Google+

Wednesday, February 16, 2011

Tribulus Terrestris

Tribulus Terrestris

Tribulus Terrestris ialah tumbuhan berbunga di dalam keluarga Zygophillaceae,yang biasa hidup pada suhu panas dan kawasan tropika Old World di selatan Eropa,selatan Asia,melalui Afrika,dan di utara Australia.Tribulus mampu hidup subur walaupun di iklim padang pasir ataupun tanah yang kurang subur.
Nama lainnya Punctucture Vine, Yellow Vine


Tumbuhan ini tumbuh secara tahunan pada musim panas dalam iklim yang agak dingin

Panjang batangnya sekitar 10cm sampai 1m dan bercabang. Daunnya menyirip dengan panjang kurang dari setengah inci.Bunganya berukuran 4-10mm lebarnya ,dengan 5 buah mahkota bunga yang berwarna kuning lemon.

Seminggu setelah berbunga, tumbuhan ini akan berbuah dengan mudah dan akan terbagi menjadi bagian – bagian kecil ( biji ).Bagian yang diambil adalah Buahnya.

Scientific Classification
  • Kingdom : Plantae
  • Division : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Order : Zygophyllales
  • Family : Zygophyllaceae
  • Genus : Tribulus
  • Species : T.Terrestris
  • Binominal Name
  • Tribulus terrestris
Sejak 5000 tahun lalu,manusia sudah mengetahui fungsinya untuk membantu masalah impotensi.

Di tahun 1980-an atas perintah Kerajaan Bulgaria,Institut Penelitian Kimia Farmasi Sofia telah menemukan suatu formula yang dapat meningkatkan stamina dan kemampuan seksual dengan menggunakan Tribulus Terresteris. Penelitian ini telah memberikan kesuksesan kepada team Bulgaria dalam pertandingan angkat berat Olimpiade. Saat ini produk ekstrak Tribulus Terresteris menjadi snagat popular di pasaran Eropa dan USA dan mendapat sambutan hangat dari para atlet.

Sudah lama digunakan sebagai tonic dalam pengobatan Ajurveda di India untuk memperbaiki seksual, penawar hati, urinari, kardiovaskular,sakit kepala,gangguan saraf dan sembelit.

Tribulus Terestris sudah lama digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas seksual.

Di Turki juga direkomendasikan untuk mengatasi tekanan darah dan menurunkan kolestrol tubuh.

Di Eropa pada umumnya digunakan untuk penderita sering pusing,konstipasai dan disfungsi seksual.

Zat berkhasiat yang terkandung biji Tribulus terrestris mengandung golongan saponin ( Protodioscin , Furostanol) Glikosida, Flavoid,Resin, Tannin,sterol dan minyak essensial.

Sebagai bahan aktif “PROTODIOSCIN“ serupa DHEA (Dihidroepiandrosteron) sebagai bahan dasar hormon sexual (Testosteron & Estrogen)

Tribulus terrestris merupakan suplemen peningkat produksi hormon testosteron secara alami. Meningkatnya tostesteron secara alami dapat pula meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otot bagi mereka yang berlatih intens dan teratur. Studi menunjukan bahwa Tribulus akan bekerja sangat baik apabila digabung dengan DHEA dan ZMA. Tribulus meningkatkan kadar testosterone dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan DHEA atau ZMA. Tribulus bukan prokursor dari hormone testosterone itu sendiri, namun lebih mengarah ke produksi Luteinizing Hormon (LH). Saat LH meningkat, produksi testosterone secara alami juga akan meningkat. LH juga merupakan hormone yang berkaitan dengan daya seksual.


Manfaat Tribulus Terrestris
  1. Meningkatkan libido dan vitalitas tubuh.
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Mencegah penyakit jantung
  4. Merangsang pembentukan ASI
  5. Membantu mengatasi alergi tubuh
  6. Memperbaiki pengelihatan
  7. Menurunkan gula darah
  8. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otot
  9. Merangsang hormone testosterone
  10. Meningkatkan aktivitas sperma
  11. Menurunkan tekanan darah, migran dan nyeri haid
  12. Mempunyai dampak positif terhadap aktivitas tulang sumsum
( Untuk pembentukan Sel darah merah )

Dari berbagai penelitian dan literatur membuktikan bahwa Tribulus terresteris dikonsumsi dalam jangka panjang tidak ditemukan adanya efek samping ( uji proklinis dan klinis).( Index Of Natursl Herbs)


Beberapa Penelitian Tribulus Terrestris
  1. Penurunan tekanan darah, migran/pusing dan nyeri haid,dari hasil uji klinis penderita tekanan darah systole diatas 170 mmHg, saponin tribulus terrestris mampu menurunkan tekanan darah lebih dari 40 mmHg sebanyak 80% penderita. Efek anti migran/pusing disebabkan mekanisme ICP (Intracaverous presser).ICP ini berfungsi melancarkan darah ke seluruh tubuh dan merelaksasikan otot. Hal ini sangat tepat bagi penderita migrant /pusing karena gangguan peredaran darah. Saponin mampu membantu menjaga keseimbangan hormone estrogen dan progesterone serta melenturkan otot kewanitaan sehingga berguna bagi wanita yang nyeri haid karena gangguan hal tersebut.(Zhong Yao Za Zi, August 2005;4;1290)
  2. Penurunan Kadar Gula Darah (Diabetes)dan Kolesterol Penelitian terhadap efek hipoglikemik, saponin mampu menurunkan kadar 26% sampai 40% kadar gula serum.Saponin Tribulus terrestris mampu menurunkan serum.(Zhong Yao Cai,May 2003;4;341).
  3. Efek aprodisiak, gairah seksual & stamina tubuh Protodioscin dalam tubuh menjadi Dehidroepiandrosteron (DHEA) yang merupakan bahan dasar pembentuk hormone testosterone. Disamping itu protodioscin juga meningkatkan hormone luteinizing melalui mekanisme ICP. (DHEA) dan luteinizing berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan ketahanan seksual laki-laki. Di Negara Eropa biasa dipakai untuk menguatkan otot dan mempertahankan stamina para atlet di kejuaraan Olimpiade.Forustanol merangsang kelenjar androgen di hipotalamus sehingga hormone sex menjadi lebih terlatih dan selalu aktif.(Life Sci,August 2002;71;(12);96;1385)

artiket terkait:
Tricajus - herbal unik dan ajaib
apa itu tribulus, yang merupakan bahan baku TRICAJUS
apa itu MACA, yang merupakan bahan dasar TRICAJUS
TRICAJUS adaptogen kuat
Penyakit akibat Stress
8 makanan penangkal stres
Tips Menangkal Stres
mari berbisnis sambil membatu saudara - saudara kita, lewat TRICAJUZ