debu, kotoran, atau make-up yang menempel.
  2. Teh Hijau, Agar bersihnya wajah lebih sempurna, oleskan scrub teh hijau. Kotoran pun langsung terangkat, segarnya langsung terasa.
  3. Air Hangat, Setelah itu, wajah diuapkan untuk membuka pori-pori kulit, sehingga di proses facial nanti wajah lebih mudah dibersihkan. Selain itu, penguapan juga bagus untuk melancarkan peredaran darah sehingga jaringan kulit baru akan lebih cepat terbentuk dan kulit pun sehat lembap.
  4. Angkat Komedo, Kotoran sering sekali menempel di pori-pori kulit dan tidak terjangkau jika dibersihkan lewat cleanser saja. Jadi, proses selanjutnya adalah mengangkat komedo yang ada di wajah, terutama hidung dan dagu.
  5. Hight frequency, Tahap selanjutnya adalah penggunaan High Frequency Facial Machine untuk menghilangkan noda kemerahan pada wajah yang telah diangkat komedonya.
  6. Pijat, Wajah diberi pijatan, untuk melancarkan sirkulasi darah di wajah sekaligus relaksasi.
  7. Aplikasi Serum, Kemudian, wajah diberi serum yang berfungsi untuk menumbuhkan sel kulit baru.
  8. Masker Kunyit, Ini merupakan step terpenting pada Turmeric Facial. Menggunakan kunyit, wajah dibantu untuk bisa memerangi jerawat. Pengolesan masker ini harus tebal, kalau tidak, masker akan mudah retak. Setelah mengering, masker diangkat pelan-pelan.
  9. Bersihkan Kembali, Wajah dibersihkan lagi untuk mengangkat sisa-sisa masker yang masih tersisa.
  10. Krim, Berikan krim wajah untuk menghindari terik sinar matahari apabila melakukan perawatan di pada siang hari, atau krim malam jika dilakukan malam hari.

Cara Membuat Ramuan Jamu untuk Kulit

Ada banyak cara membuat jamu kunyit yang dapat anda gunakan. Anda dapat menambahkan satu sendok teh setiap kunyit dan gula dalam susu panas, aduk dengan baik, dan kemudian meneguk ke bawah.
Minum susu setiap hari ini akan menyimpan semua masalah kulit di teluk. Secara eksternal, cara terbaik untuk menggunakan kunyit membuat jamu campur untuk luluran. Resepnya mudah - campuran kunyit dengan tepung buncis, dan air. Ambil alokasi kunyit dan tepung buncis (kunyit harus seperempat dari tepung buncis), dan tambahkan air untuk membentuk pasta kental.
Terapkan pasta ini di seluruh daerah kulit yang terkena, dan biarkan tetap selama setidaknya 10 menit. Gosokkan itu dari wajah lembut dan kemudian percikan air di wajah. Anda akan mengalami kulit kenyal dan lembut.
Untuk kulit kering, gunakan prosedur yang sama, namun, bukannya susu menggunakan air atau krim susu. Untuk menghilangkan luka bakar matahari dan penyamakan pada kulit, gunakan prosedur yang sama yang disebutkan di atas. Plus ada manfaat bubuk kunyit kering pada luka memar segar dan membantu dalam penyembuhan lebih cepat.

Manfaat kunyit untuk kesehatan kulit wajah - cara membuatnya yaitu 

Campurlah bubuk kunyit dengan sedikit air perasan mentimun atau perasan jeruk lemon Setelah tercampur merata kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat flek atau bintik bintik hitam
Diamkanlah selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin
Lakukan hal ini setiap hari

Manfaat Kunyit untuk tubuh

Bubuk kunyit juga bisa Anda manfaatkan dan berfungsi sebagai scrub tubuh. Para wanita India seringkali menjadikan bubuk kunyit sebagai solusi untuk pencerah kulit. Biasanya mereka melakukan scrubbing dengan menggunakan bubuk kunyit ini sebelum menikah supaya membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah.
Cara membuatnya :
Campurkan bubuk kunyit dengan 5 tetes minyak zaitun dan air secukupnya Lakukan scrubbing kunyit satu kali dalam seminggu untuk hasil maksimal Cara di atas adalah cara menghilangkan bintik hitam pada wajah yang biasa di sebabkan oleh jerawat
Kunyit juga bisa untuk mengencangkan kulit kendur anda, jadi tidak perlu khawatir karena Manfaat kunyit untuk kulit sangat berkhasiat, jadi anda tinggal melakukan terapi tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat effektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.
Cara sederhana adalah :

  1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
  2. Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
  3. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  4. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
  5. Saring dan Peras
  6. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
  7. Tambahkan gula atau madu
  8. Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)

Ramuan diatas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.

Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena ada kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan terutama obat pengawet dan pewarna.

Perlu diingat :
Meskipun mengkonsumsi rutin bumbu kare, dapat menurunkan resiko serangan penyakit Alzheimer, namun penggunaan yang berlebihan bagi orang lanjut usia dapat menimbulkan efek sakit perut, gangguan hati atau ginjal. Demikianlah sedikit dari saya mengenai khasiat kunyit bagi kesehatan. semoga berguna

3 comments:

Abdul Muiz said...

banyak juga ya penjelasan tentang manfaat kunyit

NASI KUNING SEMARANG 0858.6507.9257 said...

wah baru tahu ane www.madu.biz

Unknown said...

Bahasa sunda kunyit itu KONENG bukan kunyir.