Google+

Friday, March 25, 2011

Menghitamkan Rambut dan Hilangkan Ketombe

Menghitamkan Rambut dan Hilangkan Ketombe

Bahan:
1 genggam biji pepaya tua (Carica papaya L.)

Khasiat:
Biji pepaya yang mengandung glucoside cacirin dan karpain diketahui bermanfaat untuk menghitamkan rambut.


Cara pembuatan:
Biji pepaya disangrai sampai kering lalu tumbuk hingga halus. Peras dan saring. Saat akan dipakai beri sedikit air, lalu oleskan ke rambut sambil dipijat-pijat. Biarkan sampai kering, lalu keramas.

MELAWAN KETOMBE
CARA I

Bahan:
1 genggam merang

Khasiat:
Padi yang mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B, merangnya sejak dulu digunakan sebagai obat untuk keramas dan dapat menghilangkan ketombe dan perawatan kulit kepala.

Cara membuat:
Merang dibakar lalu direndam dalam 1 liter air. Embunkan rendaman ini semalam suntuk. Lalu saring dan gunakan pada pagi hari untuk keramas (tidak perlu menggunakan sampo lagi).

CARA II

Bahan:
1 Buah kelapa (Cocos nucifera L.)

Khasiat:
Buah kelapa tua yang mengandung lemak, karbohidrat, protein, vitamin B, dan C, diketahui dapat membantu menghilangkan ketombe yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin. Selain itu, santan dapat melemaskan rambut hingga mudah disisir.

Cara membuat:
Kelapa diparut lalu diberi air secukupnya dan diperas hingga keluar santannya. Santan lalu dimasak sampai keluar minyak dan minyaknya berpisah dengan endapannya. Saring dan ambil minyaknya. Minyak kelapa ini setelah dingin dioleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, keramas rambut dengan sampo.

No comments: