Google+

Sunday, March 3, 2013

Nyeri Payudara atau sakit Mastalgia

Nyeri Payudara atau sakit Mastalgia

nyeri payudara
nyeri payudara
Payudara sehat dan indah idaman wanita, Fungsi utama dari kelenjar susu adalah memberikan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi atau balita. Proses pemberian air susu ini dinamakan menyusui. Meskipun kelenjar yang menghasilkan air susu juga terdapat pada pria, normalnya kelenjar susu tersebut tetap tidak berkembang sempurna.

Apa Itu Mastalgia (Nyeri Payudara)

NYERI payudara (mastalgia) adalah rasa nyeri atau tidak nyaman pada salah satu atau kedua payudara. Dan 60 persen wanita diketahui menderita suatu jenis ketidaknyamanan payudara. Nyeri payudara yang paling banyak dijumpai berhubungan dengan siklus menstruasi, dan hampir selalu berhubungan dengan fluktuasi kadar hormon, yang dialami setiap wanita sebagai bagian dari siklus tersebut. Nyeri mungkin berhubungan dengan sensitivitas jaringan payudara terhadap hormon dan ini dapat berbeda-beda dalam payudara yang sama atau di antara kedua payudara. Namun hormon bukanlah segalanya, karena bagi mayoritas wanita, nyeri lebih berat dirasakan pada satu payudara daripada yang lain.


Sebagian besar wanita mengalami berbagai tingkatan nyeri saat payudaranya menjadi sensitif tepat sebelum menstruasi. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami rasa nyeri mulai saat ovulasi, di tengah siklus, dan berlanjut selama dua pekan hingga timbul menstruasi. Wanita lain mungkin merasa nyeri pra-menstruasi ini lebih buruk setelah kelahiran anak pertamanya.

Nyeri payudara dapat dibagi ke dalam 2 kelompok:

  1. Mastalgia siklik : berhubungan dengan menstruasi
  2. Mastalgia non-siklik : tidak berhubungan dengan menstruasi dan bisa berasal dari payudara maupun struktur di sekitar payudara (misalnya otot atau persendian sehingga mungkin bukan suatu nyeri payudara yang sebenarnya).

penyakit Mastalgia
penyakit Mastalgia
Wanita biasanya akan mengalami rasa nyeri ini saat menstruasi. Rasa nyeri tersebut biasanya dirasakan di sebelah kanan atau kiri payudara. Sebenarnya rasa nyeri tersebut normal, karena saat menstruasi terjadi perubahan hormonal pada wanita. Nyeri tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal; benturan, kehamilan, menyusui, menjelang menopuase, menjelang pubertas, atau infeksi payudara, kanker payudara (tapi tidak setiap kanker payudara memiliki gejala demikian). Bila ditekan, payudara terasa nyeri. Rasa tersebut terjadi pada salah satu payudara. Tapi terkadang juga kedua payudara. Bahkan rasa nyeri bisa menyebar atau terlokalisir. Jenis mastalgia yang paling sering ditemukan adalah mastalgia siklik yang terjadi akibat perubahan hormonal. Beberapa wanita merasakan nyeri payudara di sekitar masa ovulasi (pelepasan sel telur) yang terus berlanjut sampai masa menstruasi tiba. Nyeri bisa hanya dirasakan di salah satu payudara atau bisa juga menjalar ke ketiak. Nyeri pada mastalgia non-siklik biasanya terus menerus ada dan hanya pada lokasi tertentu di payudara.

Penyebabnya bisa berupa:

  1. Cedera atau benturan pada payudara
  2. Nyeri artritik di dalam rongga dada dan leher yang menjalar ke payudara
  3. Kehamilan
  4. Menyusui
  5. Menjelang menopause
  6. Terapi estrogen
  7. Infeksi payudara
  8. Menjelang pubertas
  9. Obat-obatan (misalnya digitalis, aldomet, aldakton, anadrol dan klorpromazin)
  10. Alkoholik disertai kerusakan hati
  11. Zat tertentu di dalam makanan atau minuman (misalnya metilsantin yang terkandung di dalam kopi)
  12. Kanker payudara (tetapi tidak setiap nyeri pada payudara merupakan pertanda dari kanker payudara).

Sehingga penyebab adanya penyakit ini adalah sering ditemukan adalah mastalgia siklik yang terjadi akibat perubahan hormonal. Selain itu nyeri payudara di sekitar masa ovulasi (pelepasan sel telur) yang terus berlanjut sampai masa menstruasi tiba. Nyeri bisa hanya dirasakan di salah satu payudara atau bisa juga menjalar ke ketiak. Sementara yang akan dirasakan oleh para penderita Mastalgia (Nyeri Payudara) adalah Payudara terasa nyeri atau nyeri timbul bila payudara ditekan. Nyeri bisa dirasakan pada salah satu ataupun kedua payudara, nyerinya bisa menyebar atau terlokalisir.

Diagnose

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Jika pada pemeriksaan payudara ditemukan adanya benjolan, maka dilakukan pemeriksaan berikut:

  1. Mammogram
  2. USG payudara
  3. Biopsi jaringan payudara.


PENGOBATAN Mastalgia siklik:


  1. Diuretik
  2. EPO (evening primrose oil, dosis 3 gram/hari. EPO mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan bisa menormalkan kandungan asam lemak pada penderita mastalgia siklik.
  3. Pil KB
  4. Progesterone
  5. Tamoxifen adalah suatu anti estrogen yang digunakan untuk mengobati atau mencegah kanker payudara. Obat ini efektif dalam mengurangi mastalgia.
  6. Viteks (Vitex agnus-castus, dosis 40 mg/hari). Viteks dapat menyeimbangkan kadar hormon pada penderita mastalgia siklik dan sindroma premenstruasi.
  7. Danazol. Obat yang menghambat ovulasi ini, memiliki tingkat keberhasilan hampir 80 persen, sehingga menjadi terapi pilihan kedua. Walaupun berhasil, obat ini tidak cocok bagi semua orang. Beberapa wanita mengalami efek samping seperti kenaikan berat badan dan menstruasi teratur. Danazol diberikan dalam dosis 200 mg setiap hari selama dua bulan. Jika terbukti efektif, dosis akan dikurangi secara bertahap.
  8. Tamoksifen. Obat ini dapat diresepkan bagi wanita yang menderita nyeri payudara berat. Dosis umum untuk kasus ini adalah 10 mg, yang dapat menimbulkan rona panas tapi tidak menimbulkan efek samping lebih berat yang menyertai dosis lebih tinggi. Tamoksifen dapat digunakan secara terus-menerus atau dibatasi hingga paruh kedua siklus menstruasi.
  9. Minyak evening primrose. Resep alami ini harus diminum dalam dosis besar (3 g setiap hari) agar bekerja efektif. Ini juga harus diminum dalam waktu lama karena efeknya akan timbul perlahan, pada sebagian besar kasus dibutuhkan waktu sekurangnya empat bulan untuk menentukan apakah bermanfaat. Walaupun diminum dalam dosis besar dan waktu lama, minyak evening primrose hanya memiliki sedikit efek samping, sehingga ini seharusnya menjadi terapi pilihan pertama.

Pengobatan untuk mastitis non-siklik tergantung kepada penyebabnya.

  • Cedera pada permukaan payudara yang menunjukkan adanya infeksi diobati dengan antibiotik.


Untuk kedua jenis mastitis bisa dilakukan pengobatan berikut:

  1. Gunakan BH yang nyaman dan pas. Hal ini sangat penting jika penderita melakukan olah raga berat. BH yang pas bisa mengurangi nyeri secara drastic. Pakaian dalam yang terlalu sempit, katanya, akan menekan syaraf-syaraf di daerah sekitar payudara. Ini mengakibatkan saraf menjadi tegang dan menimbulkan nyeri. Selain menekan saraf, pakaian dalam yang terlalu sempit juga akan menekan pembuluh darah yang secara otomatis akan menghambat distribusi oksigen ke payudara. Ini juga menyebabkan rasa nyeri. Bila terus berulang, maka kulit akan mengalami hiperpigmentasi (kulit menjadi gelap) Rasa yang menyebabkan panas ini memicu kulit untuk mengeluarkan lebih banyak keringat. Bila tidak dijaga dengan baik, keringat itu akan menjadikan kulit lembab. kulit yang terlalu lembab akan lebih mudah menjadi lokasi pengembang biakan jamur, akan menyebabkan rasa gatal yang nantinya bs menyebabkan nyeri
  2. Kurangi asupan lemak jenuh dan garam. Menurut penelitian, wanita yang di menunya hanya mengandung sedikit lemak, risiko nyeri pada payudara akan lebih kecil. Peneliti dari Women’s Center for Family Health di California, AS, menyarankan agar konsumsi lemak tak lebih dari 30% dari keseluruhan kalori per hari.
  3. Vitamin E (400-800 unit/hari). Menambah asupan vitamin E dapat mengurangi nyeri dan rasa tak nyaman pada payudara secara efektif.
  4. Kurangi asupan kopi, teh dan coklat
  5. Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas.
  6. Kebanyakan nyeri bersifat ringan dan menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan atau tahun.

Segala macam Penyakit pasti ada obatnya. Semua orang yang mengalami sakit, pasti menginginkan untuk segera sembuh, dan melakukan berbagai cara untuk menjadi sehat kembali, Baik itu mengkonsumsi obat kimia yang berada banyak di pasaran, atau menghubungi dokter dan meminta resep obat dari dokter. Namun terkadang obat kimia mempunyai efek samping, yang mungkin bisa membahayakan tubuh. Oleh karena itu, disini, kami memberikan solusi yang tepat, dengan mengobati berbagaipenyakit tanpa efek samping.

No comments: