Google+

Thursday, March 28, 2013

Teknik Pemeriksaan Dental Radiography

Teknik Pemeriksaan Dental Radiography

Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, keahlian di bidang pemeriksaan dental radiography sangatlah diperlukan, karena merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh saat "koas" demi memperoleh gelar "dokter gigi (drg)". untuk itu berikut sekilas akan dijelaskan tentang Teknik Pemeriksaan Dental Radiography. silahkan simak berikut ini:

Anatomi dan Fisiologi Gigi

Jumlah gigi manusia dewasa = 32 buah, terdiri dari 16 buah pada tiap-tiap rahang, yaitu :
  • 2 buah Insisivus
  • 1 buah caninus
  • 2 buah premolar
  • 3 buah molar
Semuanya pada sisi kanan dan kiri.

Gigi berfungsi sebagai :
  1. Mengunyah makanan secara mekanis
  2. Membantu memperjelas bunyi vokal
  3. Sebagai keindahan (estetika)

TEKNIK RADIOGRAFI UNTUK DENTAL RADIOGRAPHY

Film yang digunakan adalah film khusus untuk dental radiography, yang merupakan single emulsi. Untuk mempermudah positioning film dental, biasanya digunakan sebuah alat yang disebut "Bitewing"
Dan sudut proyeksi yang diberikan pada setiap objek berbeda-beda tergantung objek apa yg diperiksa (apakah rahang atas atau bawah).
Gambar berbagai proyeksi pada dental radiography :

PANORAMIC

Panoramic digunakan untuk melihat gigi secara keseluruhan. Keuntungan panoramic adalah bisa melihat keseluruhan gigi hanya dengan satu kali pemeriksaan. Tetapi kerugian panoramic adalah radiasi yang diterima pasien lebih lama jika dibandingkan dengan dental radiography biasa.
Gambar teknik radiografi Panoramic

OCLUSAL FILM RADIOGRAPHY

Oclusal film radiography adalah sebuah teknik radiography yang memanfaatkan film occlusal untuk mendapatkan gambaran organ yang berada dalam mulut selain gigi misalnya seperti maxilla dan mandibula. Film occlusal sama seperti film dental (single emulsi) hanya ukurannya lebih besar dari film dental.
maxilla
Mandibula

MANFAAT PEMERIKSAAN DENTAL RADIOGRAPHY

Pasien yang mengalami gangguan pada giginya tentu harus menjalani pemeriksaan, perawatan atau bahkan operasi pada giginya. Supaya penanganan atas gangguan pada gigi tersebut bisa tepat maka sebelum dilakukan tindakan sebaiknya dilakukan pemeriksaan dental radiography. 

BEBERAPA INDIKASI YANG BIASA TERDAPAT PADA PEMERIKSAAN "DENTAL RADIOGRAPHY" ATAUPUN "PANORAMIC"

Impacted
Impacted atau impaksi merupakan gangguan yang terjadi pada gigi dimana gigi yang baru tumbuh mendesak gigi di depannya yang sudah lebih dahulu tumbuh. Impaksi biasanya terjadi pada molar 3 yang mendesak molar 2. Ini biasanya terjadi karena pasien memiliki mandibula yang pendek sehingga molar 3 tidak mendapat cukup tempat untuk tumbuh.
Caries Dentis
Caries dentis dalam bahasa umumnya adalah gigi berlubang. Caries ini biasa terjadi akibat pengeroposan pada gigi yang penyebabnya banyak hal, bisa karena sisa makanan yang tertinggal, bakteri, dll.
Cystisis
Cystisis adalah sebuah kelainan dimana bagian mandibula yang menjadi tempat untuk radix (akar) gigi mengalami kekosongan.
Susunan Gigi Yang Tidak Rata
Susunan gigi seharusnya tumbuh secara rata. Tetapi banyak juga orang yang memiliki susunan gigi yang tidak rata. Ini kebanyakan merupakan bawaan sejak lahir, tetapi ada juga yang diakibatkan karena kebiasaan makan saat kecil atau juga karena kecelakaan.
perubahan pada susunan gigi yang tidak rata menjadi rata setelah perawatan
Demikianlah sekilas tentang Teknik Pemeriksaan Dental Radiography, semoga bermanfaat.

2 comments:

Unknown said...

Asma Maharaja dibagi 2 yaitu Asma Maharaja Penyembuhan dan Asma Maharaja Pesugihan Islami. dengan Mengikuti Program guru Asma Maharaja Anda dapat Menyembuhkan segala macam penyakit Baik Medis maupun Nonmedis. Asma Maharaja adalah Salah satu ilmu Andalan Guru besar Pengobatan Alternatif yang sudah terkenal dalam dunia pengobatan yaitu Ustad Haryono. selain itu Asma Maharaja juga Sangat Ampuh Menyelesaikan Masalah Kerejekian, Hutang dan Tarik Kekayaan (Syarat : Sekecil Apapun harus punya Usaha atau Pekerjaan, Apabila tidak Punya Pekerjaan Insya Allah dalam waktu dekat akan mendapat Pekerjaan) kunjungi www.mbahpartok.com

Unknown said...

Hello everyone we will show the latest news TELENOVELAS VIDEO and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. This web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.
A que no me dejas
Amor de barrio
Amor de madre
Amor Secreto
Amores con Trampa
Así en el Barrio como en el Cielo
Babilônia
Bajo el mismo cielo
Buscando a María
Caminos de Guanajuato
Diomedes, el Cacique de La Junta
Dueños del Paraíso
Dulce Amor
Entre Caníbales
Entre tu amor y mi amor
Tips Manfaat dan Khasiat