Google+

Tuesday, June 5, 2012

Makanan Sehat Agar Cepat Hamil


Hasil sebuah penelitian mendalam di bidang kesehatan yang baru menunjukkan, kehamilan pada seorangwanita juga bisa dipicu dengan mengonsumsi buah-buahan, terutama buah mengandung vitamin C berkadar tinggi.

Dengan demikian, kesuburan seorang ibu atau istri yang ditunjang dengan suami yang sehat ditambah dengan kebiasaan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi akan semakin membuka peluang terjadinya kehamilan yang pasti diidamkan atau didambakan satu pasangan suami-istri.


Dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dokter Fiastuti Witjaksono MS, Sp. GK di Jakarta baru-baru ini memberi contoh bahwa mengkonsumi buah kiwi Zespri patut dijadikan pertimbangan bagi seorang wanita yang ingin segera hamil.

Fiastuti Witjaksono memberikan alasan vitamin C pada kiwi adalah dua kali lipat dari jeruk dan lima kali lebih banyak dari apel. 
  • Unsur Buah-buah yang mengandung vitamin C kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yangingin hamil dengan mudah.
  • Asam Folat itu bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil dan memiliki "glycaemic indeks" yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.
  • Vitamin C itu dibutuhkan wanita di usia 19-30 tahun untuk batas normal 45 mg per hari, kehamilan membutuhkan 60 mg per hari dan menyusui sebanyak 85 miligram per hari.
  • Vitamin merupakan suatu molekul yang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal. Karena itu, peran vitamin C sangat besar dalam tubuh sebagai antioksidan dan kofaktor dalam pembentukan kolagen dan hormon.
  • Selain itu juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

Manusia harus menerima asupan makanan yang bergizi seperti daging, ayam, telur dan sayur-mayur serta didukung oleh buah-buahan yaitu buah kiwi, jeruk, dan apel, maka yang disebut empat sehat lima sempurna terpenuhi.

Buah-buahan bagi manusia merupakan kebutuhan primer karena tanpa buah maka asupan yang diterima tubuh kurang mendukung pertumbuhannya.

Selain dengan mengatur asupan gizi, langkah lain yang harus ditempuh untuk segera mendapat momongan adalah dengan cara mengatur frekuensi hubungan sex yang disesuaikan dengan masa subur. Hal ini sangat penting karena masa subur wanita hanya terjadi pada 1 atau 2 minggu setelah haid.

Kita juga harus menjalani pola hidup yang sehat. ajak pasangan kita untuk mengatur pola hidup yang sehat dengan cara mengurangi atau bahkan berhenti mengkonsumsi alkohol serta rokok. Rajin berolah raga juga merupakan suatu keharusan bagi pasangan yang ingin segera mendapat momongan.

Apabila segala usaha sudah kita tempuh dan momongan tidak kunjung datang, jangan sungkan untuk mengajak pasangan mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi kesuburan kedua belah pihak.


Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan dan mempercepat kemungkinan kehamilan adalah dengan nenjaga pola makan dan memantau cakupan gizi yang terkandung dalam asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Gizi dan nutrisi optimal sangat dibutuhkan untuk mendukung pembuahan dan perkembangan calon janin. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua nutrisi yang ada pada setiap jenis makanan dibutuhkan oleh bakal janin. Hal ini perlu kita ketahui dengan baik, agar pasangan yang menginginkan kehamilan dapat memilah dan menyeleksi jenis makanan yang akan dikonsumsi.


Seringkali wanita hamil disarankan untuk berhati-hati dengan pola makan mereka dan menghindari makanan yang tidak sehat atau berbahaya untuk bayi. Apakah Anda tahu ada makanan kesuburan beberapa yang dapat membantu Anda mendapatkan cepat hamil? Lihatlah makanan kesuburan yang dapat dimasukkan dalam diet Anda saat Anda mencoba untuk hamil.

Berikut yang mesti diperhatikan agar cepat hamil:

  1. Hal pertama adalah memasukkan dan buah organik dan sayuran segar dalam diet Anda. Hindari makanan kemasan karena mereka pengawet dengan bahan kimia.
  2. Makanan kaya serat membuat gerakan usus aktif dan flushes keluar racun dari tubuh. Oleh karena itu, termasuk biji-bijian, melon, beras merah, biji rami, roti gandum, kacang, gandum dan kacang tanah.
  3. Sayuran berdaun hijau seperti bayam sangat membantu bagi wanita yang ingin mendapatkan cepat hamil. Sayuran ini mengandung antioksidan, zat besi dan asam folat untuk mempertahankan organ reproduksi.
  4. Makanan kaya asam folat membantu mendapatkan cepat hamil. Asam folat meningkatkan produksi telur dalam sistem reproduksi karena itu sehingga mudah untuk hamil. Produk kedelai, kacang split, kuning telur, kentang, tepung terigu, kol, asparagus, bit, pisang, brokoli dan kecambah Brussels kaya akan asam folat.
  5. Seringkali menstruasi yang tidak teratur merupakan masalah dengan perempuan. Untuk hamil cepat, siklus haid Anda harus teratur. Wortel, kacang polong, kentang manis dan jeruk membantu mendapatkan periode tepat waktu.
  6. Vitamin C makanan kaya seperti paprika, jambu biji, brokoli, kubis Brussel, kembang kol, jeruk dan stroberi harus dimasukkan dalam diet untuk mendapatkan cepat hamil.
  7. Produk susu tidak hanya kaya akan kalsium tetapi juga menghasilkan kesuburan hormon FSH dan LH. Selain memiliki yoghurt, susu dan telur, termasuk ikan dalam diet Anda karena mereka adalah makanan kesuburan kaya.
  8. Kacang-kacangan seperti almond, walnut dan aprikot kaya akan asam lemak omega 3 yang merupakan lemak sehat.

sehingga dapat disimpulkan bahwa, Jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pembuahan antara lain:



VITAMIN B6

Merupakan salah satu nutrisi penting yang valid dan tidak dapat ditawar lagi. Mengingat nutrisi ini merupakan pendukung dan pengatur hormon reproduksi/ kesuburan. Terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, kecambah (tauge), dan biji-bijian (sereal, beras, gandum/ roti).
Penting: sebaiknya mengkonsumsi yang masih fresh atau tidak diawetkan (beku/kaleng).


ASAM FOLAT

Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin. Asam folat terkandung dalam sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang kapri, jus jeruk), atau tersedia dalam tablet siap pakai (dapat diperoleh di apotik terdekat). Asam folat dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari pada saat mempersiapkan kehamilan dan beberapa bulan pertama setelah terjadinya kehamilan.
Penting: konsumsi asam folat sebaiknya juga dilakukan dengan dosis harian oleh calon ayah/ suami.


VITAMIN C

Termasuk unsur penting untuk peningkat kesuburan, terutama bagi para calon ayah. Selain itu, vitamin C juga berperan meningkatkan kekebalan tubuh, faktor pendukung yang dibutuhkan bila kehamilan terjadi. Jamak terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, mangga, dan buah-buahan lainnya.


ZAT BESI (Fe)

Calon ibu yang mengalami anemia termasuk dalam kasus sulit hamil. Karena itu zat besi sebagai unsur peningkat jumlah sel darah merah termasuk unsur yang penting dibutuhkan.
Terdapat pada hati, daging merah (sapi, kambing, domba), ayam, kacang-kacangan dan sayuran hijau (bayam).


ZAT SENG (Zinc)

Zat ini berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Umumnya terdapat pada kerang, kuning telur, daging merah, biji-bijian, kacang-kacangan.


AIR

Terapi air termasuk salah satu yang kini sedang digalakkan untuk meningkatkan kesuburan, berpotensi meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan, testosterone dan estrogen. Dianjurkan minum 8-10 gelas air per harinya.


Sebaliknya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh calon ibu hamil, di antaranya:
  1. Makanan mengandung merkuri, Berpotensi menyebabkan bayi cacat dan autis. Perlu diperhatikan karena dapat terdapat pada beberapa jenis ikan, terutama yang berukuran besar seperti hiu, mackerel, ikan marlin.
  2. Makanan olahan, Junk food, keju olahan/soft cheese. Tidak adanya zat gizi yang berguna bagi calon janin
  3. Jenis makanan berpengawet
  4. Makanan kaleng, sarden
  5. Minuman berkafein (kopi, dll), Menurunkan produksi sperma
  6. Rokok dan alcohol, Berpotensi merusak kualitas sperma, sehingga sperma tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Berpengaruh pada kemampuannya mencapai sel telur.
demikianlah sedikit informasi Makanan Sehat Agar Cepat Hamil, mudah - mudahan berguna bafi anda semua.


No comments: