Google+

Saturday, March 16, 2013

tehnik pijat dan Titik Akupuntur Kecantikan

tehnik pijat dan Titik Akupuntur Kecantikan

Di kepala, terdapat banyak sekali titik-titik kesehatan yang bermanfaat untuk teknik pengobatan akupunktur. Titik kesehatan ini juga berlaku dalam teknik acupressure, yaitu teknik pengobatan yang menggabungkan akupunktur dengan teknik pijat.

Selain rambut menjadi lebih sehat, apa kelebihan lain dari perawatan creambath? Pijat di area kepala, leher, dan pundak juga menjadi incaran para wanita saat creambath di salon.

Rileks dan segar akan terasa setelah dipijat, berpadu dengan kesegaran yang dihasilkan setelah menjalani perawatan creambath.

Selain dapat meredakan pegal-pegal, pijat di area kepala juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, karena aliran darah menjadi lebih lancar.


Salah satu metode pijat di bagian kepala ialah “Trio Massage”. Dari sekian banyak titik akupunktur, ada tiga titik pemijatan untuk metode ini, di antaranya rambut, kulit kepala, dan leher. Teknik ini memberi relaksasi pada rambut yang dapat melepaskan ketegangan pada kulit kepala dan leher.
  1. Titik tekan Bai Hui terletak pada area vertex, enam jari di atas batas rambut, pada pertengahan garis yang menghubungkan dua telinga di bagian atas. Pijatan pada bagian ini berguna untuk menghindari rambut rontok, meredakan sakit kepala, menghilangkan pusing, dan mengurangi hipertensi. Cara melakukannya ialah dengan menekan ujung atas kepala dengan jari tengah atau jari telunjuk selama 20-30 detik. Titik tekan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kegelisahan, ketegangan, dan rasa takut. Dalam ilmu psikologi Cina, orang yang merasa takut energi Chi dalam tubuhnya tidak naik, sehingga tidak dapat berpikir dengan jernih.
  2. Titik tekan Tai Yang berada di lekukan sekitar satu jari belakang pada pertemuan antara ujung alis samping dan bagian terluar kelopak mata. Manfaatnya untuk meredakan sakit kepala, meredakan kelelahan otot mata, menghilangkan migren, dan mengatasi gangguan mata, seperti mata lelah karena terlalu lama menatap layar televisi atau komputer. Tai Yang juga berguna untuk menghindari paralysis wajah, yaitu kulit wajah yang kendur atau tidak simetris karena gejala stroke. Cara memijat titik Tai Yang ialah dengan menekan kedua sisi kepala atau di dekat ekor mata. Tekan dengan ibu jari selama 20-30 detik. Titik ini terhubung dengan area syaraf mata, wajah, dan otak, sehingga tidak heran jika banyak orang menempel koyo di bagian ini jika sedang sakit kepala.
  3. Titik tekan Feng Chi berada di bagian belakang leher, di bawah tulang oksipital, pada lekukan di bagian atas antara otot sternokleidomastoideus dan otot trapezius. Fungsinya untuk mengatasi masalah pada leher yang kaku dan pegal, serta insomnia. Caranya dengan menekan leher menggunakan satu tangan dengan jempol berada di sisi kanan leher dan empat jari lainnya di sisi kiri leher selama 20-30 menit. Lakukan juga untuk sisi sebaliknya. Ketika satu tangan memijat leher, tangan lainnya memegang kepala. Tarik rambut dengan dua tangan ke bagian tengah kepala dan kepala ditekan ke bawah.
disamping itu, berikut ini titik akupuntur yang berkhasiat untuk kecantikan:

Titik Wajah (Lokal)

Chengqi (ST 1)
Lokasi: tepi bawah orbita, tepat di garis lurus yang ditarik melalui pusat pupil mata pada waktu melihat ke depan. Indikasi: menggembungkan kelopak mata. Teknik menusuk: tegal lurus sedalam 0,3-0,7 cun, Dilarang moksa.
Sibai (ST 2)
Lokasi: pada lekukan bawah lubang mata, 1 cun di bawah pupil mata. Indikasi: Facial paralysis atau pigmentasi. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,2-0,3 cun. Dilarang moksa.
Juliao (St 3)
Lokasi: 0,3 cun dari sisi luar LI 20, tepat di bawah bola mata setinggi bagian bawah cuping hidung. Indikasi: wajah lumpuh. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-0,4 cun.
Dicang (ST 4)
Lokasi: Setinggi dan horisontal dengan sudut mulut, 0,4 cun ke lateral. Indikasi: kerutan di sekitar bibir. Teknik menusuk: ditusuk dengan menjurus ke arah angulus mandibula sedalam 0,3-0,7 cun.
Jiache (ST 6)
Lokasi: anterior dan superior dari angulus mandubula. Bila mengigit dengan keras, maka timbullah sebuah benjolan otot. Indikasi: kerutan wajah , facial paralysis dan masticatory (mengunyah) spasm toothache. Teknik menusuk: miring 0,3-0,5 cun ke arah Dicang.
Xiaguan (ST 7)
Lokasi: dalam sebuah lekukan di bawah arkus zigomatikus, di depan kondilus mandibula. Indikasi: kerutan pada wajah. Teknik menusuk: tegal lurus sedalam 0,3-0,5 cun.
Quanliao (SI 18)
Lokasi: tepat di bawah kantus eksternus mata, di bawah os zigomatikus. Indikasi: kerutan wajah. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,2-0,3 cun
Tinggong (SI 19)
Lokasi: di depan tragus pada sendi mandibular. Indikasi: pigmentasi wajah dan kerutan. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-0,5 cun.
Cuanzhu (BL 2),
Lokasi: pada ujung medial alis mata. Indikasi: keriput di sekitar mata. Teknik menusuk: mendatar dengan arah ke bawah atau lateral sedalam 0,3-0,4 cun
Er¡¯men (TE 21)
Lokasi: sedikit anterior dari tragus. Terasa lekukan kalau mulut dibuka besar. Indikasi: Facial spasm. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-0,8 cun
Sizhukong (TE 23)
Lokasi: ujung lateral dari alis mata, pada sebuah lekukan. Indikasi: Facial spasm. Teknik menusuk: mendatar sedalam 0,3 cun.
Tongziliao (GB 1),
Lokasi: Pada bagian lateral orbita, pada kantus lateralis mata. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: mendatar dengan arah ke belakang sedalam 0,2-0,4 cun.
Tinghui (GB 2)
Lokasi: Kira-kira 0,5 cun di depan intertragical notch telinga. Di bawah Tingkung. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3-1 cun.
Yangbai (GB 14)
Lokasi: Pada kening, 1 cun di atas pertengahan lengkung alis mata. Satu garis vertikal letaknya dengan pupil bilamana mata melihat ke depan. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: mendatar ke arah bawah, 0,3-0,5 cun.
Chengjiang (Ren 24)
Lokasi: Pada tengah-tengah lekukan di bawah labium oris inferior. Indikasi: Paralisis fasialis, pembengkakan muka. Teknik menusuk: miring sedalam 0,2-0,3 cun.
Suliao (Tu 25)
Lokasi: Tepat dipuncak hidung. Indikasi: menghilangkan komedo. Teknik menusuk: miring, ujung jarum diarahkan ke atas sedalam 0,1-0,2 cun.
Yintang (EX-HN-2)
Lokasi: Pada batang hidung, pertengahan jarak ujung alis mata. Indikasi: penyakit hidung, sakit kepala, kejang terutama pada anak. Teknik menusuk: miring/mendatar sedalam 0,2-0,3 cun. Moksa terlarang.
Taiyang (EX-HN-4)
Lokasi: Dalam lekukan yang didapat pada perpotongan garis perpanjangan lengkung alis mata dan garis mendatar dari sudut mata. Indikasi: sakit kepala, migren, mata bengkak dan merah. Teknik menusuk: 0,2-0,3 cun atau dengan jarum prisma mengeluarkan darah. Moksa terlarang.
Yuyao (EX-HN-3)
Lokasi: ditengah-tengah lengkung alis mata. Indikasi: penurunan pelupuk mata. Teknik menusuk: menelusuri sepanjang kulit sedalam 0,3-0,5 cun


Titik Tangan

Chize (LU 5)
Lokasi: daerah lipatan siku, sisi radial dari tendon otot biceps. Indikasi: pewarnaan pigmen kulit dan tanda-tanda ketuaan. Teknik menusuk: tegal lurus sedalam 0,3 – 0,5 cun. Dilarang moksa.
Yuji (LU 10)
Lokasi: pertengahan tulang metakarpal bagian radial dan batas perubahan warna telapak tangan. Indikasi: Rosacea, acne. Teknik menusuk: tegak lurus, sedalam 0,5 – 0,7 cun.
Hegu (LI 4)
Lokasi: pertengahan sisi radial tulang metakarpal II dan bagian atas manus (dorsum manus). Indikasi: keriput wajah, rosacea, jerawat dan pigmentasi wajah. Teknik menusuk: tegak lurus, sedalam 0,5 – 0,8 cun.
Quchi (LI 11)
Lokasi: sisi lateral lipatan siku (ujung kerutan lipatan siku) pada saat lengan ditekuk.. Indications: pigmentasi wajah, jerawat, rosacea dan alopecia. Teknik menusuk: tegak lurus, sedalam 0,8 – 1,5 cun.
Neiguan (PC 6)
Lokasi: 2 cun di atas pergelangan tangan, antara tendon M. palmaris longus dan M. fleksor karpiradialis. Indikasi: Dark-looking complexion. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,5-0,9 cun
Waiguan (TE 5),
Lokasi: 2 cun di atas pergelangan tangan, pada sisi radial tendon M ekstensor digitorum komunis. Indikasi: Facial spasm. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,7-0,9 cun


Titik Kaki

Sanyinjiao (SP 6)
Lokasi: 3cun di atas maleolus medialis tepat di tepi posterior tibia. Indikasi: penyakit lambung dan limpa, edema. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,5-0,9 cun. Sebaiknya arah jarum menuju tibia.
Xuehai (SP10)
Lokasi: di sebelah atas dari epikondilus medialis femoralis, kira-kira dua cun cranial dari tepi patella, pada bagian yang menonjol dari M. vastus medialis. Indikasi: dismenor, amenor, eksim. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,7-1,2 cun
Zusanli (ST 36)
Lokasi: 3 cun di bawah Tu Pi, satu jari lateral dari krista tibia. Indikasi: Obesity, pigmentasi atau ketegangan wajah, edema, alergi kulit, alopecia, dan kerutan pada wajah. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,5-1,3 cun
Fenglong (ST 40)
Lokasi: Pada bagian anterior lateral dari tungkai bawah, di tengah-tengah antara Tu Pi dengan Cie Si, lalu ke lateral 2 jari. Indikasi: Obesity. Teknik menusuk: tegak lurus, 0,5-1,3 cun.
Taichong (LR 3),
Lokasi: Distal dari pertemuan tulang-tulang metatarsal I dan II. Indikasi: chloasma . Tegak lurus sedalam 0,5 cun. Awas arteri.
Taysi (Ki 3)
Lokasi: di antara tendon akiles dengan maleolus internus, setinggi bagian prominen (menonjol) dari maleolus internus. Indikasi: insomnia. Teknik menusuk: tegak lurus sedalam 0,3 cun


Titik Kepala

Fengchi (GB 20)
Lokasi: Setinggi Fungfu (TU 16), 1 cun dari batas rambut belakang dalam sebuah lekukan. Pada pertengahan ujung M. sternokleidomastoideus dan M. trapezius. Indikasi: Facial spasm, keriput dan kebotakan. Teknik menusuk: tegak lurus ke arah mata sedalam 0,5-0,7 cun.
Baihui (TU 20)
Lokasi: 7 cun dari garis batas rambut posterior dan 5 cun dari garis batas rambut anterior. Indikasi: pusing, vertigo, epilepsi dll. Teknik menusuk: ke belakang sedalam 0,3 cun.
Untuk mencari titik ini sila ikut rajah seperti di atas. Ianya terletak di atas lekukan kecil yang berada di atas kepala. Titik ini adalah pertemuan ratusan titik dan jika ditekan maka ratusan titik akan aktif juga. Untuk masalah di kepala sila tekan titik Baihui ini.
Khasiat titik DU20 Baihui adalah elok untuk buasir, kejang, sawan, pendarahan otak, kepala pusing-pusing, pengsan (elok digabung dengan titik Shuigou DU26), pelupa, hilang ingatan dan tingkatkan kecerdasan.
Sishencong (EX-HN-1)
Lokasi: titik ini merupakan empat sekawan, yang terletak 1 cun luar, dalam, muka dan belakang titik Baihui (TU 20). Indikasi: kegelisahan, amnesia ayan, parkinson . Teknik menusuk: miring menuju ke titik Baihui sedalam 0,3-0,5 cun