Google+

Friday, April 18, 2014

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya

manfaat Lidah Buaya
Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Klasifikasi Ilmiah
Nama
 Jenis
Kerajaan Plantae
Divisi Spermatophyta
Kelas Monocotyledoneae
Ordo Liliflorae
Famili Liliceae
Genus Aloe
Spesies Aloe Vera
taksonomi lidah buaya
Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.


Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, ternyata kandungan kimia dalam lidah buaya dapat memberikan manfaat yg sangat besar bagi kesehatan tubuh.

  1. Dr. Bill Wolfe melakukan penelitian pada tahun 1969 dan berhasil membuktikan lidah buaya efektif dalam membunuh bakteri Staphylococcus aureus selaku bakteri penyebab infeksi.
  2. Penggunaan ekstrak getah lidah buaya dalam mengobati penyakit gigi dengan cara menyuntikkannya pada bagian gigi yg infeksi dilakukan oleh S.levnson dan K. somova.
  3. Laporan penelitian yg dibuat oleh John Heggars menemukan bahwa fungsi dari asam salisilat pd lidah buaya tidak ubahnya seperti aspirin yg dapat mengontrol rasa sakit serta memiliki sifat anti infeksi dan anti mikrobakteri.
  4. Agarrt,et al (2005) ,telah berhasil membuktikan bahwa ekstrak dari lidah buaya sudah menunjukkkan efektifitasnya pada staphylococcus aureus dgn zona lambat 18 mm oleh gel dan 4 mm oleh kulit daun lidah buaya dgn konsentras 25.


khasiat Lidah Buaya
Zat Yang Terkandung Dalam Lidah Buaya

Kandungan kimia dalam lidah buaya berupa : Aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, aloenin, aloesin.
Kandungan Zat Gizi dalam lidah buaya berupa : vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, choline, inositol dan asam folat. Kandungan mineralnya antara lain terdiri dari: kalsium (Ca), magnesium (Mg), potasium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn), dan kromium (Cr).
Sedangkan daun lidah buaya segar mengandung enzim amilase, catalase, cellulase, carboxypeptidase, dan lain-lain, serta mengandung sejumlah asam amino arginin, asparagin, asam aspartat, alanin, serin, valin, glutamat, treonin, glisin, lisin, prolin, hisudin, leusin dan isoleusin.
Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut

Klasifikasi Serta Kandungan Zat Lidah Buaya :: aloe vera atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan lidah buaya merupakan salah satu spesies dari tanaman lilieceae. Lidah buaya sudah dikenal sejak jaman mesir kuno sebagai bahan obat (luka bakar, infeksi ) dan kecantikan (perawatan kulit).

Ciri umum dari lidah buaya ( aloe vera )

Lidah buaya ( Indonesia ) atau dikenal di Malaysia dgn nama jadam atau crocodile tongue untuk sebutan di ingris, memiliki ciri-ciri umum yang mudah dikenali,yaitu :
  • Struktur tanaman seperti tanaman lainnya yaitu terdiri dari akar, batang, daun, serta bunga.
  • Daun tunggal membentuk tombak dgn helaian memanjang berupa pelepah dgn panjang sekitar 40-60 cm, lebar 8-13 cm, ketebalan daun berkisar antara 2-3 cm.
  • Daun lidah buaya berdaging tebal, tanpa tulang, warna hijau keabu-abuan.
  • Pada daun bagian luar terdapat lapisan lilin.
  • Daun bersifat sukulen ( mengandung air, getah,serta lender).
  • Bagian atas daun rata sedangkan bagian bawah bulat / cembung.
  • Pada daun lidah buaya muda, terdapat bercak berwarna hijau pucat hingga putih, Bercak ini akan hilang ketika daun lidah buaya dewasa / tua.
  • Bagian tepi daun ditumbuhi duri yg tumpul dan tidak berwarna.

Struktur daun lidah buaya.

Daun lidah buaya dapat dibagi menjagi tiga bagian, yaitu :

  1. Kulit daun : merupakan bagian terluar dari struktur daun dengan warna hijau.
  2. Eksudat : merupakan getah yg keluar dari daun ketika dilakukan pemotongan. Eksudat berbentuk cair, warna kuning dengan rasa pahit. Pada bagian ini terkandung sejumlah zat yaitu 8- dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins)
  3. Gel : merupakan bagian daun terdalam yang berlendir. Gel diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan. Dalam gel ini terkandung sejumlah unsur-unsur antara lain : Air, karbohidrat, lemak, dan beberapa vitamin. Komposisi lengkap silahkan lihat tabel dibawah ini :
Komponen
Jumlah
Kadar air
95 %
Karbohidrat (g)
0.30
Kalori (kal)
1.73-2.30
Lemak (g)
0.05-0.09
Protein (g)
0.01-0.06
Vitamin A ( IU)
2.00-4.60
Vitamin C (mg)
0.50-4.20
Thiamin (mg)
0.003-0.004
Riboflavin (mg)
0.001-0.002
Niasin (mg)
0.038-0.040
Kalsium (mg)
9.920-19.920
Besi (mg)
0.060-0.320
Sumber : Morsy (1991)

Khasiat Lidah Buaya

Sejak tahun 1500 Sm bangsa Mesir sudah mengenal tanaman lidah buaya sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini adalah manfaat dari daun lidah buaya yaitu :

Mengurangi gula dalam darah

Lidah buaya mengandung aloe emodin, yaitu sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta yang bermanfaat untuk mengurangi rasio gula darah.
Di dalam pengobatan tradisional India, daun lidah buaya sering digunakan untuk mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada seseorang yang menderita diabetes.

Obat antiseptik dan obat luka bakar

Bagiuan daun dan akar dari lidah buaya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan bagian daun lidah buaya mengandung tanin dan polifenol.
Saponin berfungsi sebagai pembersih yang sangat berguna untuk menyembuhkan luka terbuka, sedangkan tanin bisa digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar. Flavonoid dan polifenol mempunyai aktivitas sebagai antiseptic.

Obat pencahar

Lidah buaya lateks mengandung molekul dengan efek pencahar yang kuat (anthranoids), yang sangat efektif untuk mengatasi sembelit.

Regenerasi kulit

Karena lidah buaya tinggi akan antioksidan (flavonoid, vitamin C, beta-karoten), maka dari itu lidah buaya juga memiliki efek anti-penuaan atau membantu regenerasi jaringan kulit.
Selain itu lidah buaya juga bisa memudarkan bekas luka dan garis-garis putih atau merah pada masa kehamilan atau strecth mark, merawat luka kecil akibat teriris pisau dan tergores serta memudarkan bintik-bintik kehitaman pada kulit.

Membantu pencernaan

Gel lidah buaya mampu mengusir dan membinasakan racun dan bahan asing lainnya yang biasanya menempel pada usus.
Racun dan benda asing yang menempel pada usus sangatlah berbahaya sebab mengakibatkan akumulasi limbah sehingga dapat memblokir saluran usus dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.
Manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan limbah dan membantu dalam pengaturan asam. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari menderita gangguan pencernaan dan juga dapat membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi normal.

Penyubur rambut

Ambil beberapa daun lidah buaya segar lalu belah dan ambil bagian dalamnya yang mirip dengan agar-agar. Kemudian gosok-gosokkan ke kulit kepala selama beberapa menit sesudah mandi sore. Kemudian dibungkus dengan kain. Esok harinya rambut dicuci. Lakukan setiap hari selama 3 bulan untuk hasil memuaskan.

Luka Bakar atau tersiram air/minyak panas

Cuci bersih daun lidah buaya, ambil bagian dalam lalu tempelkan pada bagian yang terbakar atau yang terkena air/minyak panas.

Bisul

Ambil daun lidah buaya lalu lumatkan kemudian tambahkan sedikit garam lalu tempel pada bisul.

Kecing manis (diabetes)

Lidah buaya memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula di dalam darah. Menurut para ahli, denagn mengkonsumsi setengah sendok jus lidah buaya selama 14 minggu, maka hasilnya adalah dapat mengurangi kadar gua darah sebesar 45 persen.

Lidah buaya dapat mengobati penyakit kecing manis (diabetes), adapun racikannya sebagai berikut: 
1 batang lidah buaya dicuci bersih, dibuat durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 galas air sampai menjadi 1 1/2 galas Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.

Batuk rejan

Batuk rejan (batuk tidak henti-hentinya) dapat diobati dengan cara merebus daun lidah buaya yang telah dibersihkan sebelumya lalu ditambah gula sebelum di minum.

Wasir (Ambeien)

Wasir (dalam bahasa Inggris Hemoroid) dapat diobati dengan cara:
1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring. Minum sehari 3 kali.

Sembelit

1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat lidah buaya bagi kulit sangatlah banyak, salah satunya untuk mencerahkan kulit wajah, dengan mengoleskan gelly lidah buaya secara rutin pada wajah dapat mencerahkan wajah secara merata dan lebih alami.

Mengobati Jerawat

Lidah Buaya dapet mengobati jerawat yang bersemi indah pada wajah, hal ini bisa dilakukan dengan mengoleskan getah yang terdapat pada jerawat karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang meringankan infeksi disebabkan oleh jerawat.

Mencegah Rambut Rontok

Kandungan mineral dan vitamin yang banyak pada lidah buaya yang efektif mengobati rambut rontok, campur lidah buaya dengan Shampo dan oleskan pada rambut anda.

Kondisioner Alami

Lidah Buaya merupakan Kondisioner alami karena memiliki efek pendingin, dengan memijit kepala dengan jus lidah buaya secara merata dan mendiamkannya beberapa waktu kemudian dibilas dengan shampo, dapat menyehatkan dan melembutkan rambut anda.

Melawan Ketombe

Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat, nah dengan mengoleskan jelly ke kulit kepala anda, dapat mencegah datangnya ketombe, karena lidah buaya melindungi kulit kepala dari kotoran dan menyembuhkan luka akibat garukan tangan.

Mencegah Kebotakan

Lidah buaya dapat menyuburkan rambut, dan memberikan vitamin pada akar rambut, sehingga memperkecil kemungkinan kerontokan rambut.

Pelembab Alami

Lidah buaya mencegah kekeringan pada rambut, karena jelly lidah buaya sangat baik melindungi rambut terkena sengatan matahari.

Penyubur rambut

Daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Luka terbakar dan tersiram air panas (yang ringan)

Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

Syphilis

Bunga ditambah daging: Direbus, minum.

Cacingan, susah buang air kecil

15 - 30 gram akar kering lidah buaya direbus, minum.

Luka terpukul, luka dalam (muntah jarah)

10 - 15 gram bunga kering lidah buaya direbus, minum atau bunga ditim dengan arak putih, untuk pemakaian luar.

Kencing darah

15 gram daun lidah buaya diperas, ditambah 30 gram gula, ditambah air beras secukupnya, minum.

Mencerahkan Kulit 

Jika ingin kulit nampak cerah dan sehat mungkin tips ini patut di coba, yaitu dengan memanfaatkan lidah buaya yang diambil gel didalamnya, caranya cukup mudah hanya tinggal mengoleskan gel atau isi dari lidah buaya ke seluruh permukaan kulit anda yang ingin dicerahkan.

Mengobati Jerawat

Jerawat memang membuat kita menjadi tidak percaya diri, biasanya seseorang yang mulai beranjak dewasa sering terjadi jerawat bermunculan di area wajah, sebelumnya juga TrenVariasi pernah menulis artikel tentang cara ampuh menghilangkan jerawat secara cepat dan alami, akan tetapi jika ingin mencoba cara lain yaitu dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai alternatif dalam proses menghilangkan jerawat, anda bisa mencobanya. Caranya gampang hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke wajah yang berjerawat setiap malam hari, dan pagi harinya bilas dengan air hingga bersih, lakukan berulang kali agar hasilnya maksimal. Gel dalam lidah buaya membantu mengurangi wajah merah akibat jerawat dan juga dapat menyembuhkan bekas luka karena kandungan gel pada lidah buaya terdapat zat anti inflamasi.

Menghilangkan Minyak Diwajah

Lidah buaya memang banyak sekali manfaat dan kegunaannya, kandungan Vitamin A yang terdapat pada lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain untuk mengobati jerawat dan mencerahkan kulit, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan minyak pada kulit wajah. Dengan memanfaatkan masker dari lidah buaya kulit wajah anda bebas dari minyak yang menimbulkan jerawat. Cara membuat masker lidah buaya sangat gampang, yaitu dengan mengambil gel 1 sendok makan lidah buaya, 1 sendok makan tepung hazel, 1 sendok makan aduk bahan tersebut dengan dicampur sedikit air, setelah merata dan menjadi pasta, masukan satu tetes essential oil lavender dan essential oil peppermint aduk sampai rata setelah itu oleskan pada wajah anda yang berminyak, tunggu sampai 15 menit setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

melembabkan Kulit Kaki

jika kulit kaki anda terasa kering, coba lah menggunakan resep alami dengan memanfaatkan lidah buaya. Hanya dengan membuat scrub lidah buaya dengan cara mudah, kaki anda akan terlihat halus dan lembab. Caranya adalah ambil 1 sedok makan gula dan 1 sendok makan tepung beras, ambil gel lidah buaya secukupnya dan aduk ketiga bahan tersebut hingga berubah menjadi scrub. Setelah itu oleskan sampai rata kebagian kaki anda, setelah 15 menit bilas kaki hingga bersih. Lakukan cara ini 3 kali setiap minggu agar hasilnya maksimal. Kulit kaki tampak lembab, lembut dan halus.

Memutihkan Kulit

Banyak berbagai cara alternatif agar kulit menjadi cerah dan putih, TrenVariasi juga pernah menulis bagaimana membuat kulit putih dan bersinar secara alami anda juga bisa memnacanya. Selain cara tersebut, ada cara yang terbukti efektif untuk memutihkan kulit yaitu dengan memanfaatkan jus lidah buaya dicampur dengan jeruk nipis. Caranya yaitu ambil 1 potong lidah buaya dan ambil dagingnya, kemudian jus lidah buaya dengan dicampur 1 buah jeruk nipis. Oleskan pada wajah anda hingga merata dan diamkan sampai dengan 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Menghilangkan Flek Hitam

Bagi anda-anda yang memiliki flek-flek hitam diwajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat adalah metode ampun untuk menghilangkannya dengan cara alami. Caranya: setelah muka dibersihkan, ambil jelly lidah buayanya, lalu bersihkan dari lendir-lendirnya dan siapkan ke muka setiap pagi juga malam hari. Biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih lalu keringkan. Lakukan minimal 2x sehari berturut-turut. Dijamin, muka anda akan mulus dan terbebas dari flex-flex hitam.Walau memakan waktu lama, namun bila dilakukan secara rutin, hasilnya pun akan maksimal.

Kesehatan Bulu Mata

Bagi anda-anda yang rajin menggunakan maskara, tentunya akan berefek pada kesehatan bulu mata anda. Diantaranya: bulu mata kering dan cepat rontok. Namun anda jangan khawatir karena ada resep khusus yaitu kegunaan jelly liday buaya yang bisa memperkuat akar bulu mata serta menyehatkan bulu mata anda dan bulu mata anda pun akan lebat. Caranya: setiap akan tidur, atau pun saat anda bersantai, cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimiawi seperti maskara. Lalu ambil jelly Lidah Buaya, dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata anda. Biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air biasa hingga bersih. Bila teratur menggunakannya, dijamin bulu mata anda akan kuat, tidak mudah rontok dan tebal.

Menyuburkan Alis

Jelly lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis anda. Caranya setiap tidur diolekan ke alis anda, lalu keesokan harinya dicuci bersih. Semakin anda rajin melakukannnya, maka hasilnya pun akan maksimal.

Gel bercukur

Apabila Anda ingin bercukur dengan nyaman dan aman, Anda tak harus menggunakan krim cukur. Cukup mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya maka Anda akan mempermudah Anda mencukur bulu serta mencegah iritasi. Lidah buaya akan membuat kulit tetap dingin dan nyaman tanpa terasa pedih.

Pembersih make-up

Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Sama seperti rumput laut, lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin. Gelatin tersebut berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh Anda.

Peluang Bisnis Tanaman Lidah Buaya

Pengembangan budidaya lidah buaya merupakan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan pemanfaatan tanaman lidah buaya yang bukan hanya sekedar tanaman berkhasiat obat tapi juga memiliki manfaat lain seperti sebagai bahan makanan dan minuman serta sebuah bahan baku kosmetik. Salah satu peluang usaha yang bisa diciptakan adalah pembuatan minuman lidah buaya (Nata de Aloe). Hasil olahan dari ini nantinya bisa dikemas dalam gelas plastic (cup) dan dapat dipasarkan.

Berikut Ini Urutan Proses Pengolahan Dan Pembuatannya Nata de Aloe:
  1. Pencucian daun lidah buaya. Daun lidah buaya yang telah dipanen, dicuci dengan air bersih agar kotoran yang melekat hilang. Selanjutnya, daun lidah buaya dikupas dengan menggunakan pisau tujuannya untuk memisahkan gel dengan kulit luar daun.
  2. Pemotongan. Daun lidah buaya yang sudah dikupas, dipotong dadu dengan pisau, dan dimasukkan dalam tong plastik, kemudian hasil potongan tersebut dicuci 4 – 5 kali sampai bersih dari lendir.
  3. Perendaman dengan larutan asam sitrat. Hasil potongan gel lidah buaya direndam dengan larutan asam sitrat dalam tong plastic selama 3 hari dengan tujuan untuk menghilangkan lendir.
  4. Pencucian gel. Gel yang telah direndam larutan asam sitrat dimasukkan dalam ember, dicuci 1 kali, lalu direndam dengan air garam selama ± 3 jam sambil dibersihkan dari sisa-sisa kulit yang belum bersih, lalu dicuci lagi 2 – 3 kali.
  5. Pemasakan. Panaskan air hingga 800C, lalu gel dimasukkan dalam panci selanjutnya dimasak selama – 5 menit, angkat gel tersebut lalu ditiris. Selanjutnya siapkan air matang untuk menampung gel setelah dimasak.
  6. Pemanisan. Pemanisan dibuat dengan menggunakan larutan gula pasir yang dicampur air kemudian direbus, selanjutnya dianginkan.
  7. Pengemasan. Gel yang telah siap kemudian dimasukkan dalam cup dan ditambahkan air gula, selanjutnya diseler atau cup ditutup dengan tutup pastik yang telah diberi label.
  8. Pensterilan. Pensterilan dilakukan dengan tujuan agar cup bersih dan bebas dari kuman, yaitu dengan cara cup direndam selama 5 – 10 menit
  9. Pengepakan. Cup yang telah kering diberi sendok dan rapikan tutup plastic, selanjutnya dikemas dalam kardus, diisi 24 cup dalam setiap kardus.


Cara membuat jus lidah buaya sendiri dirumah

Lidah buaya (aloe vera) telah dikenal luas memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ternyata lidah buaya juga dapat dibuat menjadi minuman (juice) segar dengan mengolahnya sederhana. Minuman (juice) segar lidah buaya ini bermanfaat menyembuhkan panas dalam dan sembelit.

Berikut ini resep cara pengolahan lidah buaya menjadi minuman (juice) lidah buaya :
Bahan:
  • Daun lidah buaya (Aloe vera)
  • Jeruk nipis atau asam sitrat
  • Garam dapur
  • Gula pasir

Alat-alat:
  • Pisau terbuat dari stainless steel
  • Tangki pencuci terbuat dari stainless steel
  • Saringan halus
  • Sendok makan
  • Panci/baskom


Cara membuat :
  • Ambil daun lidah buaya segar.
  • Pilih daun yang cukup umur dan tebal. Daun cukup umur berwarna hijau tua, bagian tepi daun berduri lunak dan pucat.
  • Cuci bersih daun lidah buaya, kupas kulit daun hijaunya sehingga nampak daging daun lidah buaya yang bening.
  • Potong daging daun lidah buaya menjadi ukuran kubus.
  • Cuci dengan air hingga lendirnya hilang, kemudian dibilas dengan air bersih.
  • Didihkan air, masukkan potongan daging lidah buaya, diamkan selama 10 menit (matikan api kompor agar daging lidah buaya tidak lembek).
  • Rendam daging lidah buaya dalam larutan asam yang terbuat dari satu liter air matang, kemudian tambahkan satu sendok nakan perasan jeruk nipis.
  • Bilas potongan daging daun lidah buaya dengan air matang, tambahkan larutan gula dan simpan 2-3 jam dalam lemari pendingin.
  • Masukkan dalam plastik kemasan dan siap untuk dipasarkan. Bila ingin disimpan, simpanlah dalam lemari es.


RESEP I

  • Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman.
  • Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.
  • Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (“daging”) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika anda kurang nyaman dengan cara ini, anda dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).
  • Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).
  • Tuang jus lidah buaya buatan anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.
  • Jus lidah buaya anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.

Cara mengkonsumsi jus lidah buaya: 
  • tuang dua sendok makan jus lidah buaya buatan anda ke dalam segelas air matang, lalu aduk. 
  • Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika anda suka.


RESEP II

  • Cuci bersih lidah buaya. Lepaskan kulit lidah buaya, ambil dagingnya. Lalu, potong sesuai selera.
  • Cuci hingga bersih (tidak berlendir) dan tiriskan.
  • Untuk menghilangkan bau lidah buaya yang tak sedap dan mengecilkan pori-pori lidah buaya agar tidak hancur, ambil daun pandan dan masak bersama air. Setelah masak, angkat dan diamkan sekitar 2 menit. Masukkan potongan lidah buaya dan aduk hingga merata.
  • Diamkan selama 5 menit. Lalu, tiriskan dan pisahkan air daun pandan dan lidah buaya. Masukkan dalam toples berbeda. Simpan dalam lemari es.

Cara Membuat Jus
  • Ambil lidah buaya yang sudah diolah sesuai selera ke dalam gelas.
  • Masukan air daun pandan, madu randu dan es batu ke dalam blender hingga berbusa. Lalu, campurkan ke dalam gelas yang telah berisi lidah buaya.
  • Siap disajikan.


PERHATIAN :
Dilarang pakai untuk wanita hamil, gangguan pada sistem pencernaan dan diare.

5 comments:

tattonox said...

Obat Penghilang Tatto permanen

Riska Putri Ayumi said...

thanks gan info nya,,,
sangat sembantu sekali,,,
Tips Kesehatan dan Kecantikan

Pro Bloggers said...

Hello everyone we will show the latest news TELENOVELAS VIDEO and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. This web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.
A que no me dejas
Amor de barrio
Amor de madre
Amor Secreto
Amores con Trampa
Así en el Barrio como en el Cielo
Babilônia
Bajo el mismo cielo
Buscando a María
Caminos de Guanajuato
Diomedes, el Cacique de La Junta
Dueños del Paraíso
Dulce Amor
Entre Caníbales
Entre tu amor y mi amor
Tips Manfaat dan Khasiat

Herbal Radang_Tenggorokan said...

artikel yang bermanfaat,,,terima kasih infonya.

Khoirul Os said...

BEST SELLER PRODUK
TOKO ACHONG - HUA



- RAHASIA MENJADIKAN PENIS BESAR DAN PANJANG

- TIPS MERONTOKAN BULU SECARA PERMANEN

- CARA PRIA DEWASA MAKIN TAHAN LAMA SAAT BERCINTA

- TIPS BIAR SEMAKIN DI SUKAI ISTRI

- CARA MUDAH MEMPERBESAR PAYUDARA

- SOLUSI MEMPERBESAR PAYUDARA DENGAN CEPAT

- CARA MENINGGIKAN BADAN

- SOLUSI TEPAT MENUMBUHKAN RAMBUT BOTAK

- OBAT PENYUBUR SPERMA BUAT PRIA MANDUL

- OBAT PERANGSANG MEMBUAT WANITA BERGAIRAH SAAT BERCINTA

- CARA MEMBUAT WANITA MERANGSANG BIAR MAU DI AJAK ML

- TIPS MEMBESARKAN PENIS DENGAN MINYAK

- COBRA OIL MINYAK PEMBESAR DAN PANJANGKAN PENIS

- CARA MENURUNKAN BERAT BADAN TANPA OLAHRAGA

- INGIN PUNYA TUBUH LANGSING DISINI SOLUSINYA































KLIK

- JUAL BERBAGAI PRODUK : "Obat Pembesar mr.P, "Alat Terapy Pemanjang mr.P, "Obat Vitalitas Sex Kuat dan Tahan Lama, "Obat Herbal Cosmetik Kecantikan, "Aneka Obat Peningkat Libido Sexsual Wanita, "Alat Bantu SexToys P/W