Google+

Sunday, April 27, 2014

Obat Wasir atau Ambeien?

Obat Wasir atau Ambeien?

Wasir atau Ambeien
apa itu Wasir atau Ambeien?
Hemoroid, Piles atau penyakit tumpukan atau di masyarakat lebih dikenal dengan sebutan wasir atau ada juga yang menyebutnya ambeien, merupakan momok bagi penderitanya. Selama ini, wasir dianggap penyakit yang memalukan sebab timbulnya di daerah yang kurang pantas untuk dibicarakan, yakni anus. Akibatnya, penderita wasir kerap kali segan untuk memeriksakan diri. Mereka lebih senang membeli obat tradisional tanpa resep dokter. Padahal, meskipun wasir tidak membahayakan penderitanya, dapat dipastikan kehadirannya cukup mengganggu.

Wasir (hemoroid) adalah penyakit yang disebabkan melebarnya pembuluh darah (vena) di daerah dubur. Ada juga yang menyebutkan, wasir (ambeien, hemoroid) adalah penyakit yang mengenai rektum dan anus yang disebabkan rusaknya pleksus hemoroidalis (pembuluh darah di sekitar rektum dan anus).


Hemoroid dapat digambarkan sebagai gumpalan-gumpalan jaringan dalam saluran anal yang berisi pembuluh darah dan jaringan penunjang yang ada di sekelilingnya, yang terdiri atas otot dan serta elastik. Saluran anal adalah terusan yang panjangnya empat sentimeter yang dilewati tinja dari rektum ke dunia luar. Anus adalah lubang saluran anal ke dunia luar.

Wasir muncul pada orang dewasa baik di perkampungan maupun perkotaan. Penderita wasir stadium lanjut akan membutuhkan pertolongan dokter. Gejala yang tampak ditandai oleh adanya darah yang menetes ketika sedang buang air besar atau muncul tonjolan dan rasa panas di sekitar dubur setelah buang air besar.

Kebanyakan orang beranggapan hemoroid adalah penyakit abnormal, padahal hampir setiap orang memiliki hemoroid. Hemoroid dapat dianggap sebagai penyakit, bila gumpulan-gumpulan itu membesar dan menyebabkan masalah bagi penderitanya.

Wasir merupakan penyakit yang bisa diderita oleh semua orang, laki-laki maupun perempuan. Sebagai penyakit yang menimbulkan masalah bagi penderitanya, wasir diderita sama banyaknya pada laki-laki dan perempuan, dan sedikit meningkat pada wanita yang sedang mengandung dan akan melahirkan. Prevalensinya meningkat antara usia 45 dan 65 tahun. Hampir semua orang dewasa pernah menderita wasir.

Faktor-faktor Penyebab Wasir

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai hal-hal yang dapat menjadi penyebab wasir.
  1. Kebiasaan Mengedan Terlalu Kuat. Jika Anda selama beberapa lama berjongkok di WC, sisa makanan yang menumpuk di perut tak kunjung keluar. Akhirnya, setelah beberapa menit berlalu, Anda menambah kekuatan untuk mengedan. Sayang, bukan hanya sisa makanan di dalam perutnya dalam bentuk kotoran yang keluar dari anusnya, tapi juga benjolan daging. Jika mengalami kejadian seperti ini disarankan Anda tidak mengedan terlalu keras. Tekanan yang keras pada saat mengedan dapat menyebabkan trauma berlebihan pada pleksus hemoroidalis (pembuluh darah di sekitar poros usus dan anus) sehingga menyebabkan wasir. 
  2. Kebiasaan Jongkok Terlalu Lama. Apakah Anda mempunyai kebiasaan sering berjongkok lama di toilet bila buang air besar? Ini bukan kebiasaan yang baik. Sebab, kebiasaan berjongkok lama ketika buang air besar dapat menyebabkan terjadinya wasir. Berjongkok lama akan menyebabkan efek keinginan mengedan dan proses pengeluaran “sisa makanan” akan memakan waktu yang lama. Ini menyebabkan penekanan pada vena hemoroidalis yang bisa memicu wasir.
  3. Kebiasaan Mengangkat Barang Berat. Orang-orang yang mempunyai pekerjaan berhubungan dengan beban yang berat (buruh pelabuhan atau olahragawan angkat berat) bisa terkena wasir. Pada saat mengangkat barang berat, tenaga yang dibutuhkan cukup besar, sehingga tenaga itu bisa menekan daerah perut juga daerah sekitar poros usus dan anus. Karena tenaga yang dikeluarkan besar bisa menyebabkan tinja yang keluar terlalu dipaksa pada pleksus hemoroidalis. Efeknya akan terjadi penekanan pada pleksus hemoroidalis dan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah tersebut.
  4. Ibu yang Sedang Hamil. Ibu yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Di samping itu ibu hamil dapat menderita wasir sampai pada waktunya melahirkan. Saat melahirkan bayinya tersebut seorang ibu akan memerlukan tenaga mengedan yang besar. Inilah yang dapat memicu terjadinya wasir, karena mengedan ketika hendak mengeluarkan bayi bisa juga menimbulkan keluarnya tinja. Karena tenaga yang diperlukan saat mengedan besar, akan terjadi penekanan yang berlebihan pada pleksus hemoroidalis. Ibu hamil sering juga mengidam makanan, yang asam dan pedas. Buah-buahan yang diolah sebagai rujak biasanya menggunakan cabai yang banyak. Cabai yang rasanya pedas inilah yang bisa menimbulkan terjadinya wasir.
  5. Diare Kronik. Diare yang telah berlangsung lama dapat menjadi penyebab wasir. Apalagi jika sudah berlangsung lebih dari sebulan. Penyakit tersebut muncul karena pola makan yang tidak teratur dan tidak memperhatikan kebersihan makanan yang dibeli. Makanan yang diasup belum tentu memenuhi syarat kesehatan yang baik, karena sistem pengolahan yang kurang baik maupun karena cara penyimpanan makanan yang kurang terjamin kebersihannya. Karena kebersihannya kurang, sumber penyakit yang berada pada makanan tersebut bisa berpotensi menimbulkan berbagai penyakit. Salah satunya yang paling sering dijumpai adalah mencret atau yang lazim disebut diare. Darah menetes disebabkan sobeknya pleksus hemoroidalis. Ini merupakan wasir interna. Gatal-gatal yang terdapat pada daerah di sekitar anus disebut pruritus ani. Seseorang dikatakan mengalami diare yang kronik atau berlangsung lama bila orang tersebut mengalami buang air besar dengan konsistensi yang encer selama lebih dari empat minggu. Seseorang yang lama menderita diare akan menyebabkan perangsangan atau iritasi yang terus-menerus pada pleksus hemoroidalis dan memicu terjadinya wasir.
  6. Orang yang Lanjut Usia. Orang lanjut usia sering mengalami sembelit. Makin tinggi usia seseorang, makin sering ia terkena sembelit. Tinja yang dikeluarkan menjadi keras karena penyerapan air yang berlebihan pada saluran cerna. Keluhan pada saluran pencernaan lebih sering pada manula. Karena tinja yang keras diperlukan tenaga mengedan yang kuat untuk mengeluarkannya sehingga penyakit wasir mudah terjadi pada orang yang lanjut usia (disebabkan oleh penekanan berlebihan pada pleksus hemoroidalis).
  7. Hubungan Seks yang Di Luar Kebiasaan. Hubungan seks yang di luar kebiasaan berupa berhubungan intim dengan pasangan secara anal, yaitu melakukan hubungan badan melalui anus, dapat menjadi penyebab wasir. Pada hubungan seks secara anal (melalui anus), terjadi trauma berlebihan pada pleksus hemoroidalis / pembuluh darah sekitar poros usus dan anus dan menyebabkan terjadinya sobekan.
  8. Kebiasaan Makan Makanan Pedas dan Minum Alkohol. Penyakit wasir sering ditemui pada orang yang makan makanan yang pedas dan pecandu alkohol. Ini dikarenakan makanan pedas (seperti cabai, merica, dll) dan alkohol bersifat sebagai zat yang mengiritasi dan bisa mempermudah seseorang mendapat wasir.
  9. Duduk Terlalu Lama. Pada orang yang mempunyai kebiasaan duduk terlalu lama terjadi tekanan pada pembuluh darah vena hemoroidalis yang terdapat di sekitar rektum dan anus. Ini menyebabkan penderita mudah terkena wasir. 
  10. Faktor Keturunan. Seorang yang mengalami wasir, kemungkinan besar anaknya pun mengalami penyakit itu juga. Pada satu keluarga, orangtua dan anak-anaknya dapat terkena wasir karena pola makan yang mirip. Misalnya keluarga yang sering mengkonsumsi makanan yang serba instan dan kurang mengandung serat (kurang sayur-sayuran dan buah-buahan). Namun, banyak juga faktor lain yang bisa menyebabkan terjadinya wasir.


Apa Saja Gejala Wasir?

Gejala wasir pada tingkat dasar dapat hanya berupa darah yang menetes pada saat buang air besar sampai timbulnya benjolan dari anus. Benjolan yang keluar dari anus tersebut bisa masuk secara spontan dengan sendirinya maupun dibantu tangan. Namun, dapat pula tak dapat masuk kembali dan memerlukan tindakan yang lebih invasif. Pada stadium lanjut, wasir perlu dioperasi. Bisa pula timbul keluhan gatal dan nyeri di anus. 

Wasir terdiri atas 2 macam:
  1. Wasir interna (wasir dalam). Wasir dalam adalah pleksus hemoroidalis superior yang berada di atas garis mukokutan (ditutupi mukosa).
  2. Wasir eksterna (wasir luar). Wasir luar merupakan penonjolan pleksus hemoroid inferior. Terletak di bawah garis mukokutan pada jaringan di bawah epitel anus. Kedua pleksus hemoroid, yaitu interna dan eksterna berhubungan secara longgar.

Wasir sering kali disebabkan oleh pengeluaran tinja yang keras pada saat buang air besar. Tinja yang keras itu sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan penekanan / trauma pada pleksus hemoroidalis.

Gejala-gejala yang dapat ditemukan pada wasir dalam, dibagi menjadi 4 derajat, yaitu:
  • Derajat 1. Adanya darah segar yang menetes saat buang air besar.
  • Derajat 2. Muncul benjolan dari anus saat buang air besar yang dapat masuk kembali dengan sendirinya.
  • Derajat 3. Muncul benjolan dari anus saat buang air besar yang perlu dibantu tangan untuk memasukkannya kembali.
  • Derajat 4. Muncul benjolan yang keluar dari anus saat buang air besar dan benjolan tersebut keluar lagi walaupun sudah dibantu dimasukkan dengan tangan.

Gejalanya pada wasir luar bisa berupa tonjolan kecil di sekitar anus, dan nyeri karena trombosis dari pembuluh darah (munculnya bekuan darah) di bawah kulit anus.

Apa Saja Komplikasi Wasir?

Penyakit wasir bisa menyebabkan beberapa komplikasi. Berbagai komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh penyakit wasir adalah:
  1. Ulserasi. Terjadi luka pada lapisan mukosa (selaput lendir).
  2. Prolaps dan strangulasi. Terjadinya prolaps dari wasir dalam dan bila terjepit dapat menyebabkan gangguan peredaran darah sehingga bisa terjadi nekrosis atau matinya jaringan.
  3. Anemia dari perdarahan yang berulang. Keluarnya darah yang disebabkan karena sobeknya pembuluh darah hemoroidalis yang terjadi berulang-ulang, akan menyebabkan kekurangan darah (anemia) pada penderita wasir.
  4. Trombosis vena. Trombosis terjadi karena tekanan yang tinggi pada vena (misalnya pada saat batuk, mengedan, atau ibu yang baru melahirkan). Vena lebar yang menonjol dapat terjepit dan terjadi trombosis.
  5. Infeksi. Setelah trombosis dengan udem atau pembengkakan dan radang bisa mengakibatkan infeksi.
  6. Portal pyaemia (peradangan supuratif vena porta)

Mengatasi, mengobati serta menyembuhkan wasir.

Supaya wasir Anda dapat disembuhkan secara total, maka Anda perlu menjalankan beberapa tips untuk menyembuhkan wasir dan tentunya lakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Pola hidup Anda harus sehat.
  2. Lakukan olahraga secara teratur.
  3. Konsumsilah makan berserat.
  4. Perlu menghindari banyak duduk atau nongkrong di wc atau toilet terlalu lama.
  5. Hindari rokok, minuman keras serta narkoba.
  6. Hindari melakukan hubungan seks yang kurang wajar
  7. Cukup minum air putih.
  8. Kencing dan BAB jangan sampai ditahan.
  9. Jangan mengejan secara berlebihan. Jangan dipaksa jika tidak ingin melakukan BAB.
  10. Lakukan Yoga dan minumlah obat herbal

Yoga Asana untuk mengobati Wasir atau Ambeien

Beberapa teknik Yoga untuk tumpukan adalah sebagai berikut:


Sarvanga Asana
Yoga Sarvanga Asana
Yoga Asana ini juga dikenal sebagai 'Candle Pose'. Berbaring telentang dengan kaki bersama-sama dan tangan di samping. Dengan menerapkan tekanan pada tangan Anda, perlahan-lahan angkat kaki Anda ke sudut 90 derajat. Sekarang meningkatkan tulang belakang Anda di sudut yang sama. Tahan posisi ini selama 10 detik dan perlahan-lahan tubuh Anda beristirahat di tanah. Ulangi metode ini setidaknya empat kali.

Shirsha Asana
Yoga Shirsha Asana
asana ini dikenal sebagai 'kepala berdiri' postur. Ini adalah yang paling populer asana yoga karena ada banyak manfaat yang melekat padanya. Berlutut di atas tikar empuk dan perlahan-lahan menempatkan kepala Anda di atasnya. Dengan menerapkan tekanan dengan tangan dan kepala, mengangkat kaki Anda di udara. Jauhkan tangan Anda di belakang kepala. Sekarang tubuh Anda akan berada dalam posisi terbalik dan sudut 90 derajat. Teknik ini harus dilakukan hanya sekali sehari selama sekitar 30 detik. Anda dapat meningkatkan waktu 30 detik setiap minggu.

Matsya Asana
Yoga Matsya Asana
Matsya Asana juga dikenal sebagai 'ikan berpose'. Berbaring telentang dengan tangan Anda di samping. Tekuk lutut Anda dengan lengkap dan dengan bantuan kepala, tangan dan kaki, angkat dada Anda. Tahan posisi ini selama minimal 30 detik dan turun perlahan-lahan. Lakukan teknik ini setidaknya empat kali dalam sehari. Anda juga dapat melakukan teknik ini tanpa menekuk lutut Anda.

Yoga Ghantasana
untuk mempercepat proses penyembuhan keluhan wasir atau ambeien anda, tutuplah yoga anda dengan melakukan meditasi yoga Ghantasana. dengan rutin melakukan ghantasana, pikiran anda akan menjadi terkontrol sehingga segala sebab penyakit anda akan lebih cepat disembuhkan.

Untuk melakukan latihan yoga setiap hari, dianjurkan untuk membeli tikar yoga yang empuk dari semua sisi. Kunjungi guru yoga atau pusat yoga di kota Anda untuk memanfaatkan manfaat lebih.

Obat Herbal untuk Sakit Wasir atau Ambeien

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 1
Rebus 7 helai daun handeuleum dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah.
Setelah dingin, saring dan minum sekaligus pada pagi hari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 2
15 helai daun handeuleum, seibu jari kunyit, sedikit gula aren direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah.
Saring. Minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 3
10 g daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 gelas.
Setelah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing-masing ½ gelas.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 4
Daun wungu segar sebanyak 10 g dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 5
Daun wungu 10 g dan daun sendok (Platigo Mayor) 15 g, keduanya bahan segar dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, minum padi dan siang hari, masing-masing 1 gelas.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 6
Daun wungu dan pegagan (Centella asiatica) segar masing-masing 1 gengam, 3 tanaman tempuh wiyang (Emilia sonchifolia), seutuhnya, bawang merah dan adas (Foeniculum vulgare) masing-masing 3 butir, pulasari (Alyxia reinwardtii) dan rimpang kunyit masing-masing 1/2 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 7
Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskan pada wasirnya.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 8
1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring. Minum sehari 3 kali.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 9
1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 10
Ambil 1/2 genggam daun keji beling segar, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 11
Daun Keji Beling segar 20 ‑ 50 gram, di rebus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas, dinginkan, saring. Minum 3 kali 1 gelas per hari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 12
1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya. Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring. Cara menggunakan : diminum biasa.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 13
Ambil 50 helai daun sosor bebek, cuci bersih, lalu diangin-anginkan sampai kering. Kemudian tumbuk halus dan simpan dalam wadah tertutup rapat. Satu sendok makan bubuk daun sosor bebek itu seduh dalam satu cangkir air panas (boleh ditambah madu). Aduk-aduk. Minum setelah hangat. Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 14
Ambil daun saga 1 genggam, herba pegagan 1 genggam, daun patikan China (serbuk) 1 sendok teh, akar kelembak (serbuk) ½ sendok teh, rimpang temulawak 7 keping, dan air 1 gelas. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu disaring kemudian tambahkan madu 1 sendok makan, setelah hangat diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 15
Ambil herba urang-aring 7 buah, akar patikan China 7 buah, daun iler 7 helai, kayu ules 1 buah, dan air 1 gelas. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu saring dan ditambah madu 1 sendok makan lalu diminum 2 kali sehari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 16
Rebus 0,5 kg daun tapak liman dalam 1,5 l air mendidih. Sebaiknya rebus dalam dalam panci dengan tutup berlubang di bagian tengah. Setelah cukup panas, segera angkat panci dan uap air yang keluar dari lubang tutup panci diarahkan tepat ke lubang dubur penderita wasir. Lakukan 2 kali sehari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 17
Yang paling baik adalah akar kangkung cabut. Sebagai obat luar untuk wasir, akar kangkung dicuci bersih lalu direbus. Air rebusannya digunakan untuk membasuh atau membersihkan anus.
Ramuan : Ambil satu genggam akar kangkung, tambahkan adas 1 sendok teh, pulasari 1/3 jari. Kemudian rebus dengan 2-3 gelas air dengan api kecil, teruskan sampai airnya tinggal 1-1 1/2 gelas, dinginkan, saring dan minum dua kali sehari. Resep kedua, segenggam kecil akar kangkung dicuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga separuhnya. Setelah dingin, minum sehari 2 gelas setengah gelas.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 18
Ambil 15 gr akar terung ungu, lalu keringkan dan giling hingga menjadi bubuk. Kemudian 3 g bubuk akar terung ungu itu dicampurkan dengan bubuk daun sambiloto, jus lidah buaya secukupnya dan diaduk rata. Oleskan pada bagian wasir.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 19
Ambil 3-5 pisang batu muda, cuci bersih kemudian parut dan diperas. Air perasannya ditambah sedikit pulosari dan gula aren atau gula merah. Diaduk merata, disaring, dan diminum 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 20
Ambil segenggam daun pegagan yang segar, lalu rebus dengan tiga gelas air dalam api kecil. Setelah airnya tinggal setengah gelas, dinginkan lalu disaring. Minum dua kali sehari.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 21
Biasakan makan tape, baik tape ketela pohon maupun tape ketan setiap hari. Dalam waktu tiga hari (bila sudah keluar darah dari dubur), darah akan berhenti/mampet, dan kemungkinan dalam waktu satu minggu akan sembuh.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 22
tiga helai daun salak direbus dengan air sebanyak satu gelas. Lalu air rebusan tadi disaring dan diminum dengan gula merah. Minum dua kali sehari, pagi dan malam. Lakukan secara rutin.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 23
ambil 2-3 lembar daun dewa , remas agar keluar getahnya, dan masukkan ke anus

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 24
90 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya dan dipotong-potong), 15 gram daun dewa, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum, daging daun lidah buayanya dimakan.

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 25
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

Ramuan Obat Wasir atau Ambeien 26
2 - 4 potong akar jeruk nipis, Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum setiap sore weara teratur.

demikianlah sekilas tentang Wasir atau Ambeien

5 comments:

tattonox said...

Obat Penghilang Tatto permanen

tattonox said...

obat

Pro Bloggers said...

Hello everyone we will show the latest news TELENOVELAS VIDEO and the latest news on a cool and popular. We provide an updated information that comes with the new version on the website news. This web will tell da latest news updates with different styles on AishaNews.com please open and read the information.
A que no me dejas
Amor de barrio
Amor de madre
Amor Secreto
Amores con Trampa
Así en el Barrio como en el Cielo
Babilônia
Bajo el mismo cielo
Buscando a María
Caminos de Guanajuato
Diomedes, el Cacique de La Junta
Dueños del Paraíso
Dulce Amor
Entre Caníbales
Entre tu amor y mi amor
Tips Manfaat dan Khasiat

Khoirul Os said...

BEST SELLER PRODUK
TOKO ACHONG - HUA



- RAHASIA MENJADIKAN PENIS BESAR DAN PANJANG

- TIPS MERONTOKAN BULU SECARA PERMANEN

- CARA PRIA DEWASA MAKIN TAHAN LAMA SAAT BERCINTA

- TIPS BIAR SEMAKIN DI SUKAI ISTRI

- CARA MUDAH MEMPERBESAR PAYUDARA

- SOLUSI MEMPERBESAR PAYUDARA DENGAN CEPAT

- CARA MENINGGIKAN BADAN

- SOLUSI TEPAT MENUMBUHKAN RAMBUT BOTAK

- OBAT PENYUBUR SPERMA BUAT PRIA MANDUL

- OBAT PERANGSANG MEMBUAT WANITA BERGAIRAH SAAT BERCINTA

- CARA MEMBUAT WANITA MERANGSANG BIAR MAU DI AJAK ML

- TIPS MEMBESARKAN PENIS DENGAN MINYAK

- COBRA OIL MINYAK PEMBESAR DAN PANJANGKAN PENIS

- CARA MENURUNKAN BERAT BADAN TANPA OLAHRAGA

- INGIN PUNYA TUBUH LANGSING DISINI SOLUSINYA































KLIK

- JUAL BERBAGAI PRODUK : "Obat Pembesar mr.P, "Alat Terapy Pemanjang mr.P, "Obat Vitalitas Sex Kuat dan Tahan Lama, "Obat Herbal Cosmetik Kecantikan, "Aneka Obat Peningkat Libido Sexsual Wanita, "Alat Bantu SexToys P/W


Central Herbal Indonesia said...

 Obat Pembesar Penis Herbal Vimax Canada
http://obatkuatoriginal.com/pembesar-penis/vimax-canada-pembesar-penis-herbal.html
 Lintah Oil Pembesar Penis
http://obatkuatoriginal.com/pembesar-penis/lintah-oil-minyak-lintah.html
 Obat Hernia | Celana Hernia
http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/obat-hernia-celana.html
 Obat Ambeien | Obat Wasir
http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/obat-ambeien-wasir.html
 Cara Mengencangkan Payudara
http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/pembesar-payudara-elektrik.html
 Perangsang Wanita
http://obatkuatoriginal.com/perangsang-dan-pelicin/potenzol-cair.html

Kontak Pemesanan :
Pin BBM : 2B0A56EA
Tlp / sms / WhatsApp : 081368707020