Google+

Tuesday, June 5, 2012

semua tentang Ghanta Yoga 4


PERTANYAAN - PERTANYAAN TENTANG AJARAN GHANTA YOGA

Pada umumnya sejauh yang tyang pernah tahu dan dengar, ajaran spiritual lebih banyak mengandalkan pada kekuatan pikiran. Misalnya; bayangkan energi di posisi A, arahkan energi itu ke bagian B, dll.
Nah adapun pertanyaan saya:
Ketika kita berusaha memusatkan, menenangkan pikiran dan melaksanakan sebuah ajaran (meditasi), bukankah pada prinsipnya pikiran harus diam sejenak, ia sang pikiran tak dibolehkan “liar”. Sedangkan di satu sisi pikiran itu juga diperlukan ketika kita ingin membayangkan atau mengarahkan energi seperti pada petunjuk. Dalam kasus saya, ketika pikiran dibiarkan “bergerak” sesuai dengan petunjuk utk membayangkan sesuatu biasanya ia menjadi “liar”. Bagaimana mengendalikannya?

Pikiran memang diperlukan saat kita akan melakukan latihan spiritual, itu disebut dengan niat, jadi pikiran disini hanya sebagai pemicu untuk masuk ke bagian yang lebih dalam dari maksud latihan tersebut dilakukan, setelah itu pikiran tidak diperlukan lagi, dia memang harus diam, yang ada selanjutnya adalah rasa, hanya rasa, karena kalau pikiran sudah diam, tidak akan ada tuntutan dan penilaian, yang ada hanya rasa dan rasa.
  • Bagaimana mengendalikan pikiran yang jadi liar?

Pertama-tama, duduklah dengan tenang sekali, jangan memaksa diri kita untuk duduk diam, tetapi duduk atau berbaringlah dengan tenang tanpa suatu paksaan dan jagalah agar mata tidak bergerak, bola mata  cenderung untuk bergerak, jagalah supaya diam sama sekali.
Lalu perhatikan pikiran. Perhatikan apa yang dipikirkan. Temukan apa yang tengah dilakukan oleh pikiran. Temukan bahwa kita tengah berpikir tentang pekerjaan, hutang, apa yang akan dikatakan, suara burung yang terdengar. Amatilah pikiran. Jangan memperbaiki. Jangan menekan. Jangan berkata, “Semua ini terlalu sukar.” Amati saja, bagaimana ia lari, sebuah pikiran menyusul pikiran lain, bagaimana pikiran yang satu mengejar pikiran lain, lalu berkatalah pikiran, “Ini pikiran baik, itu pikiran buruk”?
Ikuti pikiran-pikiran itu, dan selidiki mengapa suatu pikiran timbul. Jangan coba mengubah pikiran. Lihat mengapa pikiran-pikiran tertentu muncul dalam batin, sehingga kita mulai memahami arti dari setiap pikiran dan setiap perasaan tanpa suatu paksaan. Dan jika suatu pikiran muncul, jangan menyalahkannya, jangan berkata ini benar, itu salah, ini baik, itu buruk. Perhatikan saja, sehingga kita mulai memperoleh pemahaman, kesadaran yang aktif dalam melihat setiap pikiran. Kita akan mengetahui setiap pikiran yang tersembunyi, setiap dorongan yang tersembunyi, setiap perasaan, tanpa terdistorsi, tanpa berkata, itu benar, salah, baik, atau buruk. Jika kita melihat, menyelami pikiran secara mendalam sekali, batin kita menjadi luar biasa halus, hidup. Tidak ada bagian batin yang tidur. Batin itu bangun sepenuhnya.
Duduklah diam dan jadilah hening, bukan saja secara jasmaniah, bukan saja badan kita, tetapi juga batin kita. Jadilah hening sekali, lalu di dalam keheningan itu, perhatikan. Perhatikan suara-suara di luar rumah, ayam yang berkokok, burung-burung, ada orang batuk, ada orang berjalan, ada orang mengusir burung, raungan knalpot motor. Pertama-tama, dengarkan hal-hal di luar diri kita, lalu dengarkan apa yang berlangsung di dalam batin kita. Maka kita akan melihat, jika kita mendengarkan dengan perhatian yang mendalam sekali, di dalam keheningan itu, bahwa suara di luar dan suara di dalam adalah sama.

Nah kemudian, anggaplah kita sudah mampu menguasai sang pikiran, tanpa sadar, saking halusnya nafas, saya jadi “terlena”, atau bahkan terlelap dalam posisi meditasi. Bagaimana cara mengatasinya?


Bagaimana cara mengatasi terlelap dalam posisi meditasi.?
Kalau masalah seperti ini mesti dilakukan pelatihan secara rutin dan terus menerus, karena kalau sudah masuk ke meditatif state, pikiran kita akan berada di alpha state bahkan di theta state, yang akan membuat pikiran itu jadi sangat rileks dan sangat mudah untuk jatuh tertidur. Meditasi, alam pikiran mesti berada di antara sadar dan tidak sadar yang disebut alam pantara, bagaimana cara melakukannya? Nah itu memang harus melalui latihan yang rutin dan terus menerus, lakukan seperti poin diatas

Selanjutnya mengenai NIAT, KEMAMPUAN dan KEYAKINAN. Misal: karena sebuah Keyakinan, akhirnya kita ber Niat untuk menerapkan semua ajaran yang didapat. Namun sayang, mungkin saja Kemampuan belum sampai disana. Namun sekali lagi, Keyakinan yang mungkin “berlebih” kerap membuat over PD. Pertanyaannya; apakah bermodal keyakinan yang kuat kita bisa menerapkan ajaran spiritual, apapaun itu namanya dan sekali lagi krn Yakin, apakah apa yg kita lakukan akan berhasil, meski sebenarnya kemampuan belom sampai disana? (Alasan dibalik pertanyaan ini adalah, konon kunci dari menekuni ajaran spiritual adalah kekuatan pikiran dan keyakinan).
Dan berkat kuatnya Keyakinan itu pula lah saya pernah berusaha hadir dalam mimpi seseorang, sesuai dengan keinginan saya. Dan ternyata itu berhasil, dan terjadi beberapa kali sesuai dengan pengakuan “korban” tes2an keyakinan saya. Apakah itu sebuiah kebetulan? atau betul akibat Keyakinan?


NIAT, KEMAMPUAN dan KEYAKINAN harusnya ada tambahan yaitu KESADARAN, ketiganya  tdk akan seimbang tanpa dijaga oleh kesadaran, di Ghanta Yoga semua itu akan didapat secara bersamaan sehingga tdk akan ada ketimpangan yang akan membuat orang jadi over PD. Keyakinan merupakan kunci belajar spiritual, tanpa keyakinan itu tidak akan ada hasilnya, karena hanya dengan yakin kita bisa menerima sesuatu yang tidak bisa diterjemahkan oleh akal pikiran, dalam hal ini pikiran sudah tidak mampu membahasnya, disinilah keyakinan akan muncul dan hanya dengan meyakininya yang akan membuat kita tidak jadi gila, karena segala pertanyaan sudah tdk mampu dijawab oleh pikiran.
  • NIAT merupakan triger / pemicu yang akan bekerja saat pikiran kita terfokus dan tercurah 100% ke hal yang akan kita tuju, dengan niat kita berusaha mengarahkan pikiran menjadi terfokus pada satu titik tujuan.
  • KEMAMPUAN, itu akan dicapai dengan seringnya melatih memfokuskn pikiran menjadi satu titik fokus
  • KESADARAN, hal ini yang akan membuat kita jadi bijaksana dalam menggunakan ketiga unsur tadi yang akan mengantarkan kita pada titik shidas, yaitu sakti yang terkontrol, sehingga tidak akan muncul guna dosa yang membuat kita jadi over PD maupun sifat-sifat negatif lainnya dengan kelebihan kemampuan yang kita miliki. Ketimpangan tidak akan terjadi di Ghanta Yoga.

Otomatis dengan kuatnya pikiran dan rasa yakin yang tinggi akan meningkatkan kemampuan, hal ini yang paling sering muncul di perguruan spiritual sehingga akan membuat yang mempraktekkannya akan terjerumus ke jurang negatifitas yang lebih dalam lagi ( jumawa, over PD, sombong dan bahkan tidak yakin pada diri ), karena merasa mampu berbuat yang tidak bisa dilakukan orang lain dan merasa tidak yakin akan kemampuan yang dicapai karena tidak dibarengi dgn peningkatan kesadaran yang seharusnya sejalan dengan peningkatan kemampuan yang semakin meningkat.

Apakah itu sebuah kebetulan?
Kalau itu memang kebetulan buatlah kebetulan yang seperti itu sesering mungkin, itu akan menjadikan diri semakin percaya dengan kemampuan yang kita miliki.

Atau betul akibat Keyakinan?
Betul sekali, karena itu rasa yakin dan kemapuan yang muncul berkaitan dengan sangat erat dan saling mendukung.

Maaf, kalo pertanyaannya panjang dan membingungkan
Pertanyaan yang sangat bagus, dan mudah-mudahan jawaban diatas mungkin bisa menghilangkan kebingungannya.

mohon diberikan penjelasan untuk kenaikan tingkat dalam ghanta yoga, apakah diadakan/diinisiasi berkala ( dalam jangka waktu tertentu ) atau melihat perkembangan dari praktisi tersebut? selanjutnya dalam kenaikan tingkatan berapa donasi yang perlu diberikan oleh praktisi? Alamat ghanta yoga?

  1. kenaikan tingkat dalam ghanta yoga, diadakan/diinisiasi berkala ( dalam jangka waktu tertentu ) dan dilihat dari perkembangan dari praktisi tersebut, sudah pantas memenuhi kriteria buat dinaikkan ke tingkat berikutnya apa tidak, itu akan dinilai oleh ida nabe dan dikembalikan pada kesiapan sendiri dari murid itu sendiri.
  2. dalam kenaikan tingkatan, donasi yang perlu diberikan oleh praktisi disesuai dengan  setiap tingkatannya, tingkat 1 100rb, tk 2 200rb, tk3 300rb, tk 4 400rb, tk 5 500rb, tk 6 diserahkan  praktisi, tk 7 gratis.
  3. Alamat ghanta yoga : jalan pralina no 18 kesiman denpasar, dari art centre jl nusa indah lurus ke utara, perempatan traffic light lurus masuk ke jalan subitha, pertigaan ke kanan, ketemu kuburan belok kiri, lurus 100 meter sebelah kiri jalan, ketemu plang nama YAYASAN PENGAJARAN

Ghanta Yoga..dengan konsep Menjadikan Hidup Lebih Produktif Sesuai Fungsi….. sungguh menakjubkan, perkenalkan saya KOMANG SUKADA dari Keramas Gianyar
  1. apakah dalam kehidupan ini saja bisa dinilai atau diukur kapasitas produktif dan tidaknya..?
  2. bagai mana cara mengukur hal itu..?3; bagaimana hubungan sekale niskala dalam kontek ini?
  3. bagaimana hubungan dengan agama dan kepercayaan yg kita anut atau sebaliknya ada penyimpangan?dari propil yang ditampilkan semua kesannya tertuju pada salah satu agama..
  4. apakah ini diperuntukan untuk salah satu agama atau untuk kalangan Umum..

1, 2, 3. silahkan dibaca semua yg sdh diuraikan diatas mengenai apa itu ghanta yoga, prinsip dan dasar berjalannya dr Tuhan bersama Tuhan menuju Tuhan, maksudnya karena krya saktinya Tuhan, kita ada, manusia ada, manusia dibangun oleh bermacam guna yang merupakan sifat /unsur Tuhan yg sdh kena pengaruh maya sehingga sifat2 aslinya jadi semakin hilang, dan ini menyebabkan manusia terikat oleh keduniawian dan kesengsaraan.
Ajaran ghanta yoga mengarahkan mencari tujuan dengan jalan bertahap dengan cara mengembalikan guna dalam diri kembali kepada sifat aslinya sehingga jadi berbagai potensi sakti, karismatik, usaha, dsb. Ini disebut dengan Taksu. Walaupun tanpa kita sadari berbagai taksu ini sudah ada pada diri sesuai dgn guna karma.
Dgn bangkitnya taksu dlm diri inilah kita pergunakan untuk menjalankan profesi agar menjadi lbh optimal, maka di bali jdlah metaksu ( karya jd bermutu/berkualitas ). Sehinga berguna bg diri sendiri dan masyarakat (suguna berkepribadian unggul).

Tp itu bukanlah tujuan, namun merupakan sebuah tahapan untuk melangkah lbh jauh lg menuju tujuan sesuai dgn pengertian yoga itu sendiri
Filosofis dasar yg mendasari Ghanta Yoga adalah yoga.

Karena ghanta yoga salah satu tujuannya adalah untuk menjdkan manusia yg suguna ( salah satu moralitas tinggi ) sehingga individu yg berhasil meningkatkan tingkat moralitasnya berarti secara langsung telah mengamalkan ajaran agamanya apapun itu.
Ajaran dlm ghanta yoga bukan diperuntukkan untuk agama tertentu tp bs diikuti oleh seluruh agama dan keyakinan yg ada, karena pelajaran yg diberikan bersifat universal dan bisa diterima dan dijelaskan dari sudut pandang agama apapun
untuk lbh jelasnya silahkan datang ke sekretariat kami di jalan pralina no 18 kesiman denpasar, phone : 0361 234 058


Perkenalkan nama saya hady, agama kong hu cu (mempraktekan ajaran buddha juga), tertarik utk mempelajari Ghanta Yoga, saya tinggal dikota pangkal pinang, pulau bangka.
Apakah bisa saya menerima inisiasi jarak jauh?

Bisa kami jelaskan disini, bahwa Kami tidak menerima inisiasi jarak jauh, mengapa?? karena kami harus berhadapan dulu dgn calon murid dan dpt bertatapan langsung.
Prosesi yg dilakukan dalam inisiasi juga mengharuskan kami bertemu langsung dgn calon murid. Agar secara teori dan pengertian tentang apa itu Ghanta yoga dpt dipahami dan bisa ditanyakan langsung saat kita bertatap muka dan bisa lebih saling mengenal.
Inisiasi yang dilakukan bukan pembukaan jalur energi dan bukan pemberian energi tapi inisiasi seorang guru yang akan membimbing dan mengantarkan semua murid sampai pada apa yang menjadi tujuan semua murid yang belajar Ghanta Yoga.
Semua murid harus selalu bertanya dan menyampaikan apa yang sudah didapatkan maupun yang menjadi kendala, yang ditemukan pada saat melakukan pelatihan, serta diharapkan aktif menanyakan segala permasalahan yang ada didalam kehidupan sekarang untuk dibantu mencarikan jalan keluar penyelesaian masalah tersebut.
Kalau calon murid tidak bisa datang ke Bali, kami yang akan datang ke tempat calon murid dengan syarat :
  1. Minimal yang akan diinisiasi 20 orang
  2. Semua akomodasi disediakan dan ditanggung oleh calon murid, seperti tiket pesawat PP untuk 2 orang, Kamar menginap, Konsumsi, transportasi, dll

Dengan demikian akan memudahkan untuk mendapatkan inisiasi GHANTA YOGA.


Saya salah satu sisya dari Ghnata Yoga, yg saat ini sudah menerima pelajaran pada level 2. Saya mempunyai beberapa pertanyaan sbb:
  1. Inisiasi Inner Beauty – saya tertarik untuk mengikuti inisiasi tetapi sebelumnya mohon dijelaskan fungsi dan keuntungan mengikuti inisiasi tersebut.
  2. Apakah inisiasi ini dapat membuka inner beauty orang lain juga? Seperti yang saya baca di iklan2 koran
  3. Apakah ada biaya untuk inisiasi ini?

dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. fungsi dan keuntungan menghilangkan segala penyakit dan sejenisnya yang menghambat inner beauty mengaktifkan segala potensi inner beauty di dalam diri dan tubuh berfungsi untuk keluwesan. untuk memperindah rupa khususnya muka serta menghilangkan berbagai masalah pada muka berfungsi untuk cahaya pesona, anggun, kharismatik untuk awet muda berfungsi untuk keharuman (bau)
  2. diharuskan setiap praktisi wanita yg sdh dpt inisiasi inner beauty bs membantu di yayasan untuk membantu orang lain yg mau membuka atau mendptkan power inner beauty ini
  3. untuk angkatan yg sekarang semua digratiskan, tp nanti untuk angkatan berikutnya akan dikenakan donasi


Saya tertarik dengan yoga sudah sangat lama…tp belum siap atau tepatnya belum mendapatkan aliran yg tepat di hati.
dari penjelasan di web ini, disebutkan bahwa ini lintas agama…tp dari semua ritualnya kok semua terkait dengan Hindu bali ya…
Saya, baca testimoni Pak Ardian yang menunjukkan keunikan aliran ini yaitu kenaikan levelnya ditentukan kesiapan si murid…wah tugas master apa dong..bukan itu sdh cukup dg agama klo mau kenaikan spiritual dg kesiapan batin si praktisi. Oh ya..pak Ardian juga nyebut Money oriented, berarti aliran ini gratis dong..

Mohon maaf sebelumnya, mengenai web, karena masih dalam proses jadi belum semuanya bisa ditampilkan, bukannya malu2, tapi memang isi web masih dalam tahap pembenahan, jadi mhn dimaklumi.
Karena yang bertanya adalah dari agama hindu jadi penjelasan yang diberikan dari sudut pandang hindu.
ghanta yoga bisa diikuti oleh semua agama, dan akan diberikan tuntunan sesuai dgn agama dan kepercayaan masing2 yang ikut bergabung di ghanta yoga, tapi kami tidak menerima murid jarak jauh, dgn alasan kami mesti bisa mengenal dulu calon murid secara dekat dan pernah bertatapan langsung, nanti setelah diinisiasi, silahkan saja mau kembali ke asal dari manapun berasal, akan tetap di pantau dan diharapkan rajin menjalin kontak dengan penguruan.
Mengenai kenaikan tingkat selain memang salah satunya ditentukan oleh kesiapan seorang murid, jadi tidak dgn punya uang lebih dan mampu membayar si murid bisa naik ke level berikutnya, tetapi juga akan mendapatkan penilaian oleh pembimbing dan guru besarnya, seberapa besar vibrasi kesucian yang sudah digetarkan dalam kesehariannya, sudah sampai seberapa besar pencapaian dalam pengaplikasian ajaran yang diterima dan serta di pengaruhi juga oleh sikap tindak tanduk serta loyalitas si murid bagi perkembangan ajaran, bukan berarti di ghanta yoga ini semua digratiskan, ada biaya inisiasi tp lebih ke sumbangan yg ditetapkan hanya Rp.100.000 saja setiap pesertanya, itu untuk pengganti pengeluaran yang perlu disiapkan saat inisiasi berlangsung.
demikian sekedar informasinya
semoga berjodoh

Saya merasa tertarik dengan ajaran Ghanta Yoga ini. Apakah Ghanta Yoga ini berhubungan (atau ada kaitannya) dengan gtumo. Kalo tidak salah, Ghanta Yoga juga memanfaatkan unsur tejas (panas) di tubuh manusia dan juga dalam latihannya menggunakan mantra. Di gtumo, dalam latihannya juga mengolah unsur tejas ini melalui mantra, mudra, napas, dan visualisasi.

Ghanta Yoga merupakan suatu tehnik untuk membangkitkan kekuatan tersembunyi dalam diri setiap insan yang disebut dengan guna sakti atau taksu, salah satunya yaitu tejas / unsur panas yang anda sebutkan diatas, selain unsur tsb masih banyak unsur lain dan semuanya akan dibangkitkan dgn tehnik ghanta yoga ini.
Semua unsur atau guna sakti ini akan berfungsi sempurna pada setiap insan, tapi akan ada perbedaan unsur dominan yang muncul pada setiap praktisi tergantung dari tingkat kesucian/kebersihan lahir bathin, tingkat kepekaan, kelahiran, serta karma.
G tummo yg anda istilahkan hanya salah satu dari sekian deretan kemampuan sejenis yang bisa didapatkan nantinya kalau sudah diinisiasi apabila serius dan tekun dalam berlatih.
Dalam Ghanta Yoga, energi yang menjadi sentrum atau pusat perhatian adalah energi dari sumbernya (Tuhan), khususnya energi Ghanta Cakra Guna Sakti.
Energi Ghanta Cakra Guna Sakti sebenarnya dimiliki setiap orang dan secara terus menerus mengalir dalam diri, namun karena ketidaktahuan, kurangnya pengetahuan, belum sampainya kesadaran sehingga energi tersebut tidak berfungsi.
Dengan membangkitkan dan mengaktifkan energi Ghanta Cakra Guna Sakti akan mampu mengaktifkan segala macam sakti dan sidhi dari sifat dan fungsi / guna tersebut. Energi inilah yang akan menjadi pembangkit dan pengaktif guna menjadi sakti, sidhi, dan sebagainya yang disebut dengan TAKSU seperti misalnya :
  • Pengobatan, penyembuhan diri sendiri dan orang lain ( GUNA usadha )
  • Penjagaan diri, orang lain, tempat tinggal dan keluarga ( GUNA Pangeraksa )
  • Kesaktian ( GUNA Sakti )
  • Mukjizat ( GUNA Sidhi )
  • Usaha ( GUNA Sri Sedana )
  • Karismatik / Wibawa ( Guna Wibawa )
  • Kekuasaan ( GUNA Prabhu )
  • Dikasihi dan disenangi orang ( GUNA Asih ) dan sebagainya.

Tapi semua yang saya sebutkan diatas bukan merupakan tujuan utama dari ghanta yoga, yang menjadi tujuan dari ajaran ghanta yoga adalah mengantarkan seluruh murid untuk mencapai tujuan di dalam hidupnya di dunia ini dan tujuan akhirnya adalah mencapai penyatuan dengan Sang Penciptanya.
Sekedar pemberitahuan saja, Inisiasi yang dilakukan di ghanta yoga bukan pembukaan jalur energi dan bukan pemberian energi tapi inisiasi seorang guru yang akan membimbing dan mengantarkan semua murid sampai pada apa yang menjadi tujuan semua murid yang belajar di Ghanta Yoga.
Sehingga semua murid harus selalu bertanya dan menyampaikan apa yang sudah didapatkan maupun yang menjadi kendala, yang ditemukan pada saat melakukan pelatihan, serta juga diharapkan aktif menanyakan segala permasalahan yang ada didalam kehidupan sekarang untuk dibantu mencarikan jalan keluar penyelesaian masalah tersebut.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, mudah2an bisa menjawab pertanyaan anda.


Dimana baiknya untuk melakukan pelatihan ajaran ghanta yoga?

Ajaran gy sangat baik dilatih di tempat-tempat suci seperti pura mrajan, sanggah, dan kamar suci, akan lebih cepat pencapaian secara rasa serta peningkatan kesucian dan energi.
Istilahnya “me Hyang hyang”, yg artinya memohonkan pada Ida Betara yg melingga/melinggih ditempat suci tsb., utk menyaksikan dan memberikan penugrahanNya saat sisya berlatih. Nantinya, akan ada salah satu atau beberapa sisya yg melesat jika berlatih di pura tertentu, itu juga menjadi salah satu tujuan dilaksanakan tirtayatra ke pura yg berbeda dgn harapan sisya mendptkan anugerah dari pura yg dikunjungi pd saat sembahyang dan latihan bersama. Jika sisya mempunyai pikiran, pandangan dan pemahaman sendiri yg berbeda terhadap ajaran Ghanta Yoga, justru itu akan menjadi bumerang tersendiri yg akan membalikkan pikiran menjd pemahaman yg semakin menyesatkan dan terbalik dari kebenaran ajaran Ghanta Yoga itu sendiri.

Informasi HUBUNGI :
Budi 03618757377 pin'BB: 269A4573
sekretariat 0361 234058 atau sms'center 08993182858 (jam kerja)

klinik jala siddhi (yayasan Taman Bukit Pengajaran)
Alamat: jl. Pralina No. 18 Kesiman, Denpasar – Bali (arah utara SMPN 8 Denpasar).

No comments: