Google+

Monday, July 28, 2014

Khasiat dan Manfaat Serai (sereh)

Khasiat dan Manfaat Serai (sereh)

manfaat serai
Kandungan dan Manfaat Serai Bagi Kesehatan
Sereh disebut juga sere, serai, sarai, see, yang banyak ditanam di halaman rumah untuk bumbu dapur. Tanaman seperti rumput ini menyukai air sehingga banyak ditanam di tepi sungai atau belakang rumah yang dekat dengan air. Baunya harum menyegarkan merangsang selera makan sebagai penyedap gulai, kari daging, ayam atau pepes ikan. Namun, belum banyak masyarakat yang memakainya sebagai obat.

Nama Lain : Camel’s Hay, Citronella, Geranium Grass, Cochin Grass, herbe de citron (Perancis), Zitronengras (Jerman), Erba di Limone (Itali), hierba de Limon (Sepanyol), bhustrina (India), Serai, layu, séréh (Indonesia), bai mak NÃO (Laos), Sera (Sinhalese), takrai (Thai).

Serai (sereh) merupakan rempah yang umum digunakan dalam berbagai makanan Asia. 
Serai atau biasa disebut juga dengan Sereh sudah sangat familiar karena menjadi salah satu bahan penting yang dipergunakan dalam masak - memasak didapur.
Serai ini biasanya digunakan untuk memberi aroma pada makanan sehingga bisa menambah cita rasa dari aromanya. Namun ternyata di balik itu, serai juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah serai bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan, Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.
Klasifikasi Ilmiah
Nama
 Jenis
KerajaanPlantae
Divisi-
Kelas-
OrdoPoales
FamiliPoaceae
GenusCymbopogon
SpesiesC. citratus
Nama binomialCymbopogon Citratus

Kandungan Serai / Sereh

Mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

manfaat sereh
Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sereh untuk kesehatan seperti dapat membantu mengurangi gangguan lambung, insomnia, gangguan pernafasan, demam, nyeri, infeksi, rematik dan edema. Pertahanan Antioksidan ramuan sereh akan membantu untuk mempertahankan tingkat kolesterol, kesehatan selular, sistem saraf, kulit yang sehat dan sistem kekebalan tubuh. Sereh juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, obesitas dan membantu detoksifikasi. Hal ini banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu untuk mengurangi kelelahan, kecemasan dan bau badan.

Sereh merupakan tanama herbal dari keluarga rumput Poaceae. Sereh adalah jenis rumput yang tinggi berasal dari daerah tropis Asia. Tanaman sereh berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan yang tebal. Sereh tumbuh dengan tandan yang, dan tingginya sekitar sekitar 3 meter .

Selain dimanfaatkan untuk kuliner, serai juga memiliki beragam manfaat obat yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba dan dimanfaatkan di seluruh Asia Tenggara, benua Afrika dan benua Amerika.

Sereh adalah gudang nutrisi aromatik penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sereh adalah sumber vitamin penting seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6 ​​(pyridoxine), folat dan vitamin C. Juga menyediakan mineral penting seperti potasium , kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng dan besi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang sehat. Sereh tidak mengandung kolesterol berbahaya atau lemak.

Berikut Khasiat Manfaat sereh untuk kesehatan

Serai mengandung antioksidan flavonoid, dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, catecol, asam klorogenat, asam caffeic yang berkhasiat obat. Senyawa utama dalam serai adalah lemonal atau citral, yang memiliki sifat anti-jamur dan anti-mikroba, serta menyediakan bau lemon yang berbeda-beda.

Serai dan manfaatnya pada sistem saraf

Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

Serai mencegah penyakit kanker

Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat. Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Penelitian membuktikan aktivitas anti kanker sereh yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Penelitian lain juga telah menunjukkan sereh juga membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hati fase awal dan mencegah pembentukan lebih lanjut. Efek lainnya Yang diketemukan adalah juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Serai Memperindah kulit

Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

Sereh bermanfat sebagai tonik kulit, dan sebagai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat karena sifat astringent dan antiseptik. Hal ini karena sereh memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori , serta sifat sterilisasinya.

Serai untuk mengobati gangguan pencernaan

Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, diare.

Serai untuk Detoksifikasi

Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh,  dapat membantu membersihan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan. serai digunakan untuk detoksifikasi dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

Serai Bisa Mengobati infeksi kulit

Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri Penelitian menunjukkan, serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.

Serai untuk Kolesterol sehat

Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia , yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sereh secara rutin memberikan hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.

Sereh Mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus

Studi telah membuktikan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki aktivitas anti biofilm , yang bermanfaat pencegahan terhadap infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Sereh mengandung fenol yang memiliki kemampuan menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh, dan menyembuhkan biofilm yang terletak di mana saja pada tubuh. Sereh akan mengganggu pertumbuhan dan komunikasi kuman, sehingga akan membantu menghambat pembentukan biofilm. Minyak esensial dari sereh berguna untukpenggunaan topikal maupun internal untuk penyakit yang didiagnosis dengan biofilm seperti penyakit Lyme.

sereh mengatasi Gangguan Perut

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki sifat anti mikroba dan anti-bakteri yang membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh berbagai bakteri patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus dan memperbaiki pencernaan. Sifat anti inflamasi sereh bermanfaat untuk mengobati sembelit, ulcerative colitis, diare, mual dan perut nyeri.

serai dapat Menyembuhkan Insomnia

Sereh juga bermanfat untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu mendorong tidur yang nyenyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh sereh memiliki sifat sedatif dan hipnotik, yang membantu meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

sereh mengatasi Gangguan Pernapasan

Sereh banyak digunakan sebagai obat untuk pengobatan batuk dan pilek. Seiring dengan senyawa sehat lainnya, yaitu vitamin C dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung karena flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial.

serai dapat Mengatasi Demam

Sereh juga dikenal sebagai obat penurun panas, yaitu memilik efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam. Efek anti-piretik(mengeluarkan keringat) sereh secara luas digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam, yaitu untuk merangsang keluarnya keringat.

sereh untuk mengatasi Infeksi

Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh. Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki efek penyembuhan pada infektivitas dermatologi, seperti infeksi jamur dengan jalan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti kemanjuran sereh yang mendukung atas thyme, nilam dan minyak kayu cedar untuk mengobati berbagai penyakit seperti candidias lisan atau gatal karena jamur pada organ intim wanita.

serai Mengurangi Nyeri

Sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesik yang dimilikinya. Fitonutrien yang terdapat pada serai dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo dan sakit punggung. Sereh sangat membantu untuk mengobati luka dan memar.

sereh memulihkan Sistem Saraf

Sereh telah terbukti bisa menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf. Sereh dapat merangsang pikiran dan membantu untuk mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sereh digunakan untuk mandi terapi, yang akan membantu untuk menenangkan saraf, mengurangi gejala depresi dan kelelahan yang disebabkan oleh stres.

serai dapat mengobat Diabetes tipe 2

Sereh telah terbukti bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

sereh mengatasi Rematik

Sereh efektif digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Sereh dapat dioleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena rematik atau keseleo.

Serai untuk Sistem kekebalan

Sereh dapat membantu memulihkan sistem penting dalam tubuh, seperti pencernaan, respirasi, ekskresi dan sistem saraf. Sereh juga membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta memperkuat mekanisme sistem kekebalan tubuh.

sereh untuk Kesehatan seluler tubuh

Sereh mengandung zat antioksidan , sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sereh membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor. Mendukung fungsi kelenjar timus yang membantu untuk menghasilkan sel darah putih. Sereh juga membantu merangsang regenerasi sel. Folat dan kalium pada batang dan daun sereh berperan dalam membantu pembentukan DNA dan mempromosikan pembelahan sel.

serai untuk Aromaterapi

Ramuan Sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida dan antiseptik. Minyak banyak digunakan untuk aromaterapi karena efek terapeutik yang akan membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh. Minyak sereh memiliki zat alami yang akan membantu merangsang sirkulasi darah dan meremajakan jaringan kulit. Hal ini juga membantu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu dan lelah.

sereh untuk Obesitas

Sereh mengandung citral yang telah terbukti efektif untuk mengatasi obesitas. Hal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut, dan mempromosikan penggunaan energi yang tersimpan, sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan. Sereh membantu metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.

serai untuk mengurangi Bau badan

Sereh juga digunakan dalam pembuatan deodoran, karena sifat pembersih dan sifat anti-bakteri yang akan membantu memerangi bau badan yang tidak sedap serta mencegah infeksi jamur dan bakteri. Sereh juga dapat ditambahkan untuk merendam kaki yang sakit atau berbau.

sereh untuk Penggunaan Kuliner

Selain untuk obat-obatan tradisional, serai umumnya digunakan pada masakan Asia, terutama masakan Indonesia, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Sereh umumnya digunakan untuk menambah rasa pada minuman seperti teh, memasak kare, sup dll.

Kegunaan lain dari serai

Sereh juga banyak digunakan dalam pembuatan parfum, deodoran, poles dan lilin. Sereh juga digunakan untuk menambahkan keharuman pada sabun dan produk kosmetik. Pembuatan sampo dan produk perawatan hewan peliharaan pun menggunakan sereh, hal ini karena efeknya terhadap kutu .

Serai juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu upaya penurunan berat badan.
Berikut merupakan cara menggunakan serai untuk menurunkan berat badan.
  1. Perbanyak menggunakan serai sebagai bumbu untuk masakan. Satu cangkir serai hanya mengandung 66 kalori, sehingga tidak akan menambah jumlah kalori pada makanan yang Anda konsumsi. Serai baik digunakan sebagai pengganti bumbu yang memiliki nilai kalori tinggi sehingga bisa membantu upaya menurunkan berat badan.
  2. Minum teh serai sebagai diuretik dan untuk detoksifikasi. Sifat diuretik serai membantu menormalkan keseimbangan air dalam tubuh dan menghilangkan kelebihan air. Hal tersebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kilo dan membuat tubuh tampak lebih ramping. 
  3. Gunakan baik serai murni atau ekstrak dalam makanan untuk membantu meningkatkan pencernaan. Semua kalori akan digunakan secara efisien jika sistem pencernaan bekerja dengan baik. Hal ini akan membuat Anda lebih lama merasa kenyang sehingga mengurangi asupan makanan yang akan berkontribusi terhadap upaya penurunan berat badan

Efek Samping Minyak sereh

Meskipun aman, namun penggunaan teh herbal sereh yang terbuat dari sereh dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika ada gejala alergi, dianjurkan untuk segera menghentikan penggunaan dan mencari bantuan medis segera.

Minyak sereh murni tidak harus diterapkan secara langsung pada tubuh, karena dapat mengakibatkan reaksi yang bisa berbahaya. Oleh karena itu selalu dianjurkan untuk menghindarkan minyak sereh murni dari jangkauan anak.

Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahlil kesehatan sebelum mempergunakan minyak sereh untuk terapi pada kondisi khusus, seperti kehamilan atau mencoba untuk hamil, menyusui dan selama pengobatan.

Sereh memiliki sifat galactagogic, yaitu yang mempromosikan pembentukan susu. Sereh juga efektif untuk melancarkan aliran menstruasi dan membantu menenangkan kram dan ketidaknyamanan saat menstruasi. Sereh juga membantu meredakan pembengkakan dan mujarab untuk varises.

Cara Membuat Teh Serai

Serai (sereh) merupakan herbal yang ampuh digunakan untuk mengurangi demam atau meringankan kram perut. Serai juga bisa melancarkan kerja pencernaan, terutama pada anak-anak, serta membantu meringankan nyeri pada radang sendi. Salah satu cara mudah dan nikmat untuk mendapatkan khasiat dari serai adalah dengan membuat teh herbal serai.

Berikut adalah cara menyeduh serai menjadi minuman herbal yang menyehatkan sekaligus nikmat. Jika Anda hendak memanen serai langsung dari kebun, pastikan gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan saat menarik rumpun serai.
  1. Gunakan pisau jika kesulitan menariknya langsung dengan tangan.
  2. Buang lapisan daun terluar. Daun paling luar ini hanya akan memberikan rasa pahit jika digunakan.
  3. Setelah itu, potong serai menjadi irisan kecil.
  4. Masukkan sekitar satu sendok teh potongan serai ke dalam cangkir. Tuangkan air mendidih kedalam cangkir dan biarkan selama lima menit.
  5. Saring potongan serai dari cangkir untuk menikmati teh serai tanpa ampas.
  6. Tambahkan gula atau susu ke dalam teh serai jika dikehendaki.

Pengobatan dengan Sereh

  1. Bila menderita Batuk karena angin dingin, cobalah minum air rebusan: 1 batang sereh, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkeh, 7 biji kapulaga dalam 4 gelas air. Semakin sedap bila ditambahkan sedikit garam dan gula merah.
  2. Untuk Rematik, pegal linu, cobalah ramuan rebusan 7 batang sereh, 1 genggam daun jeruk nipis dalam 6 gelas air sampai mendidih, lalu campurkan dengan air dingin secukupnya dan rajinlah beredam kira-kira 1/2 jam. Lakukan secara rutin sampai sembuh.
  3. Masuk angin, pilek, hidung tersumbat, rebus 5 batang sereh dengan 6 gelas air. Setelah air rebusan sereh berbau harum, angkat. Hirup uap sereh sambil berkerudung handuk menutupi kepala dan bahu serta wajah menghadap ke permukaan air. Lakukan selama 15 menit.
  4. Melancarkan haid, memarkan 2 batang sereh, rebus dengan 2 gelas air. Setelah air menyusut dan harum, tambahkan gula merah secukupnya dan dinginkan. Minum hangat-hangat 3/4 gelas, 2 kali sehari.
  5. Asam Urat: 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air + ½ batang sere hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum rutin sehari segelas atau dua gelas.
  6. Flu dan Batukambil batang sereh sebanyak 5 gram dan cuci bersih. Setelah itu memarkan dan kemudian rebus bersama 1 gelas air bersih. Durasi perebusan kira-kira 16 menit. Selanjutnya, minum air tersebut di pagi dan malam hari masing-masing seperdua gelas.
  7. mencegah Kankermerebus sereh sebanyak 100 gram bersama 2 gelas air bersih. Panaskan hingga 15 menit dan minum di pagi dan sore hari masing-masing setengah gelas
  8. Untuk detoksifikasi, cukup rebus sereh sebanyak 70 gram dengan air sebanyak 100 cc. Kemudian minum air rebusan tadi di pagi hari sebelum Anda mengkonsumsi makanan atau minuman lainnya. Biarkan sejam sebelum Anda menyantap makanan lainnya.
  9. Gigi sakit? Kumurlah dengan air rebusan sereh dan garam.
  10. Nyeri persendian, oleskan minyak sereh di tempat yang sakit.
  11. Bila digigit nyamuk, balurkan minyak sereh ke seluruh tubuh.
Sudah terlalu banyak alam memberi kemudahan bagi kita, sudah sepantasnya kita sadar untuk menjaga alam sebagai timbal balik atas karunia yang telah di curahkan oleh sang Pencipta alam untuk kita melalui alam.

12 comments:

dagangku said...

menarik infonya
























Lowongan Magang kerja perusahaan jepang gaji 15-25 juta/Bulan
Lowongan Magang Jepang Non IMM Terbaru
Lowongan Kerja magang ke Jepang Gratis
Magang Jepang Depnakertrans
Loker SMA SMK
Lowongan SMK Terbaru
Properti Murah
Foto dan Video Shooting jakarta
Jasa Fotografer Wedding Jakarta
japanese Intership program
Jual Modem murah harga distributor

job said...

Terima kasih sharingnya, infonya sangat lengkap dan bermanfaat


----------------
Download MP3 Suara Burung
Download MP3 Video
MP3 Download Cars
Free Download MP3
Ide Rumah Minimalis
Download MP3 Gratis
Fashions and MP3
Loker MP3
Download Video MP3 Ika
Download Video to MP3
Download MP3 Lagu
Kunci Belajar Gitar
Lirik Lagu Lengkap MP3
Home Video MP3
Resep Masakan Lengkap
Tutorial Hijab
DownloadRock MP3
Ternak MP3

Unknown said...

Hello everyone we will show the latest news TELENOVELAS VIDEO and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. This web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.
Tips Manfaat dan Khasiat

silvi landa said...

Manfaat Tersembunyi Daun serai Yang Belum Di Ketahui
Agen Sbobet

Unknown said...

Apotek Munggu Farma
Kami menyediakan obat dan suplemen terlengkap di kota Gresik. Datang dan kunjungi kami di alamat : Jl. Raya Munggugiyanti 30 A, Benjeng, Gresik
Hp Udin : 085732773617

Ike wahyuni said...

Izin copy di blog yaaa^^ disertakan sumber kok^^

Zoelvyxar said...


Jual obat kuat herbal yang aman di konsumsi karena terbuat dari bahan baku alami tanpa adanya campuran bahan kimia dan tentunya tanpa efek samping

check website kami di Jual Obat Kuat Herbal

Tokoliseng said...

Obat Anti Depresan Obat Penenang Pikiran Susah Tidur Terlengkap dan Termurah.
Cara Order Cepat Via Sms
Hp 081389604161
BBM 5E10FDB4
Dumolid 5mg Rp170.000
Camlet 2mg Rp160.000
XR 0.5mg Rp140.000
XR 1.0mg Rp160.000
Riklona 2mgRp170.000
Ativan 2mg Rp160.000
Ritalin 10mg Rp150.000
Prohiper 10mg Rp170.000
Frixitas 1mg Rp160.000
Esilgan 2mg Rp160.000
Alprazolam 1mg Rp150.000
Valisanbe(diazepam) Rp140.000
valdimex(diazepam) Rp150.000
Stesolid (diazepam) Rp160.000

Central Herbal Indonesia | Vimax Canada Herbal Pembesar Mr. P said...

 Obat Pembesar Penis Herbal Vimax Canada
http://obatkuatoriginal.com/pembesar-penis/vimax-canada-pembesar-penis-herbal.html
 Lintah Oil Pembesar Penis
http://obatkuatoriginal.com/pembesar-penis/lintah-oil-minyak-lintah.html
 Obat Hernia | Celana Hernia
http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/obat-hernia-celana.html
 Obat Ambeien | Obat Wasir
http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/obat-ambeien-wasir.html
 Cara Mengencangkan Payudara
http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/pembesar-payudara-elektrik.html
 Perangsang Wanita
http://obatkuatoriginal.com/perangsang-dan-pelicin/potenzol-cair.html

Kontak Pemesanan :
Pin BBM : 2B0A56EA
Tlp / sms / WhatsApp : 081368707020

berbagiilmukesehatan94.blogspot.com said...

Ada referensinya gak?

1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog said...

Info yang menarik bos

Sumarni Angkasa said...

Terima kasih atas informasinya nya min.. Sangat bermanfaat, ditunggu update barunya ya :)
Kunjungi Blog Ayam Jago kami juga ya pemainayam.club. terima kasih :)