Google+

Saturday, October 27, 2012

Mencegah gatal di vagina

Mencegah gatal di vagina

Gatal-gatal pada vagina merupakan permasalahan wanita yang sering bikin repot. Terkadang di saat yang tidak ingin diganggu malah vagina mengalami gangguan. Biasanya yang sering sekali terjadi adalah tentang kaputihan yang berlarut dan masalah jamur pada celah vagina. Apalagi sampai terjadi infeksi vagina akan begitu merepotkan dan tidak mud mau ke mana-mana.

Penyebab Gatal-gatal pada vagina biasanya karena jamur Candida Albicans. 


Saat jamur berkembang biak di sekitar vagina pasti ada suatu hal yang menjadi penyebab yaitu kelembaban vagina. Tempat yang paling disukai jamur adalah tempat yang lambab dan basah. Agar terhindar dengan permasalahan itu, Anda harus makan mekanan yang sehat dan tidak stres.


Cara Mencegah gatal di vagina sebagai berikut :

  1. Mencegah gatal di vagina dengan Mengurangi Kelembaban : Sebaiknya kenakan pakaian yang longgar dan celana yang tidak terlalu ketat sehingga memberikan beberapa ruang untuk aliran udara. Gunakan pakaian dari bahan katun yang menyerap keringat dan hindari sutra atau nilon, serta segera mengganti baju yang basah akibat keringat setelah berolahraga atau berenang.
  2. Mencegah gatal di vagina dengan Menjaga Vagina Tetap Bersih dan Kering : Hindari membersihkan area kelamin dengan sabun, cukup membilas dengan air bersih lalu keringkan menggunakan handuk yang lembut. 
  3. Mencegah gatal di vagina dengan Mandi Bersih : Usahakan untuk membatasi waktu berendam dengan air panas serta membilas tubuh dengan segera setelah mandi menggunakan produk yang mengandung garam mandi (bath salt).
  4. Mencegah gatal di vagina dengan Melakukan Hubungan Seks yang Aman : Infeksi jamur bisa ditularkan melalui hubungan seks yang berisiko, untuk itu tanyakan pada pasangan mengenai riwayat infeksi menular seksualnya dan gunakan kondom sebagai pelindung. Untuk menjaga kebersihan alat vital pasangan (suami) Anda sebaiknya menggunakan antiseptik yang sudah teruji. 
  5. Mencegah gatal di vagina dengan Jangan Pelit dalam Menggunakan Pembalut : Ketika menstruasi, jagalah vagina agar tetap bersih, salah satunya dengan sering mengganti pembalut. Penggunaan pembalut dalam jangka waktu lama (lebih dari 4-5 jam) bisa memicu bakteri dan jamur, serta hindari pembalut dengan wewangian.
  6. Mencegah gatal di vagina dengan Menghindari Penggunaan Produk Kewanitaan yang Mengganggu Keseimbangan Bakteri Alami : Usahakan untuk menghindari douching (cairan penyemprot vagina), serta jangan menggunakan semprotan kebersihan untuk daerah intim, bubuk, atau wewangian tertentu

No comments: