Google+

Tuesday, November 20, 2012

Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat dengan cara Natural

Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat dengan cara Natural

Sakit kepala adalah penyakit umum yang dialami banyak orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Sakit kepala memang sering menyerang kita kapan saja dimana saja tanpa ada alasan tertentu, biasanya orang yang suka sakit kepala itu adalah orang-orang yang sering bekerja terlalu keras, depresi, banyak pikiran, atau sering memakan-makanan yang kurang sehat. Rasa sakit kepala biasanya bisa dirasakan di kepala, leher belakang, atau punggung bagian atas. Dan kebanyakan orang sering menyepelekan penyakit ini.

Meskipun tergolong sepele, tak bisa dipungkiri bahwa sakit kepala sangat mengganggu aktivitas. Untuk itulah, anda perlu segera mengobati sakit kepala anda dan jangan meremehkannya. Lebih cepat sembuh akan lebih baik.

Berbagai cara orang lakukan untuk menyembuhkan sakit kepala, termasuk memakan obat-obatan, tanpa memperhatikan efek tertentu dari obat tersebut. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya tanpa mengandalkan obat-obatan.

Berikut cara meredakan sakit kepala tanpa mengonsumsi obat:

Refleksi tangan

Metode ini digunakan untuk mereka yang menderita gangguan sakit kepala seperti migrain. Caranya, mulai dari satu sisi tangan, dengan menggunakan tangan lain, lakukan tekanan lembut pada ujung-ujung jari. Lakukan pemijatan mulai dari ujung ibu jari lalu ke jari lainnya.

Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok bagian belakang leher, pelipis, kulit kepala dan bahu. Rasa sesak di daerah ini bisa menyebabkan sakit kepala yang Anda alami. Untuk hasil maksimal, Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk memijat Anda.

Padamkan lampu

Saat sakit kepala, kadang cahaya lampu justu membuat Anda tak nyaman. Cobalah untuk memadamkan lampu, kemudian baringkan badan di tempat tidur sambil pejamkan mata.

Minum Kopi

Diam-diam kafein yang terdapat dalam kopi memiliki manfaat positif. Yaitu, dapat membantu mengatasi rasa sakit kepala dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Terapi Panas atau Dingin

Sensasi panas atau dingin cocok bagi jenis sakit kepala yang sifatnya ringan (bukan migren). Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menempelkan kompres panas atau dingin (sekarang tersedia eceran dalam kemasan praktis dan bisa dibeli di apotek) di bagian yang terasa sakit, lalu biarkan selama 15 menit.

"Pilihan kompres panas atau dingin itu tergantung pada preferensi Anda," kata Jason Rosenberg, MD, direktur Johns Hopkins Headache Center, Bayview, Baltimore. Para ahli masih belum menemukan mengapa terapi ini bisa efektif, namun diduga kompres dingin dapat memperlambat aliran darah dan mengurangi inflamasi. Sementara, kompres panas meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri.

Tidur

Cara ini bisa memberikan fase istirahat dari rasa sakit di kepala Anda. Saat Anda bangun, Anda menemukan bahwa ketidaknyamanan itu telah berkurang. Tidur biasanya sangat membantu untuk migrain. Cari tempat tenang untuk berbaring dan matikan lampu. Jika Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk beristirahat dengan tenang.

Teknik relaksasi

Stres dan kecemasan bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Namun dengan latihan relaksasi bisa meringankan hal itu. Cobalah salah satu dari teknik relaksasi ini untuk menghilangkan sakit kepala Anda.

  • Berbarinnglah terlentang di ruang yang gelap dan tenang. Tegangkan otot-otot di kaki, setelah itu biarkan riles. Lakukan hal yang sama untuk kaki bagian bawah dan paha. Pindahkan semua cara itu ke tubuh Anda, tegangkan dan rilekskan.
  • Anda duduk atau berbaring dalam posisi nyaman, setelah itu tutup mata dan bayangkan diri Anda sedang berada di lingkungan yang menenangkan, seperti padang rumput yang hangat atau pantai yang sepi. Bayangkan angin menerpa kulit Anda dan baunya di sekitar Anda. Meskipun Anda berimajinasi, tarik nafas dalam-dalam dan rasakan udara yang keluar masuk tubuh Anda.

Kentang

Kentang disini dikhususkan untuk obat sakit kepala karena mabuk. Sakit kepala yang timbul akibat mabuk sering disebabkan oleh dehidrasi. Namun disamping itu penyebab lainnya adalah hilangnya elektrolit seperti kalium dalam tubuh.

Kentang sebagai obat sakit kepala alami mengandung kalium 100 gram. Itu sebabnya kentang bisa meringankan sakit kepala anda.

Semangka

Secara umum, penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi sehingga obat sakit kepala alami yang dirasa ampuh adalah banyak minum air dan mengkonsumsi makanan atau buah yang kaya air, seperti semangka ini.

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan potasium dan magnesium. Fungsi dari magnesium sendiri adalah meringankan migrain dan sakit kepala yang diakibatkan oleh stres. Jadi sangat tepat jika anda memasukkan buah pisang sebagai salah satu obat sakit kepala anda.

Biji-Biji Serelia Utuh (whole grain)

Saat anda sedang melakukkan diet karbohidrat anda akan mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan diet karbohidrat menguras glikogen, sumber energi utama untuk otak. Dehidrasi yang terjadi bersamaan dengan kekurangan energi bisa menimbulkan sakit kepala.

Untuk itulah anda membutuhkan obat sakit kepala alami yang satu ini. Mengkonsumsi biji-bijian seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal akan mengusir rasa sakit kepala yang ada. Tapi tidak hanya itu, obat sakit kepala ini juga akan meningkatkan mood anda.

Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel sangat bermanfaat sebagai obat sakit kepala migrain karena banyak mengandung asam lemak esensial, omega-3. Asam lemak omega-3 dapat menghambat peradangan yang sering menimbulkan migrain (sakit kepala sebelah).

Jika anda tidak bisa mengkonsumsi ikan-ikan diatas. Anda bisa menemukan obat sakit kepala alternatif, yaitu suplemen minyak ikan. Untuk menambah kandungan omega3 pada minyak ikan, makan bersamaan dengan obat sakit kepala yang lain seperti biji rami, walnut, tahu, dan kacang kedelai.

Biji Wijen

Biji wijen juga adalah obat sakit kepala migrain yang ampuh. Biji wijen memiliki kandungan magnesium sehingga bermanfaat untuk mencegah sakit kepala. Selain itu, biji wijen juga kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar esterogen dan mencegah migrain selama periode Anda.

Minum air Putih

Saat sakit kepala menyerang, jangan terburu-buru mencari obat sakit kepala. Cobalah redakan dengan minum segelas air putih. Konsumsi air putih secara teratur terbukti mengurangi keparahan sakit kepala dan migren.

Para ilmuwan menemukan, meminum air putih sekitar tujuh gelas setiap hari sudah cukup untuk menyingkirkan rasa nyeri dan meningkatkan kenyamanan pasien yang sering didera sakit kepala.

Hal itu dibuktikan lewat penelitian di Belanda tahun 2005 yang menunjukkan bahwa pasien gangguan kandung kemih yang disarankan untuk minum cukup air putih mengaku migren mereka lebih ringan.

Dr.Mark Spigt, ketua peneliti dan timnya, merekrut 100 pasien yang secara rutin menderita sakit kepala ringan sampai berat. Kemudian mereka diminta melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa nyeri kepala, antara lain dengan meningkatkan kualitas tidur, menghindari kafein, dan mengurangi stres.

Tetapi separuh responden diminta untuk minum 1,5 liter air putih setiap hari selama tiga bulan.

Pada akhir penelitian, seluruh pasien diminta menjawab kuesioner Migraine-Specific Quality of Life Index untuk mengetahui bagaimana kondisi mereka. Hasilnya, pasien yang minum air putih lebih banyak dari biasanya mengalami perbaikan yang signifikan.

"Kami menduga pasien sakit kepala mendapatkan manfaat dari konsumsi air putih dan tampaknya masuk akal untuk merekomendasikan mereka minum air putih dalam jangka waktu tertentu agar sakitnya reda," kata peneliti.

Kendati begitu, menurut Dr.Fayyaz Ahmed dari Migraine Trust, manfaat dari minum air putih yang dirasakan pasien itu bisa jadi adalah efek plasebo. Tetapi ia mengatakan bahwa konsumsi air putih secara teratur menyehatkan dan membuat perasaan lebih nyaman.