Google+

Thursday, December 27, 2012

Pijat Refleksi Jari tangan atau Hand Reflexology Method

Pijat Refleksi Jari tangan atau Hand Reflexology Method



Meskipun diakui bisa membuat badan lebih bugar, keampuhan pijat refleksi masih belum diakui sebagai teknik pengobatan dalam dunia kedokteran.


Tomi Hardjatmo, pakar saraf dan akupunktur dari Rumah Sakit Sint Carolus, Jakarta, mengatakan, pijat refleksi memang bisa membuat badan lebih segar. Namun, sampai saat ini belum ada pembuktian secara ilmiah. Oleh sebab itu, beberapa dokter tidak merekomendasikan pijat refleksi.

"Tetapi juga tidak melarang," kata Tomi yang juga pengajar neurologi di Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

di dunia medis ada empat teori yang berkembang tentang sistem kerja pijat refleksi, diantaranya:


  • pijat refleksi bekerja melalui sistem refleks. Dalam sistem ini, pijat refleksi akan memberikan rangsangan berupa tekanan pada saraf-saraf tertentu yang akan diterima oleh saraf reseptor atau saraf penerima rangsang. Dari reseptor, rangsangan akan berubah menjadi aliran listrik yang akan menjalar ke sumsum tulang belakang, yang kemudian akan meneruskannya ke otak dan sebagian lagi ke jaringan otot. Nah, aliran listrik inilah yang akan menghilangkan gangguan yang ada di jaringan otot, seperti pada kaki, tangan, jantung, hingga organ dalam.
  • pijat refleksi bekerja melalui sistem hipotik atau teori tendon refleks. Dalam teori ini, pijatan pada otot akan menimbulkan tekanan pada tendon. Sekadar Anda tahu, tendon merupakan jaringan penghubung otot dengan tulang. Nah, tendon yang tertekan akan menimbulkan aliran listrik khusus yang disebut piezo electric. Sebenarnya, piezo electric sudah terdapat dalam tendon, tetapi jumlahnya kecil. Namun, lewat proses pijat, kadar piezo electric pun meningkat sehingga mengalir ke otot dan menghilangkan keluhan pada organ-organ tubuh. "Asam laktat yang mengakibatkan pegal-pegal pada otot kaki dan tangan bisa hilang," 
  • pijat refleksi bekerja melalui sistem getah bening. Getah bening merupakan zat yang terdapat di seluruh tubuh bersama-sama pembuluh darah. Fungsinya sebagai pembawa sisa-sisa metabolisme dalam tubuh ke jantung. Bila ada pemijatan, aliran getah bening akan lebih lancar sehingga sisa-sisa metabolisme akan lebih cepat dibuang. 
  • pijat refleksi bekerja melalui sistem pembuluh darah. Saat bagian tubuh dipijat, pembuluh darah juga akan merasakan tekanan yang berulang. Efeknya, aliran darah menjadi lebih lancar. "Tetapi itu semua masih teori dan dunia kedokteran masih abstain tentang pijat refleksi.

Titik Meridian pada Tangan

Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan darah dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada mahluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi Keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi dari chi dapat berhubungan di bagian-bagian internal manusia.
titik meridian pada tangan

Menurut ilmu tradisional cina didalam tubuh kita terdapat 12 jalur Meridian, yang masing-masing berhubungan dengan organ ditubuh kita. 6 Meridian melewati tangan kita, yaitu meridian paru-paru, jantung, selaput jantung, usus besar, usus kecil dan meridian tripemanas.

Meridian paru-paru.

Dimulai dari titik disisi luar atas ibu jari tepat dibawah kuku ibu jari. Melintasi gunung-gunung jempol. Jalur ini berhubungan dengan paru-paru dan saluran pernafasan. Bila dipijat terasa sakit berarti si penderita terkena flu, asma, infeksi saluran dan lain-lain. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernafasan yang kanan sedang sakit. Begitu pula sebaliknya.

Meridian jantung.

Di mulai dari titik yang terletak dibawah kuku kelingking sebelah dalam. Melintasi gunung-gunung dibawah jari kelingking. Jalur ini berhubungan dengan jantung dan peredaran darah. Bila dipijit sakit berarti penderita terkena penyakit ginjal atau penyakit yang berhubungan dengan ginjal, ngompol, rasa tidak enak dalam dada, berdebar-debar, pusing, pikiran tegang.

Meridian selaput jantung

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari tengah melintasi telapak tangan bagian tengah. Jalur ini mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah, usus kecil. Bila dipijit sakit berarti pasien dalam keadaan gelisah, sakit mulut, sakit perut, juga sakit kelainan pada limpa.

Meridian usus besar

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari telunjuk melewati pungggung tangan. Bila dipijit sakit berarti pasien menderita sistem pencernaan yang kurang baik, pundak dan bahu terasa nyeri, sakit kepala depan, sakit dipinggang, bokong dan paha.

Meridian usus kecil

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari kelingking sebelah luar melewati punggung tangan sebelah luar. Jalur ini berhubungan dengan usus kecil. Bila dipijit sakit berarti pasien mengalami sembelit, sakit dibagian perut, sakit bagian kepala belakang, nyeri lengan.

Meridian tri pemanas

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari manis. Mengatur sistem lymfe dan sistem hormonal. Bila titik dijalur ini dipijat sakit berarti menderita suhu badan yang panas atau dingin, migrain, nyeri dada, kolik kandung empedu.
pijat tangan

Kenapa Anda harus memijat tangan sekali-sekali? 

Tangan adalah salah satu bagian dari tubuh yang paling sering digunakan ketika bekerja.

Apakah Anda seorang juru ketik, sekretaris, atau eksekutif, pastilah Anda menggunakan tangan Anda untuk bekerja setiap hari di tempat kerja. Bahkan tugas sederhana seperti mengemudi harus menggunakan tangan.

Ada beberapa teknik sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meredakan ketegangan yang terjadi di otot dan tendon. Tentu saja, Anda dapat berhenti sejenak dari pekerjaan dan memberikan pijatan pada tangan Anda, tetapi melakukan pijatan dengan satu tangan untuk meringankan stres tidak seefektif ketika dipijat oleh seorang profesional.

Melakukan pijat tangan hanya akan memakan waktu beberapa menit dari waktu Anda dan mempunyai banyak manfaat, khususnya bila Anda bekerja dengan membutuhkan banyak gerakan tangan. Untuk memberikan pijatan tangan yang sejuk, pertama-tama gunakan lotion yang berkualitas bagus.

Selanjutnya, dengan hati-hati oleskan lotion di tangan dengan pencahayaan yang memadai. Pada bagian belakang tangan, gunakan jempol dan mulai memijat dari pusat ke arah luar. Selanjutnya, pijat bagian tendon pada belakang tangan dengan mendorong ke arah pergelangan tangan. Ikuti cara ini dengan menggosok alur pada pergelangan tangan.

Masing-masing jari kemudian memberikan remasan dengan lemah lembut dan memutarnya lagi di sendi untuk melonggarkan kekakuan yang berada di tendon. Hal ini juga akan memberikan fleksibilitas dan mengurangi rasa lelah di tangan.

Berikutnya bagian dari pijat tangan adalah menarik jari untuk melepaskan ketegangan yang ada di tangan. Seringkali, pemijat tangan profesional menunggu keluarnya suara yang berarti lepasnya gas yang berada di sendi yang membuat tangan sulit bergerak.

Melakukan pijat tangan mempunyai beberapa manfaat, seperti meningkatkan sirkulasi, meningkatkan fleksibilitas pada pergelangan tangan serta dapat menghilangkan kekakuan pada jari.