Google+

Sunday, January 20, 2013

Totok atau Pijat Wajah Untuk Kesehatan

Totok atau Pijat Wajah Untuk Kesehatan

Tubuh sehat merupakan aset yang tak ternilai. Beragam cara akan kita tempuh demi mendapatkan tubuh yang sehat. Mulai dari olahraga, konsumsi makanan organik, berhenti merokok, hingga totok aura.

Terapi pijat wajah adalah salah satu cara untuk membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat.

Menurut American Massage Therapy Association, pijat tidak hanya berguna untuk melancarkan aliran darah, tapi juga bisa menghasilkan hormon ebdorfin yang bisa bikin perasaan menjadi lebih tenang.

Di kepala, terdapat banyak sekali titik-titik kesehatan yang bermanfaat untuk teknik pengobatan akupunktur. Titik kesehatan ini juga berlaku dalam teknik acupressure, yaitu teknik pengobatan yang menggabungkan akupunktur dengan teknik pijat.

Selain rambut menjadi lebih sehat, apa kelebihan lain dari perawatan creambath? Pijat di area kepala, leher, dan pundak juga menjadi incaran para wanita saat creambath di salon.

Rileks dan segar akan terasa setelah dipijat, berpadu dengan kesegaran yang dihasilkan setelah menjalani perawatan creambath.

Selain dapat meredakan pegal-pegal, pijat di area kepala juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, karena aliran darah menjadi lebih lancar.


Totok/ pijat wajah telah terbukti sangat menguntungkan karena fakta, bahwa itu membantu keseimbangan kelembaban pada wajah anda untuk menyingkirkan racun / kotoran. Ketika datang untuk pemijatan seluruh tubuh dan peremajaan, selain dari belakang punggung, leher, pijat kepala, pijat wajah dan penotokan wajah juga merupakan ide yang baik untuk melihat ke dalam.

Ini bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan karena tidak akan memerlukan banyak alat-alat dan aksesoris lainnya. Anda hanya perlu sejumlah kecil minyak untuk pijatan pada wajah, mungkin musik santai tentu bisa lebih membantu, Anda harus berada dalam lingkungan yang cukup bersantai. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk menotok wajah Anda belum bisa, di sini adalah bagaimana Anda bisa melakukannya dengan benar. Cobalah pijat wajah Anda. Menurut sumber Holisticonline, pijatan di wajah berfungsi untuk relaksasi otot dan menstimulasi pembuluh darah di bawah kulit, serta membantu mencegah munculnya garis halus dan kerut.

Coba Lakukan Sendiri Totok / Pijat Wajah:

Ketika melakukan pijat wajah di rumah Anda perlu mencari tempat yang tenang atau ruangan di mana tidak ada gangguan selama terapi. Kamar harus jauh dari suara-suara dan gangguan dan harus menawarkan lingkungan yang damai bagi Anda dan pasangan Anda. Pilihlah kursi atau perusahaan tempat di lantai di mana Anda dapat menempatkan tikar pijat lantai. Beberapa bumbu sampai praktisi terapi dengan menggunakan lilin wangi dan musik lembut di latar belakang untuk mengangkat tingkat relaksasi di sekitar ruangan. Ini kembali dalam membuat pasangan Anda merasa lebih santai dan nyaman saat Anda melakukan teknik pemijatan pada wajahnya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan diri dan daerah wajah untuk totok. Sebelum memberikan pijat wajah, Anda harus memastikan bahwa wajah sudah bersih, karena untuk menghindari infeksi dan masalah lain yang disebabkan oleh sanitasi yang buruk. Setelah membersihkan wajah, maka Anda dapat menaruh beberapa minyak pijat pada bagian wajah yang akan di pijat lalu anda mulai dengan penotokan.

Daripada menggunakan minyak pijat , gunakan air hangat untuk mencuci muka, mengendurkan jaringan otot serta kulit pada wajah untuk memungkinkan manipulasi yang lebih baik dan menerima hasil terbaik dari terapi.

Tapi tentu saja, Anda juga harus memastikan bahwa daerah di mana Anda tinggal juga bersih. Ketika semuanya diatur, Anda kemudian dapat melanjutkan untuk memijat wajah Anda setelah itu dilanjutkan dengan penotokan. Pada dasarnya, Anda akan membutuhkan kedua tangan Anda – jari telunjuk, jari tengah dan jari manis Anda pada khususnya.

Wajah penyadapan adalah salah satu cara untuk memijat wajah Anda. Anda hanya perlu menggunakan jari Anda untuk menyentuh wajah Anda seperti Anda sedang bermain piano dari dahi ke dagu. Hal ini mungkin terdengar seperti Anda hanya bermain tapi lembut menekan wajah Anda sebenarnya merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf dan bahkan mendapatkan bantuan sinus. Hanya pastikan bahwa mata Anda tertutup ketika Anda melakukan hal ini.

lakukan gerakan memijat dengan kedua telapak tangan menekan secara lembut. Mulailah dari leher, perlahan pindahkan kedua tangan dengan pelan-pelan sambil tetap memijat ke arah pipi, lalu ke bagian pelipis. Lanjutkan dengan gerakan stimulasi. pakai bagian belakang jari tangan dan gerakan bergantian dengan arah melingkar di sekitar pipi, leher, dan bawah dagu.

untuk melancarkan aliran darah, letakkan salah satu ibu jari dan jari tangan di kedua alis. Tekan secara perlahan sambil digerakkan perlahan mulai dari ujung alis sampai di tulang hidung bagian atas dekat mata.

Selain dari penyadapan wajah, Anda juga bisa fokus pada dahi Anda. Dengan hanya menempatkan jari-jari Anda di atas alis Anda dan kemudian memindahkan mereka dalam gerakan melingkar, Anda akan dapat merasa rileks, mengurangi stres atau menyingkirkan rasa sakit jika Anda menderita sakit kepala/migrain.

Bagian lain dari pijat wajah adalah pijat telinga bila Anda pada dasarnya akan memerlukan jari telunjuk dan jari tengah Anda untuk membentuk huruf “V”. Jari telunjuk Anda harus berlokasi di belakang telinga dan jari tengah di sisi yang berlawanan kemudian bergerak jari Anda ke atas dan bawah sambil menekan mereka tegas terhadap kulit Anda. Dengan cara ini, kulit di daerah tersebut akan santai yang akhirnya menjadi ketat.

Ini hanya beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan ketika datang untuk memijat wajah. Setelah pemijatan wajah selesai di lanjutkan dengan penotokan pada wajah. Totok wajah baik untuk sirkulasi darah yang untuk memperlancarkan peredaran darah pada wajah. Agar wajah kencang dan kenyal, juga memberikan pancaran sinar yang segar.

totok wajah ini bukan hanya diminati perempuan, laki-laki pun banyak yang melakukannya. "Totok aura itu melakukan sentuhan lembut terhadap wajah, menyalurkan energi Qi dari jari-jari tangan ke wajah agar auranya keluar. dipilihnya qi, karena qi adalah energi vital, di dalam tubuh manusia terdapat energi vital, dan untuk mengoptimalkan energi qi dapat dilakukan bermacam cara, salah satunya dengan teknik pernafasan. Pada totok aura wajah, kita bernafas, kemudian menyalurkan energi, sambil konsentrasi pada jari-jari tangan.

Tak hanya untuk kecantikan, seperti mengurangi kerutan, menghilangkan flek hitam, mengencangkan wajah, totok aura juga bermanfaat untuk kesehatan, pusing sebelah, gangguan pendengaran, ketenangan jiwa, menghilangkan stres, mengurangi ketegangan syaraf, serta berguna untuk relaksasi.

Totok wajah bisa dilakukan setiap hari dan nggak ada masalah. Tetapi setelah ditotok, jangan langsung cuci muka. Karena ketika ditotok ada nutrisi yang masuk ke dalam wajah, kalau cuci muka, nutrisinya hilang.

cara praktis melakukan totok aura sendiri di rumah. Caranya adalah:

  • Oles wajah dengan minyak murni.
  • Pijat mulai dari tengah-tengah alis, lalu ke alis, hingga ke ujungnya. Lakukan dengan dua tangan, kiri-kanan.
  • Pijat kantong mata. Dari atas ke bawah, lalu mengarah ke hidung, dagu, dan atas bibir.
  • Pijat bawah bibir. Pijat dari sisi bawah bibir ke atas, mengikuti arah tulang pipi. Kemudian pijat pada bagian pipi dan telinga.
  • Pijat kerutan dahi. Dari atas alas ke arah atas (sampai batas rambut). Dilanjutkan dengan pemijatan di tengkuk.

Disamping totok wajah diatas, di beberapa negara di Asia, chi dipercaya mampu mengalirkan energi postif dalam tubuh sehingga membuat tubuh kembali sehat dan bercahaya. Hanya dengan menekan beberapa titik penting pada wajah, Anda bisa merangsang timbulnya chi, membuat wajah jadi rileks, dan mengembalikan rona kesegaran di pipi. Untuk merangsang chi pada wajah, lakukan beberapa langkah berikut:

  • Gunakan jari telunjuk dari masing-masing tangan untuk menemukan titik-titik wajah yang akan dipijat. Tekan titik wajah yang diinginkan dengan lembut selama beberapa saat. Kemudian pindahkan ujung jari menuju bagian wajah lainnya, dan lakukan tekanan dengan ujung jari kembali.
  • Setelah semua bagian wajah dipijat dengan menggunakan jari telunjuk, lakukan sekali lagi dengan menggunakan empat jari kecuali ibu jari. Beri tekanan dari empat ujung jari secara ritmis mirip gerakan hujan.
  • Untuk menstimulasi peredaran darah, pukul-pukul perlahan bagian pipi dan dahi Anda dengan kepalan tangan.
  • Setelah selesai melakukan pemijatan ini, akhiri dengan menangkupkan telapak tangan ke wajah untuk relaksasi.



Manfaat titik-titik akupunktur/pijat di wilayah garis hidung Tengah .
PIJAT HIDUNG GARIS KE SATU/ TENGAH HIDUNG
Menurut Oei Gin Djing, berdasarkan dokumen kuno dan uji coba di berbagai klinik akupuntur, pijat hidung sangat bermanfaat untuk meredakan gangguan pada mata. Berikut daerah di hidung yang perlu dipijat: (lihat gambar)

1. Titik kepala dan muka

Terletak di atas garis tengah hidung, pada jarak sepertiga lebar dahi dari batas rambut depan. Lebar dahi diukur dari titik tengah garis yang menghubungkan puncak kedua alis dengan titik tengah batas rambut depan. Khasiat pijat di titik ini untuk mengatasi keluhan di daerah muka dan kepala.

2. Titik tenggorokan

Terletak di pertehgahan antara titik nomor 1 dan nomor 3. Khasiatnya dapat mengatasi keluhan di daerah tenggorokan, leher, dan pita suara.

3. Titik paru-paru unsur logam

Terletak di pertengahan antara kedua ujung alis. Paru-paru berhubungan dengan lingkungan luar melalui hidung dan berhubungan dengan usus besar. Paru-paru mendapatkan oksigen dengan perantaraan hidung yang menghirup udara.

4. Titik jantung unsur api

Terletak di pertengahan antara kedua sudut mata dalam. Organ jantung berhubungan dangait lidah dan usus kecil.

5. Titik hati unsur kayu

Terletak d puncak tulang hidung atau di pertengahan garis yang menghubungkan kedua puncak tulang pipi. Organ hati berhubungan dengan lingkungan luar melalui mata dan berhubungan dengan kandungan empedu. Kondisi hati yang buruk tercermin di mata. Contohnya, mata penderita hepatitis terlihat kuning.

6. Titik limpa unsur tanah

Terletak di batas bawah tulang hidung. Limpa berhubungan dengan lingkungan luar melalui bibir dan berhubungan dengan lambung. Limpa berfungsi mengatur sel darah merah. Bila kekurangan darah, bibir penderitanya akan terlihat pucat.

7. Titik ginjal unsur air

Berada di atas puncak hidung. Ginjal berhubungan dengan lingkungan luar melalui telinga. Baik buruknya telinga menggambarkan kondisi ginjal. Ginjal juga berhubungan dangan kandung kemih.

8. Titik kelamin luar

Terletak tepat pada batas bawah hidung. Khasiatnya mengatasi gatal-gatal pada alat kelamin.

9. Titik ying siang dan titik nei ying siang

Terletak di samping cuping hidung sebelah bawah sekitar 1 cm ke arah luar dan di sisi cuping hidung bagian atas. Khasiat terapi di titik ini untuk mengobati gangguan pada bola mata, hidung tersumbat, mimisan, dan hidung meler atau rhinitis.

Trio Massage

Dari sekian banyak titik akupunktur, ada tiga titik pemijatan untuk metode ini, di antaranya rambut, kulit kepala, dan leher. Teknik ini memberi relaksasi pada rambut yang dapat melepaskan ketegangan pada kulit kepala dan leher.

Bai Hui

Titik tekan Bai Hui terletak pada area vertex, enam jari di atas batas rambut, pada pertengahan garis yang menghubungkan dua telinga di bagian atas. Pijatan pada bagian ini berguna untuk menghindari rambut rontok, meredakan sakit kepala, menghilangkan pusing, dan mengurangi hipertensi. Cara melakukannya ialah dengan menekan ujung atas kepala dengan jari tengah atau jari telunjuk selama 20-30 detik.
Titik tekan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kegelisahan, ketegangan, dan rasa takut. Dalam ilmu psikologi Cina, orang yang merasa takut energi Chi dalam tubuhnya tidak naik, sehingga tidak dapat berpikir dengan jernih.

Tai Yang

Titik tekan Tai Yang berada di lekukan sekitar satu jari belakang pada pertemuan antara ujung alis samping dan bagian terluar kelopak mata. Manfaatnya untuk meredakan sakit kepala, meredakan kelelahan otot mata, menghilangkan migren, dan mengatasi gangguan mata, seperti mata lelah karena terlalu lama menatap layar televisi atau komputer. Tai Yang juga berguna untuk menghindari paralysis wajah, yaitu kulit wajah yang kendur atau tidak simetris karena gejala stroke.
Cara memijat titik Tai Yang ialah dengan menekan kedua sisi kepala atau di dekat ekor mata. Tekan dengan ibu jari selama 20-30 detik. Titik ini terhubung dengan area syaraf mata, wajah, dan otak, sehingga tidak heran jika banyak orang menempel koyo di bagian ini jika sedang sakit kepala.

Feng Chi

Titik tekan Feng Chi berada di bagian belakang leher, di bawah tulang oksipital, pada lekukan di bagian atas antara otot sternokleidomastoideus dan otot trapezius. Fungsinya untuk mengatasi masalah pada leher yang kaku dan pegal, serta insomnia. Caranya dengan menekan leher menggunakan satu tangan dengan jempol berada di sisi kanan leher dan empat jari lainnya di sisi kiri leher selama 20-30 menit. Lakukan juga untuk sisi sebaliknya. Ketika satu tangan memijat leher, tangan lainnya memegang kepala. Tarik rambut dengan dua tangan ke bagian tengah kepala dan kepala ditekan ke bawah.



titik meridian pada wajah

Ada 9 meridian yang di stimulasi / berpengaruh pada totok wajah, diantaranya:

  1. Meridian DU (tulang belakang)
  2. Meridian REN (kelenjar seks)
  3. Meridian Lambung
  4. Meridian Usus Besar
  5. Meridian Usus Kecil
  6. Meridian Kantung Kemih
  7. Meridian Kantung Empedu
  8. Meridian Tri Pemanas
  9. Meridian Istimewa

Dengan melakukan totok seperti di atas, kita dapat mendeteksi penyakit. Misalnya ada bagian tubuh yang sakit saat dipijat mengindikasikan ada "sesuatu" yang tidak sehat dalam tubuh kita. Seperti lambung di bawah mata, kolesterol di tengkuk, ginjal di hidung bagian atas, dan jantung di pinggir telinga. Dan untuk Anda yang akan menjalankan ibadah puasa, karena totok ini dapat membuat wajah segar. Totok ini bagus kalau diaplikasikan ketika puasa. Karena bikin wajah fresh, cerah, ceria, dan lambung semakin bagus.