Google+

Friday, October 26, 2012

Khasiat dan Manfaat PISANG untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat PISANG untuk kesehatan

Manfaat pisang untuk kesehatan, Siapa yang tidak tau buah pisang, dinegara kita buah pisang sangat banyak sekali.
Ketika kita masih kecil sering diajarkan oleh guru-guru tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan, karena pisang diyakini sangat berkhasiat bagi tubuh, salah satunya vitamin yang mampu menyehatkan tubuh, namun apakah sebatas itu tentang khasiat buah pisang?

Mau tahu mengapa buah pisang begitu populer?

Buah pisang memang sering kita jumpai dan ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Orang mengenal pisang sebagai buah yang dihidangkan sebagai penutup makan, sekaligus pencuci mulut karena khasiatnya yang mampu menghilangkan bau mulut.


Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Klasifikasi ilmiah Pisang;


  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Ordo: Musales
  • Famili: Musaceae
  • Genus: Musa

Keanekaragaman pisang

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya. negara penghasil buah pisang terkenal diantaranya Brasilia, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, Thailand, Karibia, Columbia, Mexico, Venezuela, dan Hawai. Sementara Indonesia sendiri menempati posisi ke 4 penghasil buah pisang terbesar di dunia.

Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.

Buah pisang, baik ketika masih mentah maupun sudah masak tetap aja memiliki khasiat yang luar biasa. Sebagaimana telah disebut di atas, buah pisang yang telah masak mengandung sumber protein dan gula yang mampu menghasilkan tenaga dan menggerakkan kehidupan.

Buah pisang mentah pun tak kalah hebat. Penelitian mengungkapkan buah pisang adalah satu-satunya buah yang bila dimakan mentah bisa menyembuhkan penyakit luka lambung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat buah pisang lainnya adalah mengantisipasi keasaman lambung dan cocok bagi penderita gizi buruk.

Pilihlah buah pisang yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna.

buah ini sebanding dengan buah yang lainnya. buah yang berkulit kuning, hijau ini sangat ideal untuk kesehatan karena pisang selain rasanya yang manis dan mudah didapat, maka dari itu kebanyakan orang menikmatinya sama hal dengan buah pepaya atau buah srikaya, buah pisang ini menjadi buah sehari-hari.

Selain enak dimakan, buah pisang juga dapat di jadikan bahan kue, krepek, buah yang serbaguna ini biasanya diolah menjadi pisang goreng, jus pisang, atau di kombinasi juga dengan dodol atau jelly.

Ada tiga jenis pisang di Indonesia yang cukup populer, yaitu

  • pisang Ambon yang dikenal dengan nama internasional Gras Michael,
  • pisang Susu dikenal dengan nama Lady Finger, dan
  • pisang Badak dengan nama Cavendish.

Bunga pisang disebut tutut atau jantung pisang, biasanya berwarna merah tua keunguan dengan bagian dalam yang berisi bakal buah pisang.

Sejak penanaman pohon pisang sampai dapat dipetik buah pisangnya memakan waktu sekitar 13-15 bulan. Sedangkan untuk masa panen berikutnya dibutuhkan waktu 3-4 bulan sekali. Semua tergantung dari umur anak pisang. Untuk perbanyakan paling sering dilakukan dengan tunas.

Beberapa penelitian tentang buah pisang menyebutkan manfaat atau khasiat buah pisang bisa membantu dalam mengatasi depresi, anemia, tekanan darah, membantu energi dalam otak, membantu sembelit, sakit jantung, urat syaraf, dan banyak lagi manfaat dari buah pisang ini.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan air. Jadi dengan mengkonsumsi buah pisang secara tidak langsung sudah tercukupi gizinya. Kandungan gizi secara universal buah pisang diantaranya mengandung :

  • Serat 0,7 mg
  • Protein 1,2 mg
  • Kalsium 8 mg
  • Kalium 4673 mg
  • Sodium 1 mg
  • Fosfor 2,8 mg
  • Karbohidrat 25,8 mg
  • Kalori 99 mg
  • Lemak 0.2 mg
  • Besi 28 mg
  • Vitamin A 44 mg, 
  • Vitamin B, B6-B12, 
  • VitaminC 3 mg, dan 
  • Air 72 mg.

Dari kandungan gizi buah pisang yang relatif cukup banyak tersebut tidak heranlah jika buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Seperti kebanyakan buah-buahan tropis lainnya, pisang memiliki musiman yang menonjol. buah pisang ini selalu tersedia di sepanjang iklim antara dua tropis. buah Pisang sangat kaya manfaat bagi kesehatan manusia.

Pisang, berkat sifat-sifatnya, serta buahnya, adalah tanaman yang digunakan juga untuk keperluan lainnya. Serat dari pelepah daun pisang bisa digunakan untuk membuat kertas, kanvas dan tali. Daun pisang sendiri biasanya digunakan untuk membungkus jajanan tradisional atau nasi pecel semakin nikmat, jika di bungkus daun pisang.

Buah Pisang Untuk Penyembuhan

Sebuah penelitian di Irlandia, yang hasilnya diterbitkan pada International Journal of Cancer, menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah pisang secara positif terkait dengan reaksi penurunan dan menyembuhkan kanker ginjal. Hal ini disebabkan kandungan kalium tinggi pada buah pisang. Sebuah pisang sehari, mampu untuk mencegah risiko kanker ginjal. Pisang mengandung jumlah tinggi elemen dan anti-oksidan antara lain, membantu menurunkan tekanan darah, fungsi jantung normal dan menyediakan zat-zat untuk kesehatan tulang dan penglihatan.

Popularitas Buah Pisang

Popularitas pisang, berkat sifat dan manfaat, adalah tak terbantahkan dan sangat universal. Pisang adalah salah satu makanan yang paling banyak sekali dikonsumsi di planet ini, setelah makanan pokok. Energi dari pisang, setelah dikonsumsi, adalah langsung, tidak mengherankan buah pisang dianggap sebagai salah satu bahan bakar yang paling efisien untuk tubuh kita, karena gula pati dan serat yang terkandung Pada pisang.

Hasilnya adalah energi konstan dan merasa tidak ada kekosongan di perut selama berjam-jam. Pisang ini sangat cocok di konsumsi 40-50 menit setelah latihan untuk mengembalikan kekuatan pada otot-otot melalui kontribusi glikogen.

Apakah hanya sebatas itu Manfaat PISANG untuk kesehatan?

Tentu tidak, siapa sangka buah yang menjadi makanan pokok kera ini memiliki khasiat yang luar biasa. Bahkan, sebuah penelitian juga mengungkapkan kalau buah pisang juga menjadi sumber penyedia protein dan gula alami yang mudah diserap oleh tubuh.

Kandungan vitamin B2 yang besar dalam pisang memungkinkan adanya penambahan tenaga atau energi yang dijadikan andalan dalam susunan makanan yang bertujuan menghidupkan dan menyelaraskan kehidupan. Di samping menambah tenaga, vitamin B2 dalam pisang juga memiliki manfaat dalam menjaga

Tanaman pisang secara genetis juga dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B berhasil akan menjadi sangat murah.

Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, dan polio. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Buah pisang mengandung tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, gruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan fiber, memberikan tambahan sokongan energi yang langsung cukup banyak. Penelitan telah membuktikan dengan hanya dua buah pisang mendukung energi yang cukup untuk kuat selama 90 menit.

Pisang juga memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika Anda menderita sakit pada jantung, coba untuk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut. Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula untuk mengurangi rasa sakit atau pegal-pegal sewaktu bangun pagi.

Baik tanpa bicara panjang lebar kali ini saya bahaf manfaat buah pisang bagi kesehatan


Manfaat buah pisang - Penderita Luka Bakar

Khusus untuk penderita luka bakar, Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.

Manfaat buah pisang - Mengurangi Depresi

Pisang juga manjur untuk meredakan orang depresi. Orang yang mengalami depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang. Mal ini disebabkan kandungan tryptophan, sebuah asam amino sejenis protein yang diatur tubuh menjadi serotonin, yang diketahui dapat membawa efek relax, menambah suasana hati pada umumnya menjadi lebih baik hingga mengarah ke perbaikan suasana hati

Manfaat buah pisang - Bagi Penderita Anemia

Pisang relatif tinggi zat besi, yang dapat membantu menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah bagi penderita anemia. Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setrap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

Manfaat buah pisang - Bagi Penyakit Usus dan Perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dapat secara cepat diproses, la mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong. Krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien diare.

Manfaat buah pisang - Mengurangi Sembelit dan Diare

Karena konten mereka dalam serat, mereka membantu memulihkan fungsi usus normal. Selain itu, diare biasanya menguras tubuh Anda dari elektrolit penting (yang paling penting adalah potasium, yang terkandung dalam jumlah yang tinggi dalam pisang). Mereka juga mengandung pektin, serat yang larut (hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

Manfaat buah pisang - Penderita Sakit Maag

Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut.
Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.

Karena khasiat yang terkandung didalamnya yang teramat banyak yang diantaranya yaitu menyeimbangkan air dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, membantu transportasi oksigen kedalam otak. Sedangkan, pisang yang belum matang mempunyai kandungan hemisolulosa yang cukup tinggi, membantu pembuangan lemak dalam darah, dan pisang juga cukup bagus untuk penyakit luka lambung.

Cara penggunaannya yaitu:
100 gram pisang segar yang telah masak dicuci bersih, buang bijinya, lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50cc, jus ini diminum pagi atau siang hari, satu gelas sehari.

Manfaat buah pisang - untuk Penglihatan Perlindungan

Penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Ophthalmology telah membuktikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi minimal 3 porsi buah per hari memiliki risiko berkurang (sebesar 36%) mengembangkan usia degenerasi makula terkait (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi buah setiap hari.

Manfaat buah pisang - Tulang Sehat

Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium. 

 Manfaat buah pisang Sehat Ginjal Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosis setiap tahun. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. 

Di antara buah-buahan, pisang secara khusus pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah dua risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran akar pisang dan banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial.

Manfaat buah pisang - Tekanan darah

Pisang sangat tinggi kalium (sekitar 4673mg), namun sangat rendah sodium (1mg), sehingga memiliki rasio yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Begitu banyak sehingga, US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Kandungan kalium dan potasium berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga mampu membantu denyut jantung jadi teratur, mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah supaya normal.

Manfaat buah pisang - Bagi Penderita Lever

Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

Manfaat buah pisang - bagi Morning Sickness

Ngemil pisang antara waktu makan membantu menjaga tingkat gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

Manfaat buah pisang - bagi perokok

Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Mereka mengandung vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, serta kandungan potassium, kalium dan magnesium: zat-zat ini membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin dan membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat nikotin. Potasium merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh.

Manfaat buah pisang - Ulkus

Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus kronik. Hal ini juga membantu mengurangi keasaman dan mengurangi iritasi. Pisang merangsang sel-sel pada lapisan perut internal untuk menghasilkan lendir tebal (yang melindungi terhadap asam). Selain itu, pisang mengandung inhibitor protease yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang telah menunjuk sebagai penyebab utama dari ulkus.

Manfaat buah pisang - bagi penderita Saraf

Pisang mengandung vitamin B yang telah menunjukkan untuk memperbaiki fungsi saraf . Sebelum menggunakan krim oles anti gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan tersebut dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yang telah digigit oleh serangga. Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem urat syaraf.

Manfaat buah pisang - Mengobati bekas gigitan nyamuk.

Banyak orang melaporkan bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigitan nyamuk sangat efektif dalam mengurangi gatal dan pembengkakan
Caranya : Oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentolan kulit bekas digigit nyamuk pada kulit. Diyakini akan mengurangi gatal dan merah bekas gigitan nyamuk.

Manfaat buah pisang - bagi penderita Stres

Saat kita sedang mengalami stres atau gangguan pikiran yang dapat mengakibatkan gangguan badan, tingkat metabolisme menjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya. Pisang tinggi kalium, yang membantu menormalkan detak jantung ( hearthbeat ) dan mengirim oksigen ke otak serta mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. makan pisang adalah cara yang sehat untuk menyeimbangkan mereka tanpa menggunakan obat Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.

Manfaat buah pisang - mengurangi Risiko Stroke

Stroke adalah sejenis penyakit yang diakibatkan kehilangan fungsi dari anggota atau bagian lain tubuh saat aliran oksigen dlm darah menuju otak terganggu. Menurut sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine, makan pete sebagai bagian dari diet teratur dapat mengurangi risiko kematian karena stroke sebanyak 40% .

Manfaat buah pisang, Tak ada salahnya juga teman-teman membaca manfaat buah yang lainnya seperti apel, wortel, tomat atau manfaat minya kelapa , bawang putih, dan kayu manis. semoga dengan ini tman teman bisa mengetahui apa sih manfaat buah bagi kesehatan

Manfaat buah pisang - untuk diet dan mencegah obesitas

Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan tekanan pada pekerjaan mendorong kita untuk mengkonsumsi (lebih senang memakan) snack, coklat, dan keripik. Memperhatikan dari 5.000 pasien rumah sakit, ditemukan bahwa kebanyakan dari kasus obesitas (kegemukan) disebabkan oleh tekanan pekerjaan.
Hasil laporan tersebut menyimpulkan untuk menghindari kecanduan makanan, kita perlu mengendalikan kadar gula dalam darah kita dengan makanan ringan yang tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga kadar gula agar stabil. Makanan tersebut ada pada buah pisang.

Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut/tekstur dari buah pisang. Hanya buah mentah inilah yang dapat langsung dapat dimakan tanpa harus susah-susah mengolah. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.
Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien

Manfaat buah pisang - Sumber Kekuatan Tenaga

Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

Manfaat buah pisang - Untuk Ibu Hamil

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.
Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Manfaat buah pisang - Bagi Diabetes

Di Gorontalo (Sulawesi Utara) terdapat jenis pisang Goroho, yakni pisang khas daerah setempat. Pisang ini merupakan makanan bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang Goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.

Manfaat buah pisang - bagi Kecantikan

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu. dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat dan dibilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.

Manfaat buah pisang - Untuk Mengatur Bobot Badan

Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan atau menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet empat buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1.250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Manfaat buah pisang - Mengontrol Temperatur

Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.

Manfaat buah pisang - Meningkatkan Kekuatan Otak

Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak. Jika anda mengalami drop berkonsentrasi sebaiknya mengkonsumsi buah pisang lebih dari cukup sebab buah pisang mengandung kalsium yang berfungsi salah satunya untuk membantu meningkatkan daya konsentrasi.

Manfaat buah pisang - Mengurangi nyeri haid.

Kandungan Vitamin B6 nya yang cukup tinggi akan membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang dapat merusak mood dan membuat nyeri haid.

Manfaat buah pisang - Untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya : Ambil Buah Pisang dan Strawberry lalu potong kecil-kecil, kemudian hancurkan sampai halus. Tambahkan dua sendok minyak zaitun, aduk sampai rata, jangan lupa tambahan setengah cangkir gula, aduk kembali sampai benar-benar rata. Oleskan pada kulit, usap lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati, diamkan sesaat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Manfaat buah pisang - Mengencangkan kulit payudara

Kandungan Vitamin E dalam pisang bermanfaat menyehatkan kulit.
Caranya : Pisang dihancurkan sampai menjadi bubur, tambahkan satu sendok madu, aduk. Kemudian oleskan pada daerah payudara dan biarkan mengering. Lalu bilas dengan air hangat baru dibilas dengan air dingin. Lakukan satu minggu sekali.

Manfaat buah pisang - Mampu mencerahkan kulit wajah

Caranya, hancurkan pisang sampai menjadi bubur, tambahkan oatmeal secukupnya dan aduk sampai merata. Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal satu minggu sekali Untuk melembutkan kulit Caranya, siapkan setengah pisang dan alpukat, lalu blender hingga tercampur rata, tambahkan satu sendok minyak zaitun dan dua sendok makan yoghurt, aduk sampai rata. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air mawar. Lakukan setiap 1 minggu sekali.

Manfaat buah pisang - untuk sumber enargi dan menghilangkan rasa lelah.

Buah pisang yang empuk sangat mudah dicerna dalam tubuh, sementara gula yang terdapat dalam buah pisang dapat berfungsi sebagai sumber tenaga yang bagus bagi yang mengalami kecapekan setelah bekerja atau melakukan olah raga.


Resep Kue PIOV (pisang Oven) Makanan Sehat

Bahan:
4 buah pisang matang, tiga ons tepung gandum, dua cangkir gula, dua ons mentega, tiga butir telur, satu paket pengembang. Persiapan: Campurkan tepung , gula ,mentega dan aduk sambil di tambah air secukupnya, tambahkan telur satu per satu dan akhirnya pengembang kue, dengan mencampur semuanya aduk sampai rata. Anda akan mendapatkan adonan lembut dari warna kekuning-kuningan.
Langkah selanjutnya Anda hanya perlu memotong-motong pisang menjadi irisan terserah selera Anda dan tambahkan ke dalam Adonan yang telah siap.

Setelah pisang di masukan ke adonan , kemudian masukan dalam oven pada suhu 170 derajat selama setengah jam. Selamat menikmati kue PIOV, Kue yang saya beri nama PIOV (Pisang Oven) atau anda bisa menambahkan parutan Keju jika anda suka.

Itulah beberapa khasiat manfaat buah pisang, dan manfaat-manfaat tersebut merupakan anugerah Tuhan yang diberikan kepada manusia. Pisang merupakan buah yang mudah didapatkan, dan tidak terlalu mahal, tapi ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Nah, sudah tahu kan bagaimana khasiat buah pisang. Buah yang sering disepelekan dan dianggap makanan orang desa ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Bagaimana pandangan anda pada buah pisang sekarang? Masihkah kita menganggap sepele terhadap makanan para filsuf ini?

Tapi tahukah anda kalau zaman dahulu, para filsuf dan cendekiawan India sering memakan buah pisang sebagai hidangan?
Sehingga tak salah kalau orang-orang dahulu menyebut pisang sebagai 'makanan para filsuf. Dari sini dapat disimpulkan bahwa buah pisang bisa membantu pertumbuhan otak. Seperti kebanyakan buah, selain mengandung protein dan vitamin, buah pisang juga mengandung karbohidrat. Yang unik di sini karbohidrat tidak bisa tersimpan dalam badan manusia, sehingga meski mengkonsumsi dalam jumlah banyak tidak menyebabkan berat badan bertambah. Jadi tidak perlu takut gemuk!