Google+

Saturday, May 19, 2012

Khasiat dan manfaat buah markisa


Buah Markisa bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi merupakan buah asli dari Amerika Latin. tanaman yang berasal dari Luar Negeri Amerika Selatan yaitu Negara Brasil, yang menyebar sampai ke Indonesia. Di negara asalnya Markisa tumbuh liar dihutan-hutan basah yang mempunyai ratusan Species Passiflora.

Namun, buah markisa sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Manfaat buah markisa bagi kesehatan manusia sudah tidak diragukan lagi, dan inilah yang menjadikan buah markisa memiliki nilai komersial yang tinggi.


khasiat dan manfaat buah markisa memang sangat banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya dan manfaat buah markisa yang berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti-kejang, kolitis, penenang, dan antiradang. Gangguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini. Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare, dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur).

Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid.

Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain: energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat.


kulit buah markisa merupakan sumber energy yang potensial untuk nutrisi ternak kambing. Komposisi nutrisi lebih baik di bandingkan dengan dedak halus, sehingga dapat mensubstitusi penggunaan dedak dalam ransum.

Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Spermathopyta
  • Ordo: Malpighiales
  • Famili: Passifloraceae
  • Genus: Passiflora
  • Spesies:  Passiflora edulis


Nutrisi
Komposisi
Bahan Kering
67%
Bahan Organik
75%
Abu
24,1%
Protein Kasar
16%
NDF
54,5%
ADF
44,2%
Energi Kasar
6469 Kkal/kgBK
Energi Cerna
3325Kkal/kgBK

Di Indonesia terdapat 4 (empat) jenis Markisa yang dibudidayakan :
  1. Markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis)
  2. Markisa Konyal (Passiflora lingularis
  3. Markisa Kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa).
  4. Markisa Erbis ( Passiflora quadrangularis).
Markisa ungu ini banyak dikembangkan di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 800 – 1.500 m diatas permukaan laut. Tanaman markisa diperbanyak dengan stek dan teknik sambungan. Sistem rambatan yang dianjurkan adalah dengan tanaman hidup termasuk pucuk bambu tanpa menggunakan kawat.

Buah markisa dapat dimakan dalam keadaan segar, tetapi kebanyakan daging buahnya diekstrak dan diawetkan melalui cara pemanasan atau pendinginan. Sari buah markisa memiliki aroma yang khas dan keras, rasanya asam, dapat dijadikan konsentrat alami. Jika ditambah pemanis (gula) dan diencerkan maka rasanya akan sangat enak dan cocok untuk dicampur dengan sari buah lainnya. Produk olahan yang khas adalah es krim, serbat, nentar, sari buah, konsentrat, squash, selai, dan jeli.

Dari hasil penelitian laboratorium, markisa mengandung vitamin C dosis tinggi dan antioksidan. Passiflorance yang banyak terkandung dalam buah markisa berkhasiat untuk menentramkan urat syaraf, Buah markisa juga sebagai sumber beberapa vitamin khususnya vitamin C dan vitamin A. Di samping itu manfaat buah markisa bagi kesehatan antara lain untuk menyembuhkan badan lemah setelah sakit, kehilangan napsu makan, anemia disertai bibir pucat, terasa dingin pada anggota badan dan pusing, kurang susu setelah melahirkan, serta memulihkan kondisi tubuh setelah pengobatan khususnya yang disebabkan oleh parasit pada anak.


khasiat dan manfaat buah markisa untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.

Buah markisa kaya vitamin-vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan system syaraf. Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan 1 buah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah. 


Ada 7 khasiat dan manfaat buah markisa bagi kesehatan yaitu :

  1. Buah Markisa Kaya akan Serat; Buah markisa memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah markisa pun bisa dimakan karena mengandung serat. Buah markisa juga bisa dijadikan pencahar ringan.
  2. Buah Markisa Kaya Antioksidan; Warna-warna kulit buah markisa yang ungu serta warna daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah markisa kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah markisa adalah beta-karoten.
  3. Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma; Bagi Anda penderita asma, buah markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, buah markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.
  4. Buah Markisa Memiliki Efek Relaksasi; Minum segelas jus buah markisa dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang. Buah markisa sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.
  5. Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Insomia; Buah Markisa memiliki efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan pirikan anda. Hal ini sangat membantu penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur nyenyak. Segelas jus buah markisasebelum tidur bisa anda minum untuk memperlancar tidur anda.
  6. Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik; Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.
  7. Buah Markisa sangat baik Dikonsumsi Orang yang Sedang Diet; Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan buah markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan buah markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100g. Buah markisa juga rendah sodium dan lemak.Buah markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.


Selain itu khasiat dan manfaat buah markisa lainnya adalah :
  1. Menangkal kanker
  2. Mengatasi insomnia
  3. Mengatasi batuk
  4. Anti alergi
  5. Menenangkan anak hiperaktif
  6. Melancarkan ASI
  7. Menjaga kecantikan wajah
  8. Menurunkan kolesterol
  9. Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan
  10. Melancarkan peredaran darah
  11. Anti peradangan
  12. Penurun panas (anti piretik)
  13. Mencegah hipertensi
  14. Penghilang nyeri (analgesik)
  15. Antiseptik
  16. Penghilang kerut pada wajah
  17. Menjaga kebugaran tubuh
  18. Antibodi


3 comments:

Ubul Ulet Bulu said...
This comment has been removed by the author.
Ubul Ulet Bulu said...

lSayang rasanya assem banget ni >.<
Tapi ternyata banyak juga ya manfaatnya ya..
:o

Supar yo said...

Temukan juga 7 Manfaat buah markisa untuk kesehatan