Google+

Monday, February 28, 2011

8 Makanan Penangkal Stress

8 Makanan Penangkal Stress

Apakah Anda sedang stress berat?
Mengalami kondisi tegang dan gelisah?
Pusing karena krisis ekonom global?
Biasanya orang akan mencari pelarian dengan mengkonsumsi es krim, permen, atau bahkan lari ke alkohol. Jangan sekalikali mencobanya!
Makanan manis akan direspon insulin tubuh dan menurunkan gula darah secara spontan sehingga nalah memicu dilepaskannya hormon stress. Akibatnya urat syaraf Anda akan lebih stress dari kondisi sebelumnya. Dan alkohol? Sudah jelas Anda akan jauh lebih terpuruk lagi jika nekat memilihnya sebagai pelarian.
Anda tak perlu khawatir, makanan penangkal stress benar - benar ada! Berikut adalah 8 yang terbaik diantaranya :
 

Semua jenis berry.  
Ketika ketegangan melanda, coba kunyah segarnya buah berry dingin jenis apapun (strawberry, blueberry, raspberry atau blackberry) satu persatu. Karena jenis karbohidratnya lambat berubah menjadi gula, maka Anda tidak akan mengalami lonjakan gula darah. Sebagai bonus, buah berry kaya vitamin C yang akan menangkal lonjakan cortisol hormon stress.

Guacamole.  
Jangan bingung dengan namanya. Guacamole adalah buah alpukat yang dicampur dengan sedikit bawang, perasan lemon, dan garam. Alpukat kaya akan vitamin B yang kandungannya paling cepat hilang di tubuh ketika Anda stress. Vitamin B juga dibutuhkan untuk menjaga sel-sel syaraf dan otak. Rasa creamynya juga berasal dari lemak sehat. Anda bisa menambahkan irisan tomat jika suka.
  

Kacang-kacangan.  
Satu ons saja campuran kacang-kacangan (walnut, almond, mede, kacang tanah) akan menggantikan nutrisi tubuh yang hilang saat stress dan tegang seperti zinc, vitamin B, vitamin E.



Jeruk.  
Seseorang yang mengkonsumsi 1000 mg vitamin C sebelum dia berbicara (untuk berdiskusi atau berdebat) memiliki level cortisol dan tekanan darah yang lebih rendah daripada yang tidak mengkonsumsinya. Jadi, bersantailah sekedar 5 menit dengan mengupas dan mengkonsumsi satu atau dua buah jeruk besar.

 


Asparagus.  
Setiap tangkai asparagus kaya akan asam folat, nutrisi pembantu mood (suasana hati) Anda. Masak sebagai sup atau tumis sebentar dengan minyak zaitun.




Teh hijau.  
Ya tentu saja, secangkir hangat teh hijau akan memberi efek menenangkan dan meringankan ketegangan syaraf dan stress Anda.




Coklat hitam.  
Kandungan theobromine-nya akan membantu mood Anda lebih baik. Selain kandungan antioksidan flavonoid-nya manjur menangkal kanker dan penyakit jantung, juga ampuh menenangkan ketegangan Anda. Ingat, hanya pilih coklat hitam yang mengandung minimal 70% kokoa dan batasi konsumsinya.





 
 Oke, ini hanya pilihan terakhir jika stress Anda tidak juga hilang. Karena bahan dasar dari dari tumbuhan Tribulus Terresteris dan Lepideum Peruvarium Chacon (maca) ini menigkatkan kemampuan tubuh beradaptasi dan mengembalikan kesimbangan hormonal untuk mengatasi tekanan STRESS secara fisik dan mental. Karena ini ekstrak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, maka hal tricajus ini aman dikonsumsi setiap hari.. hanya saja untuk memperolehnya hanya pada tempat tempat tertentu saja.


artiket terkait: